Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu Deep Web? Membahas Pengertian & Risikonya

4 min read

Apa Itu Deep Web Membahas Pengertian & Risikonya

Apa itu deep web? Apakah berbahaya? Ternyata, belum tentu. Malahan, tanpa deep web, bisa saja data email Anda atau akun rekening bank mobile bisa terpampang nyata di SERP.

Seperti dunia nyata, dunia maya pun juga memiliki misteri atau hal-hal yang tidak dapat terpecahkan secara kasat mata.

Bila digambarkan, dunia maya seperti gunung es, di mana puncak gunung es adalah surface web dan bagian di bawah laut adalah deep web.

Pada dasarnya, deep web adalah bagian dari internet yang tersembunyi dari publik. Deep web terletak di bawah surface internet dan terdiri dari 90% situs web di dunia.

Meski begitu, Anda  tidak akan bisa mengakses deep web menggunakan mesin pencari pada umumnya. Untuk bisa membukanya, Anda perlu menggunakan cara khusus.

Hal ini dilakukan untuk membuat semua aktivitas internet dan data yang tersimpan pada jaringan deep web lebih private dan aman. 

Namun, bertentangan dengan pendapat kebanyakan pengguna internet, deep web bukanlah bagian internet yang sepenuhnya buruk, loh.

Nah, jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu deep web, Anda ada di tempat yang tepat!

Pada artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya. Mulai dari pengertian, fakta, bahaya, dan cara mengaksesnya.

Apa Itu Deep Web?

Saat Anda mendengar tentang deep web, apa hal pertama yang Anda pikirkan? 

Kebanyakan orang akan menjawab aktivitas illegal dan hal-hal menyeramkan lainnya. Padahal, faktanya hanya 0.1% dari deep web terdiri dari dark content lho.

Sebaliknya, kebanyakan konten Deep Web malah terdiri dari database website dan aplikasi yang dapat diakses dengan aman dan mudah melalui ‘Open Web’. 

Misalnya database yang berhubungan dengan pembelian online, perbankan, bagian berbayar dari Netflix, Inbox email Anda, dan lain-lain. 

Konten pada database tersebut dilindungi menggunakan kata sandi dan hanya dapat dibaca dan diakses oleh orang yang mempunyai akses khusus.

Inilah yang membuat deep web tidak dapat diakses melalui search engine pada umumnya.

Bayangkan saja jika seseorang dapat mengakses kotak masuk email Anda melalui Google. Wah sangat mengerikan bukan Golden friends?

Baca juga: Cloud Hosting: Pengertian, Kelebihan, & Kekurangannya

Beberapa bagian terbesar dari deep web meliputi:

  • Database (basis data): kumpulan file yang dilindungi publik dan pribadi yang tidak terhubung ke area lain di internet, hanya bisa ditemukan di dalam database tersebut.
  • Jaringan Intranet: jaringan internal perusahaan, pemerintah, dan fasilitas pendidikan yang digunakan untuk berkomunikasi dan mengontrol aspek pribadi organisasi mereka.

Selain itu, Deep Web juga sangat besar lho! Sebagian ahli bahkan memperkirakan bahwa deep web jauh lebih besar dari surface internet.

Hal ini dikarenakan banyak halaman website yang dibuat secara dinamis dan tidak memiliki link dari situs atau halaman lainnya.

Tanpa link dari situs yang diindeks sebelumnya, mesin pencari tidak dapat menemukan dan mengindeks halaman website tersebut.  

Nah halaman-halaman website yang tidak terindeks ini adalah bagian dari “deep web”. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Deep web adalah bagian dari world wide web atau dunia maya yang berisi mengenai berbagai macam informasi yang tidak diindex oleh Google atau mesin pencari apapun.

Ini artinya, bot yang dimiliki SERPs tidak bisa crawl informasi apa pun yang ada di dalam deep web. Oleh karena itu, infornya tidak akan muncul di SERP.

Bisa dibilang, informasi yang ada di deep web tergolong aman karena tidak bisa diakses sembarang orang.

Sadar atau tidak, ternyata Anda menggunakan deep web di keseharian Anda, contohnya adalah akun email yang ber-password, publikasi jurnal berbayar, akun m-banking, media sosial ber-password dan lainnya.

Kebanyakan hal yang berada di deep web ternyata legal dan aman karena informasinya tidak bisa muncul ke surface web.

Manfaat Deep Web

Mengenal deep web lebih dalam dan memahami ternyata deep web tidak seburuk yang dipikirkan, saatnya mencari tahu manfaat deep web.

