Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu Mikrotik? Pengertian, Fungsi, & Jenisnya

2 min read

Apa Itu Mikrotik Pengertian, Fungsi, & Jenisnya

Jika Anda familiar dengan jaringan komputer dan internet, mungkin Anda pernah mendengar istilah Mikrotik sebelumnya. Pastinya Anda penasaran apa itu Mikrotik bukan Golden friends?

Singkatnya, Mikrotik adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengubah suatu komputer menjadi sebuah router jaringan yang menyediakan layanan internet.

Teknologi jaringan Mikrotik ini umumnya digunakan oleh perusahaan dan bisnis yang memberikan layanan jaringan komputer, baik itu dalam skala yang besar maupun kecil.

Nah, jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang Mikrotik, Anda beruntung! Di artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Mulai dari apa itu Mikrotik, fungsi, dan juga jenis-jenis yang mungkin bisa Anda temui sehari-hari. Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Mikrotik?

Pada dasarnya, Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengubah suatu perangkat komputer menjadi sebuah router jaringan.

Perangkat komputer tersebut mempunyai banyak fitur unggulan yang tidak dimiliki router pada umumnya seperti IP network jaringan wireles, web proxy monitoring, dan juga hotspot.

Mikrotik sendiri sebenarnya menggunakan sistem operasi berbasis Linux. Namun, administrasi jaringan ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi Windows seperti WinBox.

Perangkat komputer yang akan diubah menjadi router Mikrotik pun tidak wajib mempunyai resources yang banyak untuk penggunaan skala kecil seperti sebagai gateway jaringan lho.

Namun tentunya jika Anda berencana untuk membangun administrasi jaringan komputer dengan skala besar dan routing rumit, Anda membutuhkan komputer dengan memori memadai.

Salah satu keunggulan dari Mikrotik adalah sistem wirelessnya yang memudahkan pengguna software ini untuk menyediakan dan mendistribusikan layanan internet ke perangkat lainnya.

Meskipun sama-sama mempunyai fungsi sebagai penyedia jaringan internet, Mikrotik tidak sama dengan perangkat keras router lho Golden friends!

Router adalah perangkat yang umumnya digunakan untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih. Sedangkan, Mikrotik adalah sistem operasi yang bisa menghubungkan banyak perangkat.

Inilah yang membuat teknologi Mikrotik marak digunakan oleh ISP (internet service provider), warnet, penyewaan game online, perusahaan digital, hingga provider hotspot.

Berkat teknologi yang berkembang dengan pesat seperti saat ini, teknologi Mikrotik pun terus maju. Banyak fitur-fitur tambahan yang membuat Mikrotik semakin popular, seperti:

  • Caching DNS client
  • Firewall dan NAT
  • Routing Static Routing
  • Point-to-point tunneling protocol
  • IPsec
  • UpnP
  • SNMP
  • MNDP
  • Monitoring
  • M3P
  • NTP

Dan masih banyak lagi! Selain fitur-fitur tersebut, Mikrotik juga mempunyai banyak fasilitas lain seperti hotspot for plug, play access, dan lain sebagainya.

Jenis Mikrotik

Untuk saat ini tersedia dua jenis produk Mikrotik di pasaran. Berikut adalah penjelasan singkat tentang kedua jenis Mikrotik tersebut!

1. Mikrotik RouterOS

Mikrotik RouterOS adalah jenis sistem operasi Mikrotik berbasis UNIX yang memungkinkan pengguna untuk mengubah komputer biasa menjadi sebuah router.

Selain fitur router, RouterOS juga menyediakan layanan lain seperti firewall, bridge, hotspot, proxy server, dan masih banyak lagi. Jenis ini cocok digunakan ISP dan semacamnya.

Cara memasang dan menggunakan Mikrotik jenis ini juga cukup mudah. Inilah yang membuat banyak orang memilih jenis ini untuk membangun router mereka.

2. Mikrotik RouterBoard 

Kebalikan dengan RouterOS, Mikrotik RouterBoard adalah sebuah perangkat keras yang mirip dengan router internet pada umumnya.

Perangkat keras ini dikembangkan oleh perusahaan Mikrotik dan harus mempunyai sistem operasi RouterOS untuk bisa bekerja.

Meskipun berbentuk perangkat keras, Mikrotik RouterBoard ini berukuran sangat kecil dan tetap praktis untuk dibawa dan digunakan dimana saja.

Seperti perangkat keras kebanyakan, RouterBoard juga terdiri dari beberapa komponen seperti RAM, ROM, memory flash storage, dan juga processor.

Fungsi Mikrotik

Nah setelah mengetahui pengertian dan juga jenis Mikrotik, tentunya Anda penasaran bukan fungsi lain dari Mikrotik selain menjadi router jaringan?

Berikut adalah beberapa fungsi mikrotik yang perlu Anda ketahui:

1. Menjadi Hotspot

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Mikrotik banyak digunakan oleh provider HotSpot untuk memberikan layanannya ke pengguna.

Hal ini dikarenakan konfigurasi dan pembagian bandwidth melalui teknologi Mikrotik untuk setiap jaringan komputer memang terbilang sangat mudah. 

Bahkan, provider juga bisa memisahkan bandwidth traffic data lalu lintas lokal dan internasional menggunakan Mikrotik lho Golden friends!

2. Mengelola Sistem Jaringan Komputer

Semua konfigurasi sistem jaringan pada Mikrotik dilakukan secara terpusat dan tertata. Ini yang memungkin admin jaringan untuk mengelola sistem dengan lebih mudah dan efisien.

3. Menjadi Internet Gateway Lokal

Fungsi lain dari Mikrotik adalah untuk menghubungkan dan mengelola arus lalu lintas beberapa jaringan LAN lokal (local area network) di internet.

4. Memberikan Otentikasi 

Selain sebagai pendistribusi dan pengelola jaringan, Mikrotik juga bisa digunakan untuk memberikan berbagai macam autentikasi pada jaringan lho Golden friends!

Anda bisa mengaktifkan fitur autentikasi user yang bisa mengakses jaringan melalui login page sampai memblokir konten-konten terlarang dari jaringan tersebut.

Fungsi jaringan Mikrotik yang satu ini sangat mendukung internet positif dan umumnya digunakan oleh organisasi dan pemerintah untuk memblokir konten berbahaya dari internet.

Jadi Apa Itu Mikrotik?

Singkatnya, Mikrotik adalah perusahaan yang berbasis di Latvia yang membuat switch jaringan, router, dan peralatan nirkabel lainnya.

Nah di artikel kali ini kami sudah membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang mikrotik. Mulai dari pengertian, fungsi, sampai jenis-jenisnya.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut tentang mikrotik, jangan ragu untuk tinggalkan pesan pada kolom komentar.

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik Indonesia, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang digital marketing, web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *