Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu Hacker, Definisi & Beberapa Tipenya

2 min read

Mengenal Definisi Hacker dan Beberapa Tipenya

Tanpa bisa dipungkiri, hacker adalah kata yang mempunyai konotasi negatif. Bahkan, tidak sedikit orang berpikir bahwa hacker adalah pelaku kriminal yang merugikan banyak orang.

Namun, apakah hacker memang benar-benar selalu berkaitan dengan tindakan ilegal di internet dan merupakan ancaman terbesar keamanan siber?

Nah di artikel kali ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang apa itu hacker — mulai dari pengertian sampai tipe-tipenya.  Yuk langsung saja kita mulai! 

Apa Itu Hacker?

apa itu hacker

Jika merujuk kepada Cambridge dictionary, hacker atau computer hacker adalah orang yang masuk ke sistem komputer orang lain tanpa izin sang pemilik.

Tujuannya adalah untuk mengakses data tertentu atau melakukan berbagai tindakan ilegal lainnya. Oxford Learner’s Dictionaries juga mempunyai definisi yang tidak jauh berbeda.

Hacker diartikan sebagai seseorang yang menggunakan komputernya untuk mengakses data di perangkat komputer atau ponsel orang lain tanpa persetujuan pemiliknya.   

Tak ketinggalan, media-media juga menggambarkan hacker sebagai “bad guys” atau orang yang melakukan kejahatan siber. 

Dalam artikel ZDNet yang bertajuk “A hacker is selling access to the email accounts of hundreds of C-level executives”, misalnya.

Di artikel tersebut, hacker digambarkan sebagai aktor berbahaya yang meretas ratusan akun dan menjualnya untuk memperoleh sejumlah uang.

Baca juga: Perbedaan Hacker dan Cracker

Tipe-Tipe Hacker

Jadi, apakah hacker memang selalu berkaitan dengan pelaku kejahatan siber? Tentu saja tidak! Saat ini ada banyak jenis hacker yang pastinya mempunyai tujuan hacking berbeda-beda Golden friends!

Bahkan sebenarnya hacker sangat berbeda dengan cracker lho! Jika Anda ingin tahu perbedaan hacker dan cracker, untungnya kami sudah pernah membahas tentang itu sebelumnya.

Adapun beberapa tipe hacker adalah sebagai berikut:

1. White Hat Hacker

White hat hacker adalah peretas yang membantu suatu bisnis menemukan celah dalam sistem keamanan mereka, kemudian memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Tipe hacker yang juga sering disebut dengan ethical hacker ini juga sering digunakan untuk melindungi bisnis dan organisasi online dari berbagai macam cybercrimes.   

Baca juga: 8+ Aplikasi Hacker Paling Sering Digunakan untuk Hacking

2. Black Hat Hacker

Kebalikan dari white hat hacker, black hat hacker adalah mereka yang mengeksploitasi celah keamanan pada sistem maupun software.

Tujuan dari eksploitasi tersebut umumnya adalah untuk menyebarkan malware, mencuri data, mengambil alih atau bahkan melumpuhkan perangkat yang tertarget.

Baca Juga: Brute Force Attack: Pengertian, Tipe & Langkah Mencegahnya

3. Grey Hat Hacker

Grey hat hacker berada di tengah-tengah antara white dan black hat hacker.

Peretas memang akan mengakses suatu sistem atau jaringan tanpa seizin pemiliknya, namun tujuannya bukanlah untuk melakukan tindak kejahatan.

Pelaku biasanya mencari kelemahan keamanan yang dimiliki sistem atau jaringan tersebut, lalu menawarkan solusi mengatasi celah tersebut dengan imbalan tertentu.  

Baca juga: Network Security: Pengertian, Konsep, & Jenis-Jenisnya

4. Red Hat Hacker

Red hat hacker adalah mereka yang mencoba menemukan black hat hacker dan menghentikan usaha mereka dalam meretas suatu sistem atau jaringan.

Tipe hacker ini seringkali mengambil alih senjata yang digunakan oleh black hat hacker dan menggunakannya untuk menyerang balik perangkat mereka (black hat hacker). 

Baca Juga: Kenali Apa Itu Serangan Ransomware dan Cara Tepat Mencegahnya  

5. Blue Hat Hacker

Blue hat hacker adalah mereka yang meretas perangkat atau jaringan individu, bisnis, atau suatu organisasi untuk melancarkan serangan balas dendam.

Bisa jadi, pelaku adalah seorang konsumen, mantan pegawai, atau pihak lain yang tidak puas dan marah atas perlakuan yang mereka dapatkan.    

6. Green Hat Hacker

Green hat hacker merujuk kepada hacker yang baru terjun dan belajar mengasah kemampuan mereka dalam dunia hacking.

Biasanya, tipe hacker ini mempunyai ambisi yang kuat dalam meningkatkan skill mereka agar bisa mendapatkan pengakuan dari komunitas hackers.        

7. Script Kiddie   

Script kiddie tidak mengembangan software-nya sendiri, namun mengunduh program yang sudah ada di internet.

Bahayanya, script kiddie akan memanfaatkan software tersebut untuk melancarkan serangan DDoS attack terhadap server maupun jaringan Anda.

Selain ketujuh tipe di atas, terdapat juga beberapa kategori hacker lainnya—diantaranya seperti hacktivist, social engineering hacker, elite hacker, state sponsored hacker, cyber terrorist, dan whistleblower hacker.

Baca Juga: Kenali Bahaya Social Engineering Serta Cara Ampuh Mencegahnya     

Jadi Apa Itu Hacker?

Setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah semakin memahami bahwa hacker tidak selalu merujuk kepada pelaku kejahatan siber seperti yang disangkakan banyak orang. 

Bahkan pada awalnya, hacker adalah istilah yang ditujukan kepada mereka yang mempunyai skills dan sangat memahami komputer, pemrograman, serta jaringan.

Kemudian, mereka menggunakan pemahamannya tersebut untuk berbagai tujuan baik—mulai dari meningkatkan sistem keamanan, melindungi data, maupun mengembangkan aplikasi atau tool yang bermanfaat.

Jadi, bagaimana? Apakah sekarang Anda masih beranggapan bahwa hacker adalah “bad guys”?

Selanjutnya, yuk perdalam terus pemahaman Anda mengenai berbagai isu keamanan siber dan beberapa tips jitu menanggulanginya di blog GoldenFast Network.

Dan jika Anda adalah seorang webmaster, jangan lupa juga untuk membekali website Anda dengan server yang reliabel dan memiliki berbagai fitur fungsional. 

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memanfaatkan layanan dedicated server, colocation server, dan VPS server dari GoldenFast Network.

Semua layanan tersebut didukung oleh tim teknis profesional, fasilitas 24/7 customer service, 24/7 network monitoring, UPS backup, dan masih banyak keunggulan lainnya.

Semoga berhasil!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

2 Replies to “Apa Itu Hacker, Definisi & Beberapa Tipenya”

  1. Hallo kak amera p.Safira… saya paham setelah baca artikel ini kak tentang hacker.. terimakasih sudah berbagi pengetahuan kak.

    1. Hallo kak! Sama-sama. Semoga bermanfaat! Silakan berkunjung ke blog GFN untuk menambah pengetahuan tentang hal-hal IT lainnya! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.