Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu Deep Web? Membahas Pengertian & Risikonya

2 min read

Apa Itu Deep Web Membahas Pengertian & Risikonya

Jika Anda sering menelusuri internet, pastinya Anda pernah bertanya-tanya apa itu deep web bukan Golden friends?

Pada dasarnya, deep web adalah bagian dari internet yang tersembunyi dari publik. Deep web terletak di bawah surface internet dan terdiri dari 90% situs web di dunia.

Meski begitu, Anda  tidak akan bisa mengakses deep web menggunakan mesin pencari pada umumnya. Untuk bisa membukanya, Anda perlu menggunakan cara khusus.

Hal ini dilakukan untuk membuat semua aktivitas internet dan data yang tersimpan pada jaringan deep web lebih private dan aman. 

Namun, bertentangan dengan pendapat kebanyakan pengguna internet, deep web bukanlah bagian internet yang sepenuhnya buruk lho.

Nah jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu deep web, Anda ada di tempat yang tepat!

Pada artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya. Mulai dari pengertian, fakta, bahaya, dan cara mengaksesnya.

Yuk langsung saja kita mulai artikel in Golden friends!

Apa Itu Deep Web?

Saat Anda mendengar tentang deep web, apa hal pertama yang Anda pikirkan? 

Kebanyakan orang akan menjawab aktivitas illegal dan hal-hal menyeramkan lainnya. Padahal, faktanya hanya 0.1% dari deep web terdiri dari dark content lho.

Sebaliknya, kebanyakan konten Deep Web malah terdiri dari database website dan aplikasi yang dapat diakses dengan aman dan mudah melalui ‘Open Web’. 

Misalnya database yang berhubungan dengan pembelian online, perbankan, bagian berbayar dari Netflix, Inbox email Anda, dan lain-lain. 

Konten pada database tersebut dilindungi menggunakan kata sandi dan hanya dapat dibaca dan diakses oleh orang yang mempunyai akses khusus.

Inilah yang membuat deep web tidak dapat diakses melalui search engine pada umumnya.

Bayangkan saja jika seseorang dapat mengakses kotak masuk email Anda melalui Google. Wah sangat mengerikan bukan Golden friends?

Baca juga: Cloud Hosting: Pengertian, Kelebihan, & Kekurangannya

Beberapa bagian terbesar dari deep web meliputi:

  • Database (basis data): kumpulan file yang dilindungi publik dan pribadi yang tidak terhubung ke area lain di internet, hanya bisa ditemukan di dalam database tersebut.
  • Jaringan Intranet: jaringan internal perusahaan, pemerintah, dan fasilitas pendidikan yang digunakan untuk berkomunikasi dan mengontrol aspek pribadi organisasi mereka.

Selain itu, Deep Web juga sangat besar lho! Sebagian ahli bahkan memperkirakan bahwa deep web jauh lebih besar dari surface internet.

Hal ini dikarenakan banyak halaman website yang dibuat secara dinamis dan tidak memiliki link dari situs atau halaman lainnya.

Tanpa link dari situs yang diindeks sebelumnya, mesin pencari tidak dapat menemukan dan mengindeks halaman website tersebut.  

Nah halaman-halaman website yang tidak terindeks ini adalah bagian dari “deep web”. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Perbedaan Deep Web VS Dark Web

Istilah deep web dan dark web memang terkadang digunakan secara bergantian, namun sebenarnya keduanya tidak sama lho Golden friends! 

Meskipun sama-sama tidak terindeks dan tersembunyi dari surface internet (hasil mesin pencari), deep web umumnya terdiri dari situs tidak berbahaya.

Sedangkan, Dark web adalah segmen dari deep web yang sangat tersembunyi. Hanya sedikit orang yang bisa mengakses dan bahkan melihatnya. 

Pada dasarnya, pengertian Dark Web adalah kumpulan website dengan alamat IP tersembunyi yang hanya bisa diakses melalui software tertentu.

Jika dibandingkan dengan deep web, dark web memiliki jumlah yang lebih sedikit lho. Faktanya, kuantitas website dark web hanya ada di beberapa ribu saja lho.

Situs pada Dark Web juga mempunyai beberapa karakteristik khusus seperti penggunaan perangkat lunak enkripsi yang membantu pengguna tetap anonim.

Ini lah yang membuat aktivitas ilegal dan dark content sangat marak di dark web. Pasalnya, pengguna dapat menyembunyikan identitas dan lokasi mereka. 

Dark Web menggunakan sistem yang menganonimkan alamat IP pengguna, sehingga sangat sulit untuk mengetahui website mana yang telah dikunjungi perangkat. 

Selain itu, semua data dapat ditransfer secara anonim. Inilah alasan mengapa Dark Web penuh dengan transaksi obat-obatan terlarang dan senjata api, pornografi, dan perjudian. 

Cara Mengakses Deep Web

Meskipun informasi yang ada di dalam deep web tidak terindeks oleh mesin pencari biasanya. Seringkali kontennya masih dapat diakses.

Mengakses konten di deep web juga sebenarnya relatif aman. Contohnya saat masuk ke email atau mengakses film di Netflix.

Jadi, Apa Itu Deep Web?

Meskipun sering dianggap sebagai segmen internet yang penuh akan hal-hal ilegal dan tidak baik, deep web sebenarnya mudah ditemukan sehari-hari lho.

Contohnya saat Anda membuka aplikasi perbankan maupun aplikasi streaming. Nah, halaman aplikasi yang hanya bisa dibuka saat login adalah bagian dari deep web.

Halaman ini tidak diindeks maupun dibuka melalui search engine pada umumnya. Anda hanya akan bisa mengaksesnya melalui password dan username yang ditentukan.

Nah di artikel kali ini, kami telah membahas semua tentang deep web. Mulai dari apa itu deep web, perbedaannya dengan dark web, dan cara mengaksesnya.

Jika Anda masih punya banyak pertanyaan tentang deep web, jangan lupa tinggalkan pesan pada kolom komentar bawah ya, Golden friends!

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik Indonesia, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *