Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Apa Itu Marketing? Simak Penjelasan Lengkapnya

3 min read

apa itu marketing

Apa itu marketing? Marketing adalah istilah yang sering didengar di mana saja. Bagi orang yang bergelut di bidang ekonomi atau manajemen mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini.

Namun, tidak ada salahnya orang awam juga belajar atau mengetahui apa itu marketing lebih dalam.

Di artikel ini Anda akan mengetahui definisi dari apa itu marketing, jenis-jenis marketing dan bagaimana cara mengaplikasikannya ke dalam sebuah bisnis.

Apa Itu Marketing?

Pembahasan ini dibuka dengan definisi dari marketing itu sendiri.

Marketing adalah sebuah kegiatan atau aktivitas yang merujuk pada membuat, mengkomunikasikan suatu produk/layanan kepada khalayak umum.

Selain itu, kegiatan marketing ini juga termasuk melakukan pengamatan mendalam serta menyeluruh terkait suatu produk, pesaing dan bahkan pasar.

Jadi, bila disimpulkan, marketing adalah suatu aktivitas yang melibatkan penelitian dan pemasaran suatu produk atau layanan.

Nah, dari definisi tersebut bisa dipahami kalau marketing itu penting terutama untuk bisnis-bisnis yang memang ingin berkembang dengan pesat.

Praktek marketing ini sudah cukup marak dan dapat dilakukan ke dalam beberapa metode beragam.

Anda bisa menggunakan semua metode untuk memaksimalkan pengenalan produk dan layanan agar lebih dikenal masyarakat.

Manfaat Marketing

Marketing jika dijalankan dengan tepat tentunya akan memberikan manfaat kepada bisnis Anda.

Manfaat dari pelaksanaan strategi marketing ini adalah

1. Meningkatkan Reputasi

Marketing adalah suatu strategi yang bisa meningkatkan reputasi sebuah brand. Selain itu, nama merek Anda akan lebih dikenal oleh orang-orang.

Hal tersebut berkaitan satu dengan lainnya. Jadi, ada baiknya untuk melakukan strategi marketing dengan tepat dan benar.

2. Memperluas Pasar

Anda bisa mendapatkan calon pelanggan dari mana saja. Dengan menjalankan teknik marketing yang tepat, Anda bisa merambah ke mana saja.

3. Mengetahui Campaign Efektif

Karena kegiatan marketing tidak lepas dari melakukan penelitian untuk mengetahui kompetitor dan juga pasar, Anda bisa mengetahui kampanye mana yang efektif untuk dijalankan.

Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan sales yang lebih tinggi tanpa harus membuang banyak tenaga.

4. Meningkatkan Penjualan

Dari semua manfaat, meningkatkan penjualan adalah hal yang bisa dirasakan jika Anda sudah berhasil membangun citra merek yang bagus, dikenal dan juga dipercaya oleh banyak orang.

Jenis-Jenis Strategi Marketing

Teknik dari strategi marketing sendiri begitu beragam. Ada yang konvensional hingga yang paling canggih sekalipun.

Contoh dari jenis-jenis strategi marketing ini adalah:

1. Word of Mouth Marketing (WOMM)

WOMM adalah akronim dari Word of Mouth Marketing. Sebuah teknik marketing yang sudah melegenda.

Arti dari Word of Mouth marketing adalah marketing dari mulut ke mulut. Jadi, WOMM ini terjadi ketika seseorang menyukai suatu produk dan menyiarkan kabar tentang produk ini ke orang-orang.

Anda bisa memulainya dengan mengenalkan produk atau bercerita mengenai produk bisnis ke saudara terdekat atau teman dan biarkan mereka menyebarkannya kembali ke komunitas mereka masing-masing.

2. Affiliate Marketing

Strategi marketing satu ini cukup marak.

