Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

VPS: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

3 min read

VPS Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Tanpa diragukan, VPS atau Virtual Private Server adalah salah satu layanan web hosting terpopuler di kalangan para webmaster.

Tapi apakah opsi ini adalah pilihan yang tepat untuk website Anda? Untuk mengetahui jawabannya, mari terlebih dahulu pelajari dan pahami apa itu VPS, kelebihan, dan kekurangannya.   

Apa Itu VPS?

VPS erat kaitannya dengan virtualization technology—yang mana satu physical server akan diubah menjadi beberapa virtual machines atau virtual system, sehingga dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda. 

Jadi bisa dibilang, VPS hosting ini mirip dengan shared hosting, karena pada dasarnya Anda masih berbagi satu server dengan pengguna lain.

Namun secara bersamaan juga menyerupai dedicated server, karena Anda akan mempunyai alokasi resources sendiri, mempunyai akses untuk mengubah pengaturan server, dan bahkan menghidupkan dan mematikan virtual machine Anda.    

Jenis VPS

VPS hosting hadir dengan dua tipe yang berbeda, yaitu: 

  • Managed VPS hosting

tim teknis profesional dari layanan hosting akan membantu Anda mengelola server Anda; mulai dari proses backup, pembaharuan sistem operasi dan aplikasi, monitoring 24 jam, hingga memasang security patches. Tipe ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang IT yang cukup.     

  • Unmanaged VPS hosting

penyedia layanan server hanya bertanggung jawab menyediakan koneksi jaringan dan platform virtualization itu sendiri. Dengan kata lain, seluruh pengoperasian, pemeliharaan, hingga pengaturan virtual machine sepenuhnya berada di tangan Anda. Opsi ini menawarkan harga yang lebih murah dibanding managed VPS, namun tentunya Anda harus benar-benar menguasai sisi teknis.    

Baca Juga: Kenali Apa Itu Dedicated Server, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa Saja Kelebihan VPS?

Berikut adalah beberapa kelebihan dari VPS hosting.

1. Resources yang Lebih Terjamin

Dengan VPS, sumber daya server seperti bandwidth dan RAM akan dialokasikan secara khusus untuk website Anda, sehingga Anda tidak perlu berbagi resources dengan pengguna lain.

2. Performa 

Skema dedicated resources yang ditawarkan VPS hosting menghasilkan performa server yang lebih reliabel dan cepat. Anda juga tidak perlu khawatir kalau virtual machine Anda akan mengalami fluktuasi atau downtime karena terpengaruh oleh pengguna lain.

3. Skalabilitas    

Yang paling spesial dari VPS hosting adalah, Anda hanya perlu menyewa dan membayar sumber daya server yang Anda butuhkan. Dan nantinya jika perusahaan Anda berkembang dan membutuhkan resources tambahan, Anda bisa meningkatkan skala bandwidth, disk space, CPU, maupun sumber daya server lainnya dengan mudah.  

4. Kontrol

Meskipun Anda akan berbagi server dengan pengguna lain, Anda tetap akan memperoleh akses SSH dan root ke server Anda. Selain itu, Anda juga bebas memilih sistem operasi dan aplikasi yang dipasang, sekaligus mengatur kustomisasinya sesuai kebutuhan. 

5. Privasi dan Keamanan

VPS menjamin privasi dan keamanan files maupun databases Anda. Meski dalam satu server, pengguna lain tidak akan bisa mengakses data Anda, dan begitu pula sebaliknya. Ditambah lagi, adanya fitur backup juga jadi jaminan jika files Anda terlindungi dengan baik dan bisa dipulihkan dengan cepat ketika menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Baca Juga: Apa Itu Colocation Server? Pengertian, Kelebihan & Kekurangannya

Apa Saja Kekurangan VPS?

Sedangkan beberapa kekurangan VPS adalah sebagai berikut:

1. Keharusan Menguasai Pengetahuan Teknis

Di sisi lain, kebebasan kustomisasi dan kontrol yang ditawarkan VPS juga mengharuskan Anda menguasai teknis pengorperasian server, serta memahami apa saja aplikasi yang perlu dipasang. Sayangnya, kesalahan konfigurasi server akan berakibat fatal kepada performa website Anda, dan bahkan rawan menyebabkan masalah keamanan

Sedangkan bagi penyedia layanan hosting, banyaknya sistem operasi dan aplikasi yang digunakan dalam VPS bisa mempersulit kerja mereka dalam memelihara server dan menjaga uptime agar tetap stabil. 

2. Harga 

VPS hosting mempunyai harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. Bisa dikatakan, tipe layanan ini kurang bersahabat bagi perusahaan baru yang mempunyai budget yang terbatas. 

Apa Itu VPS: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Jadi, Apakah VPS Adalah Opsi Terbaik Untuk Anda?

Setelah membaca artikel ini, Anda tentunya sudah semakin paham kan apa itu VPS, serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya?

Singkatnya, tipe layanan hosting ini berada di pertengahan antara shared hosting dan dedicated server.

Nantinya, Anda memang akan berbagi server dengan pengguna lain, tapi secara bersamaan Anda juga mempunyai dedicated resources yang dialokasikan hanya untuk website Anda.

Jadi, bagaimana? Apakah tipe hosting ini sesuai untuk website Anda? Untuk membantu Anda menentukan, berikut beberapa hal krusial yang patut dipertimbangkan:

  • Anda saat ini menggunakan layanan shared hosting dan merasa bahwa tipe layanan tersebut sudah tidak bisa lagi menampung traffic web Anda yang sudah mencapai lebih dari 2000 pengunjung/hari. 
  • Anda membutuhkan resources yang lebih banyak agar bisa menjalankan lebih dari satu website dalam satu server.
  • Anda adalah pengguna shared hosting dan ingin meningkatkan keamanan dan privasi server Anda, serta mengaktifkan aplikasi khusus untuk menunjang performa web Anda. 
  • Anda menggunakan layanan dedicated server dan memutuskan untuk lebih menghemat biaya penyewaan server, namun tetap ingin memperoleh akses dan kontrol terhadap pengelolaan dan pemeliharaan server
  • Anda menjalankan ecommerce website, menginginkan server yang lebih stabil dari shared hosting, namun belum membutuhkan resources sebanyak yang ditawarkan dedicated server.  

Jika poin-poin di atas menggambarkan apa yang Anda butuhkan, maka VPS server adalah pilihan terbaik untuk Anda. Nah sebagai rekomendasi, Anda bisa memanfaatkan layanan Cloud VPS Server dari GoldenFast Network yang menawarkan fitur mumpuni; seperti unmetered bandwidth, dedicated RAM hingga 16GB, serta fitur menarik lainnya.

Namun jika Anda lebih tertarik menyewa server secara penuh untuk menjalankan website bisnis kelas enterprise, Anda bisa mempertimbangkan layanan dedicated server terbaik yang juga disediakan oleh GoldenFast Network. 

Semoga berhasil!  

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *