Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu Power Supply? Pengertian, Jenis, & Komponennya

3 min read

Apa Itu Power Supply

Power supply adalah salah satu komponen perangkat keras yang berperan sebagai penyedia listrik dan daya yang digunakan untuk menyalakan komputer dan perangkat lainnya.

Tool power supply ini mengubah arus listrik yang ditarik dari sumber listrik seperti stop kontak, baterai atau generator dan meneruskan daya tersebut ke perangkat yang terhubung. 

Selain itu, power supply yang  terkadang disingkat PS, P/S, atau PSU ini juga mengatur tegangan dan yang mengalir ke perangkat untuk mencegah overheating atau panas berlebih.

Nah jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang apa itu power supply, Anda beruntung! Di artikel kali ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Mulai dari pengertian, jenis, komponen, sampai cara kerjanya. Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Power Supply?

Singkatnya, power supply adalah  rangkaian komponen elektronik  yang dirancang untuk memasok daya listrik ke setidaknya satu atau beberapa perangkat elektronik. 

Selain itu, power supply juga bisa digunakan untuk mengubah beberapa bentuk energi yang berbeda seperti matahari, energi mekanik, atau kimia menjadi energi listrik.

Untuk mengoperasikan beberapa peralatan elektronik, Anda membutuhkan sejumlah sumber tegangan listrik yang tergantung akan kebutuhan perangkat itu sendiri.

Untuk IC dan transistor, Anda akan membutuhkan voltage dc yang rendah. Sedangkan, untuk mengoperasikan CRT dan perangkat lainnya membutuhkan voltage dc tinggi. 

Power supply menerima energi dari outlet listrik dan mengubah arus AC (arus bolak-balik) ke DC (arus searah) energi yang dibutuhkan sebuah komputer.

Tool ini juga digunakan untuk mengatur jumlah energi perangkat sudah cukup dan tidak berlebihan. Ini memungkinkan komputer berjalan dengan lancar tanpa kepanasan. 

Power supply adalah salah satu bagian terpenting pada komputer, seer, dan perangkat elektronik lainnya. Tanpanya, komponen lain dari perangkat tidak akan berfungsi dengan baik.

Pada sebuah perangkat, Anda bisa menemukan power supply dengan melihat dimana kabel terhubung. Kabel ini digunakan untuk mentransfer energi ke perangkat tersebut.

Jika Anda membuka power supply tersebut, di dalamnya ada kotak logam yang berisi kipas dan beberapa kabel yang menghubungkannya ke perangkat.           

Baca juga: Apa Itu Data Center? Pengertian & Jenisnya

Fungsi Power Supply

Setelah mengetahui pengertian dari power supply, tentunya Anda penasaran bukan apa saja fungsi dari alat ini bukan Golden friends?

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan power supply selain menjadi tenaga listrik dan daya perangkat elektronik!

  • Mengubah arus tegangan listrik agar tidak melebihi batas maksimal perangkat.
  • Menjadi daya cadangan dalam bentuk baterai. Contoh dari fungsi ini adalah UPS yang dibuat untuk mencegah listrik mati mendadak saat supply energi terhenti. 
  • Mengubah arus tegangan tinggi AC (alternating current) ke arus tegangan rendah DC (direct current).

Jenis Power Supply      

jenis-jenis power supply

Nah power supply sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yang berbeda lho Golden friends! Berikut adalah penjelasan singkat tentang tipe-tipenya:

1. Jenis Internal

Sesuai dengan namanya internal power supply adalah catu daya yang terintegrasi dan berada di dalam motherboard atau chip induk sebuah perangkat Golden friends!

Sebagian besar komputer desktop memiliki power supply internal yang terhubung langsung ke motherboard. Selain komputer, amplifier & CD/DVD player juga menggunakan jenis ini.

2. Jenis External

Jenis power supply eksternal umumnya terpisah dari motherboard atau chip induk dari perangkat elektroniknya. Anda bisa lebih mudah melihat power supply ini secara fisik.

Perangkat elektronik kecil seperti laptop atau hard drive eksternal umumnya menggunakan power supply eksternal untuk mengisi daya baterai yang ada di dalamnya.

3. Adjustable Power Supply

Catu daya yang arus dan daya listriknya bisa diubah dan diatur sesuai kebutuhan pengguna. Umumnya, arus listrik diubah menggunakan knob mekanik pada perangkat.

4. Regulated

Jenis regulated power supply digunakan untuk menjaga stabilitas dan jumlah tegangan dan energi listrik yang bisa diterima dan digunakan sebuah perangkat. 

Salah satu contoh power supply regulated adalah kepala charger handphone yang biasanya dibatasi dari 5 watt, 6 watt, sampai 120 watt untuk menghindari overheating.

5. Unregulated

Sesuai dengan namanya, unregulated power supply adalah tipe catu daya yang memungkin pengguna untuk mengubah daya energi listrik sesuai kebutuhan.

Jenis catu daya yang ini umumnya dipasang pada perangkat dinamis yang seringkali berubah dan tidak mempunyai sumber dan beban listrik yang tetap.

Baca juga: Internet of Things: Pengertian, Contoh, & Komponen IOT

Komponen Power Supply

Untuk membentuk tegangan listrik yang sukses pada sebuah perangkat, dibutuhkan beberapa komponen. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Transformator — komponen ini digunakan untuk memindahkan tenaga daya listrik pada beberapa rangkaian listrik melalui induksi elektromagnetik.
  • Dioda — gabungan dari dua kata elektroda (anoda dan katoda) yang berfungsi untuk memindahkan daya pada tegangan maju dan menghambat arus pada tegangan balik.
  • Kapasitor —  elemen yang berfungsi untuk mengubah tegangan arus AC ke DC.
  • Resistor — komponen yang digunakan untuk menurunkan, membagi, dan membatasi arus listrik yang masuk pada perangkat.
  • IC Regulator  — komponen ini berfungsi untuk mengatur  tegangan yang diterima perangkat elektronik. Tujuannya untuk menjaga kestabilan perangkat.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan lengkap tentang power supply Golden friends! Singkatnya, power supply adalah salah satu komponen terpenting pada perangkat elektronik.

Tanpa power supply, Anda tidak akan bisa mengaktifkan atau menggunakan banyak perangkat Anda saat ini! Wah meskipun sering tidak terlihat, ternyata sepenting itu ya Golden friends!

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut tentang apa itu power supply, jangan ragu untuk tinggalkan pesan pada kolom komentar ya!

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik Indonesia, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang digital marketing, web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.