Marketing afiliasi atau affiliate marketing adalah aktivitas pemasaran yang melibatkan pihak lain sebagai “pengiklan” dengan menanamkan link unik di konten mereka dan Anda sebagai penyedia barang akan memberikan komisi sesuai kesepakatan jika barang laku.

3. Viral Marketing

Viral marketing adalah sebuah strategi marketing yangmembuat produk booming melalui target audiens.

Contoh dari viral marketing ini adalah iklan, konten media sosial dan website, dan kampanye yang menaikkan minat pelanggan di internet.

4. Guerilla Marketing

Guerilla marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan elemen kejutan untuk calon pelanggan atau konsumen.

deadpool strategi marketing
Sumber: Heavy Metal

Salah satu contoh dari Guerilla marketing ini adalah promosi film Deadpool melalui Tinder.

5. Search Engine Marketing

SEM atau akronim dari Search Engine Marketing adalah kegiatan pemasaran yang melibatkan iklan berbayar.

Iklan tersebut nantinya akan menampilkan website Anda di halaman pertama mesin pencari (search engine).

Teknik marketing ini tidaklah mahal karena Anda bisa menentukan sendiri berapa budget tertinggi yang bisa digelontorkan untuk beriklan.

6. Search Engine Optimisation Marketing

Search Engine Optimisation marketing adalah strategi marketing di mana Anda membuat konten pada website bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Bedanya dengan SEM, SEO marketing tidak termasuk membayar iklan, tapi mengoptimasi website dan konten menurut kaidah SEO.

Untuk mengetahui perbedaan SEM dan SEO, Anda bisa membaca artikel kami yang bertajuk SEM & SEO: Pengertian dan Perbedaanya.

7. Email Marketing

Dari namanya, Anda mungkin bisa sedikit menebak. Email marketing adalah metode pemasaran dengan mengirim email ke audiens.

Nah email tersebut bisa Anda dapatkan dari pengunjung website yang memasukkan email dari popup subscription, mendaftarkan membership dan lain-lain.

8. Social Media Marketing

Menjalankan kampanye melalui media sosial adalah salah satu teknik marketing yang murah meriah dan juga sederhana, namun tetap efektif.

Anda bisa meningkatkan engagement dan memperkenalkan brand yang Anda kembangkan ke audiens yang lebih luas.

Contoh dari Social Media Marketing ini adalah brand-brand yang saling reply di Twitter.

9. Telemarketing

Telemarketing adalah teknik marketing di mana Anda menelpon para calon pembeli untuk menawarkan produk.

Biasanya yang menjalankan telemarketing ini adalah perusahaan-perusahaan perbankan yang memiliki nomor telepon pribadi nasabah.

Skill yang Dibutuhkan Marketer

Marketer adalah orang yang bertugas untuk melakukan pemasaran. Untuk itu, seorang marketer harus memiliki skill sebagai berikut agar tugas yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar:

  • Kemampuan untuk menganalisis (critical thinking).
  • Memiliki kemampuan story telling.
  • Mampu beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi.
  • Bisa diajak berkolaborasi dan memiliki skill komunikasi bagus.
  • Kreatif dan out of the box.
  • Mampu menggunakan tool untuk marketing jenis apapun.

Kesimpulan

Dari artikel ini, Anda sudah mengetahui apa itu marketing, manfaat marketing untuk bisnis, jenis-jenisnya, serta skill yang harus dimiliki sorang marketer.

Kelancaran bisnis tentu saja tidak hanya berasal dari marketingnya saja, tetapi juga dari seluruh elemen yang ada dalam suatu bisnis dari sumber daya manusianya hingga sumber daya di luar itu.

Sebagai salah satu pendukung bisnis kecil maupun besar, GoldenFast Network menyediakan dedicated server dan cloud VPS server untuk menjadi sumber daya yang mendukung kelancaran bisnis Anda.

Selain itu, kami juga berkomitmen untuk memberikan informasi terbaru seputar teknologi dan marketing. Semoga artikel kami bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published.