Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu NAT: Pengertian, Fungsi, & Cara Kerjanya

3 min read

apa itu nat: pengertian, jenis, & cara kerjanya

Sesuai dengan namanya, network address translation atau NAT adalah cara memetakan dan menerjemahkan suatu alamat IP lokal ke alamat publik sebelum mentransfer informasi. 

Untuk bisa mengakses Internet secara luas, Anda memerlukan suatu alamat IP publik. Sayangnya, alamat IP pada jaringan pribadi kita tidak bisa melakukan itu.

Nah, network address translation ini memungkinkan perangkat Anda mengakses internet melalui satu alamat publik melalui penerjemahan alamat IP pribadi ke IP publik. 

Nah jika Anda ingin tau lebih lanjut tentang NAT, ANda ada di tempat yang tepat! Di artikel kali ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Mulai dari pengertian, fungsi, jenis-jenis, sampai cara kerjanya. Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu NAT?

Network Address Translation atau NAT adalah proses di mana perangkat jaringan seperti firewall dan router memberikan alamat publik ke satu atau beberapa komputer di dalam jaringan pribadi.

Penggunaan utama NAT adalah untuk membatasi jumlah alamat IP publik yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan, baik untuk tujuan komersial maupun keamanan.

Proses NAT sendiri adalah sebenarnya cukup sederhana lho Golden friends! Intinyak, alamat IP lokal akan diterjemahkan ke dalam alamat IP global untuk menyediakan akses ke host lokal. 

Selain itu, NAT juga melakukan terjemahan nomor port dengan cara mengganti nomor port host dengan nomor port lain pada paket yang akan dikirim ke tujuan.

Network Address Translation (NAT) membatasi jumlah alamat IP pribadi di internet dengan mengaktifkan dan menerjemahkannya ke alamat IP yang tidak terdaftar online.

Sebelum NAT meneruskan paket antara jaringan yang terhubung, NAT menerjemahkan alamat jaringan internal pribadi menjadi alamat yang legal dan unik secara global.

Nah, umumnya pada sebuah konfigurasi NAT ada satu alamat IP publik yang digunakan oleh seluruh jaringan lokal untuk mengakses internet secara lebih efektif dan juga aman.

Selain memungkinkan perangkat pribadi mengakses internet menggunakan alamat IP publik,  network address translation juga mempunyai banyak kegunaan lain lho Golden friends!

Pada beberapa jaringan, terdapat server yang bertindak sebagai server web dan memerlukan akses internet. Server ini d nantinya diberi alamat IP publik yang bisa diakses siapa saja.

Untuk menjaga keamanan jaringan web server tersebut, Anda menerapkan lapisan keamanan seperti memasang firewall atau menentukan port mana yang dapat diakses pada alamat tersebut. 

Nah, disini NAT memungkinkan admin jaringan tersebut untuk mengarahkan traffic jaringan dan juga mengakses lebih banyak port, sambil membatasi akses di firewall.

Baca juga: Topologi Jaringan Komputer: Pengertian & Jenisnya

Jenis Network Address Translation

Saat ini ada beberapa jenis NAT yang berbeda. Orang-orang menggunakan tiap jenis untuk alasan yang berbeda, tetapi semuanya masih berfungsi sebagai NAT.

Berikut adalah penjelasan singkatnya!  

1. PAT

PAT atau port address translation adalah salah satu jenis network address translation yang dinamis. Namun, PAT juga menghubungkan beberapa alamat IP lokal ke alamat IP tunggal.

Jenis NAT yang ini umumnya digunakan untuk organisasi dan perusahaan yang ingin semua aktivitas online karyawan di jaringannya dilakukan melalui alamat IP tunggal.

2. Static NAT

Statis NAT adalah jenis network address translation yang menerjemahkan semua alamat IP pribadi menjadi alamat publik meskipun alamat tersebut belum terdaftarkan.

Jenis NAT yang stasis ini umumnya digunakan untuk melakukan remote access ke komputer lokal. Nantinya Anda bisa mengakses semua komputer yang ada ada pada jaringan tersebut.

Akses ini pun bisa dilakukan melalui jaringan publik lho Golden friends! Jadi siapapun bisa dengan bebas mengakses semua perangkat pada jaringan tersebut tanpa settingan tambahan.

Jenis static NAT adalah jenis yang paling mudah untuk digunakan. Namun, jenis ini memang mempunyai beberapa kekurangan pada keamanan dan terbatasnya alamat IP yang tersedia.

3. Dynamic NAT

Salah satu jenis address translation yang lebih aman adalah dynamic NAT. Pada sistem ini, setiap alamat IP akan melalui proses dinamis sebelum diterjemahkan ke alamat IP publik.

Alih-alih memilih alamat IP yang sama setiap saat, jenis ini menggunakan sekumpulan alamat IP publik yang telah terpilih. Tentunya ini membuat jaringan Anda aman dan terlindungi dari penyusup.

Jenis address translation dynamic akan memungkinkan router dan perangkat Anda untuk mendapatkan alamat berbeda setiap kali Anda mencoba untuk mengakses internet.

NAT dinamis bersifat first-come-first-serve. Ini berarti komputer yang terlebih dahulu terhubung ke internet akan mendapatkan pilihan alamat IP yang tersedia.

Jika persediaan alamat IP sudah habis, maka perangkat yang terhubung ke internet tidak akan mendapatkan alamat publik dan tidak bisa terhubung ke internet.

Baca juga: Proxy Server: Pengertian, Fungsi, dan Tipenya

 Cara Kerja NAT

Network address translation memungkinkan satu perangkat, seperti firewall atau router untuk bertindak sebagai jembatan antara jaringan publik dan jaringan pribadi.

NAT memungkinkan satu atau beberapa perangkat diwakili oleh satu alamat IP unik saat melakukan sesuatu di luar jaringan lokal, mengakses internet contohnya.

Cara kerjanya sebenarnya cukup sederhana. Saat permintaan tiba di alamat IP publik dan port, NAT mengirimkan permintaan tersebut ke tujuan tanpa mengungkapkan alamat pribadi.

Berikut adalah penjelasan singkatnya:

  • Pertama, NAT akan menerima permintaan dari client yang ditujukan ke suatu website, server remote, atau jaringan lainnya di internet.
  • Selanjutnya, NAT akan mencatat alamat IP klien tersebut dan menyimpannya ke dalam address translation table.
  • Lalu, NAT akan mengubah dan alamat IP pribadi yang ada pada paket ke nomor IP publik.
  • Terakhir, NAT akan mengirimkan paket tersebut ke tujuan awal dengan alamat IP publik yang telah berubah.

Baca juga: 7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya

Jadi, Apa Itu NAT?

Nah itu tadi penjelasan lengkap tentang network address translation Golden friends!  NAT adalah proses pengubahan sumber dan alamat IP dan port saat mengakses internet.

Address translation ini mengurangi kebutuhan akan alamat publik IPv4 dan menyembunyikan rentang IP jaringan pribadi Anda. Proses ini biasanya dilakukan oleh router atau firewall.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan tentang apa itu NAT, jangan sungkan untuk tinggalkan pesan pada kolom komentar bawah Golden friends!

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik Indonesia, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang digital marketing, web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *