Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu Machine Learning? Pengertian, Cara Kerja & Jenisnya                  

2 min read

Apa Itu Machine Learning Pengertian, Cara Kerja & Jenisnya

Tahukah Anda jika teknologi kecerdasan buatan AI (artificial intelligence) ternyata mempunyai banyak cabang? Nah, machine learning adalah salah satunya.

Singkatnya, machine learning adalah penerapan AI yang memungkinkan perangkat komputer mempelajari data dan pola tanpa adanya pengkodingan yang khusus.

Sistem komputer belajar dari data, pola, dan perilaku pengguna dan membuat keputusan sesuai kebutuhan dengan intervensi manusia yang minimal.

Nah. jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang apa itu machine learning, Anda di tempat yang tepat! Di artikel kali ini, kami akan membahas yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Mulai dari pengertian, cara kerja, sampai jenis-jenis machine learning yang ada saat ini. Yuk langsung kita mulai artikelnya Golden friends.

Apa Itu Machine Learning?

Machine learning adalah jenis kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan aplikasi perangkat lunak memprediksi output berbeda tanpa adanya pemrograman khusus.

Machine learning berfokus pada pengembangan program komputer yang dapat mengakses data dan menggunakannya untuk belajar sendiri.

Istilah machine learning pertama kali diciptakan oleh Arthur Samuel, salah satu pelopor kecerdasan buatan dan komputer gaming, pada tahun 1959.

Samuel mendefinisikan Machine Learning sebagai suatu bidang studi yang memberi komputer kemampuan untuk belajar tanpa diprogram secara eksplisit.

Algoritma machine learning menggunakan data historis seperti contoh, pengalaman, dan instruksi sebagai input untuk memprediksi nilai output baru. 

Proses pembelajaran dimulai dengan pengamatan data dan pola. Lalu, perangkat akan membuat keputusan dan output yang lebih baik di masa depan.

Saat ini, machine learning adalah salah satu komponen terpenting di bidang ilmu teknologi. 

Dengan sistem ini, bisnis dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin.

Machine learning juga membantu bisnis membuat model yang dapat memproses dan menganalisis data kompleks untuk memberikan hasil yang akurat.

Baca juga: Virtual Machine: Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

Cara Kerja Machine Learning

cara kerja machine learning

Menurut beberapa ahli, ada tiga bagian utama dari cara kerja dan sistem pembelajaran machine learning Berikut adalah penjelasan singkatnya:

  • Decision process — pada dasarnya, machine learning digunakan untuk membuat prediksi atau klasifikasi. Nah, dalam proses ini algoritma tersebut akan membuat perkiraan dan keputusan tentang pola suatu data.
  • Error function — sistem ini berfungsi untuk mengevaluasi prediksi model data di langkah pertama. Jika ada contoh sebelumnya, error function dapat membuat perbandingan untuk menilai keakuratan model tersebut.
  • Model optimization process  — algoritma ini akan mengulangi proses evaluasi, pengoptimalan, dan memperbarui bobot secara mandiri sampai akurasi telah terpenuhi.

Jenis Machine Learning

 Algoritma machine learning sering dikategorikan menjadi dua jenis: supervised or unsupervised. Berikut adalah penjelasannya:  

Supervised Machine Learning  

Metode pembelajaran mesin yang diawas ini menggunakan kumpulan data berlabel untuk melatih algoritma mengklasifikasikan data dan memprediksi hasil secara akurat.

Metode ini dapat menerapkan apa yang telah dipelajari ke data baru menggunakan contoh berlabel untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

Nah dengan analisis dataset tersebut, algoritma pembelajaran mesin menghasilkan fungsi yang disimpulkan untuk membuat prediksi tentang nilai output. 

Unsupervised Machine learning  

Metode pembelajaran tanpa pengawasan menggunakan algoritma untuk menganalisis dan mengelompokkan kumpulan data yang tidak berlabel. 

Algoritma ini menemukan pola tersembunyi atau pengelompokan data tanpa adanya campur tangan manusia. Sistem ini tidak mencari output yang tepat.

Namun, mengeksplor dan menarik kesimpulan dari kumpulan data untuk menggambarkan struktur tersembunyi dari data yang tidak berlabel tersebut.

Baca juga: VMware: Pengertian, Fungsi, & Manfaatnya

Semi-supervised Machine Learning 

Sistem ini ada diantara supervised dan unsupervised machine learning yang menggunakan data berlabel dan tidak berlabel sebagai media pembelajaran.

Metode ini mampu meningkatkan akurasi pembelajaran secara signifikan. 

Sistem ini digunakan ketika  data berlabel yang diperoleh membutuhkan sumber daya relevan untuk belajar darinya. 

Jika tidak, memperoleh data yang tidak berlabel umumnya tidak memerlukan sumber daya tambahan.

Reinforcement Learning

Data scientist biasanya menggunakan pembelajaran penguatan untuk mengajarkan mesin untuk menyelesaikan proses multi-langkah yang ada aturan yang jelas. 

Algoritma ini diprogram untuk menyelesaikan tugas dan diberikan isyarat positif atau negatif saat berhasil menyelesaikan tugas. 

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan lengkap tentang machine learning Golden friends! machine learning meemang satu komponen penting dalam perkembangan teknologi saat ini. 

Sistem ini memberi perusahaan pandangan lebih luas tentang tren perilaku pelanggan dan pola operasional bisnis. Tentunya ini akan mendukung pengembangan produk baru.

Bahkan banyak perusahan besar seperti Facebook, Google, dan Uber sudah menjadikan machine learning sebagai bagian utama dari operasi mereka lho!

Nah jika Anda membutuhkan pilihan server terbaik untuk menerapkan machine learning pada bisnis Anda, Golden Fast Network punya solusinya!

Mulai dari 135 ribuan per bulan, Anda bisa mendapatkan Cloud VPS Corporate dengan 25GB RAID 10 Storage, 1GB RAM, unmetered bandwidth, dan 1 CPU Core.

Tidak hanya itu, semua layanan GFN hadir dengan fasilitas 24/4 monitoring, 24/7 customer service, serta banyak fitur dan fasilitas terbaik lainnya.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network! Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang machine learning, tinggalkan pesan di kolom komentar ya!

 Semoga artikel ini bermanfaat! 

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.