1. Mencari Tahu Informasi Rahasia

Jika digunakan secara tepat, deep web bisa menjadi sumber informasi menarik karena banyak jurnalis, anggota pemerintahan, website sejenis WikiLeaks dan lainnya menyebarkan informasi di deep web.

2. Menjaga Keamanan Data

Tanpa deep web, bisa saja isi email, nominal rekening di bank dan data sensitif Anda yang disimpan pemerintah tersebar di surface web.

3. Tujuan Edukasional

Seperti yang dikatakan sebelumnya, di deep web ada banyak informasi penting serta jurnal-jurnal berbayar.

Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk tujuan edukasional.

Perbedaan Deep Web, Dark Web dan Surface Web

Nah, dibagian pembuka sudah kami janjikan untuk membahas mengenai perbedaan deep web, dark web dan juga surface web.

Di sini akan kami jelaskan secara singkat mengenai perbedaan ketiganya.

Deep Web

Deep web adalah bagian dari dunia maya yang lebih banyak berisi konten legal yang bersifat rahasia karena harus melindungi data milik pengguna.

Tidak sembarang orang bisa mengakses deep web, hanya pemilik akses yang bisa membuka informasi tersebut.

Dark Web

Dark web adalah bagian dari deep web. Di sini, semua kontennya juga tidak bisa dideteksi oleh mesin pencari bahkan secanggih Google.

Namun, yang membedakannya dengan deep web adalah kontennya. Dark web kebanyakan berisi konten ilegal.

Penjual organ, senjata api, dan benda sekaligus hal berbahaya lainnya bisa temukan di dark web.

Hanya saja, untuk mengakses dark web membutuhkan software browser khusus seperti TOR sekaligus perlindungan ekstra dari VPN, kalau ingin aman-aman saja saat mengakses bagian dari dunia maya yang berbahaya ini.

Surface Web

Surface web adalah bagian permukaan dari dunia maya di mana semuanya terpampang jelas dan kasat mata.

Anda tidak membagikan informasi sensitif dan rahasia di sini. Surface web kontennya dapat diindex oleh Google.

Oleh karena itu, konten surface web adalah segala informasi yang dapat diakses dan ditampilkan melalui SERP.

Di sini bukan berarti Anda aman. Jika data yang bersifat rahasia tersebar di surface web, keamanan digital Anda pun terancam.

Oleh karena itu, Anda harus tetap berhati-hati walaupun sedang mengakses segala informasi di surface web.

Bekali diri Anda dengan pengetahuan dan tips meningkatkan keamanan digital dan juga keamanan siber.

Apakah Bisa Mengakses Deep Web?

Jawabannya tentu saja, ya. Hanya saja, seperti yang sudah disebutkan, deep web berisi mengenai informasi bersifat rahasia dan aman.

Hanya pemilik akses saja yang bisa mengaksesnya. Contoh, email , mbanking, dan database.

Nah, agar selalu aman, jangan lupa lindungi diri Anda dengan VPN berbayar yang jelas aman dan terpercaya.

Dengan begitu, data Anda tidak bisa dibaca oleh sembarang orang. Beda dengan deep web yang harus menggunakan VPN dan browser khusus karena dunia tersebut memang berbahaya dan penuh hal ilegal.

Jadi, Apa Itu Deep Web?

Sebagian orang masih belum bisa mengenal dan membedakan apa itu deep web dengan dark web. Hal ini wajar karena kebanyakan waktu Anda biasanya dihabiskan di surface web.

Nah, di artikel ini, Anda akan memahami perbedaan dari deep web, dark web dan surface web. Di sini juga Anda akan memahami kegunaan dari tiap jenis world wide web.

Meskipun sering dianggap sebagai segmen internet yang penuh akan hal-hal ilegal dan tidak baik, deep web sebenarnya mudah ditemukan sehari-hari lho.

Contohnya saat Anda membuka aplikasi perbankan maupun aplikasi streaming. Nah, halaman aplikasi yang hanya bisa dibuka saat login adalah bagian dari deep web.

Halaman ini tidak diindeks maupun dibuka melalui search engine pada umumnya. Anda hanya akan bisa mengaksesnya melalui password dan username yang ditentukan.

Nah di artikel kali ini, kami telah membahas semua tentang deep web. Mulai dari apa itu deep web, perbedaannya dengan dark web, dan cara mengaksesnya.

Jika Anda masih punya banyak pertanyaan tentang deep web, jangan lupa tinggalkan pesan pada kolom komentar bawah ya, Golden friends!

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik Indonesia, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.