Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

7+ Aplikasi Remote PC Terpopuler

3 min read

Aplikasi Remote PC Terpopuler

Aplikasi remote PC adalah sebuah software (perangkat lunak) yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengontrol sebuah komputer dari jarak jauh.

Dengan aplikasi remote, pengguna bisa dengan mudah mengakses komputer dan perangkat lain dari mana dan kapan saja asalkan terhubung dengan jaringan internet.

Saat ini ada banyak pilihan aplikasi remote PC di luar sana — salah satu yang paling terkenal dan populer adalah TeamViewer dan Windows Remote Connection.

Nah jika Anda ingin tahu lebih banyak jenis dan macam-macam aplikasi remote PC lainnya, Anda ada di tempat yang tepat!

Artikel ini akan membahas fitur-fitur unggulan beberapa aplikasi remote PC terpopuler dan terbaik beserta harga dan cara mendapatkanya.

Yuk langsung saja kita mulai!

7+ Aplikasi Remote Terpopuler

Aplikasi remote adalah software yang digunakan untuk bisa mengakses server secara remote atau dari jarak jauh. Nah berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. AeroAdmin

AeroAdmin

Jika Anda membutuhkan aplikasi remote PC yang mudah dan cepat, AeroAdmin adalah salah satu solusi terbaik untuk itu. 

Aplikasi gratis yang satu ini menawarkan interface yang sangat mudah dipahami, bahkan untuk para pemula sekalipun. 

Anda tidak perlu melakukan pengaturan yang rumit untuk bisa menggunakannya — yang Anda butuhkan hanya sebuah ID dari host-side.

PC client hanya perlu menjalankan program AeroAdmin yang sama dan memasukkan ID atau alamat IP ke dalam program tersebut.

Saat komputer pada host-side mengkonfirmasi koneksi tersebut, Anda dapat memulai koneksi jarak jauh dan berbagi teks clipboard.

Sayangnya, AeroAdmin tidak mempunyai fitur file-sharing. Sehingga, Anda hanya bisa mengakses dan mengontrol jaringan tersebut.

Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan AeroAdmin secara gratis lho Golden friends! Namun tentu saja ada batasan waktu penggunaan setiap bulannya.

Baca juga: Remote Server: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

2. Dekstop NowDekstopNow

Pilihan aplikasi remote PC populer yang lainnya adalah DesktopNow, aplikasi gratis yang diluncurkan oleh NCH Software. 

DesktopNow memungkinkan Anda untuk mengakses komputer maupun jaringan remote melalui  bermacam web browser.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur file sharing yang bisa digunakan untuk mengunduh file secara remote melalui browser tersebut.

Cara menggunakannya pun cukup sederhana. Setelah menentukan nomor port pada router dan mendaftar,  Anda langsung bisa menggunakan aplikasi ini.

Selanjutnya, Anda hanya perlu memasukkan email dan password yang sama dengan client-side untuk melakukan koneksi.

Pastikan komputer atau jaringan yang akan diakses secara remote sudah mengunduh dan memasang software ini sebelumnya ya Golden friends!

3. Iperius Remote

Iperius Remote

Iperius Remote adalah salah satu program desktop jarak jauh yang paling mudah digunakan dengan beberapa fitur luar biasa seperti fitur file sharing yang aman serta aplikasi chat.

Selain itu, software ini juga memungkinkan Anda terhubung ke komputer dan jaringan secara remote melalui aplikasi mobile resmi mereka lho Golden friends!

Lebih baiknya lagi, Anda tidak perlu melakukan instalasi atau pendaftaran untuk menggunakannya. Cukup buka aplikasi tersebut dan tekan tombol Allow connections.

Pada halaman tersebut, Anda akan melihat serangkaian password dan ID yang bisa Anda gunakan untuk melakukan koneksi jarak jauh dengan orang lain.

Program akses jarak jauh gratis ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan instan akses. Dalam beberapa menit saja, Anda sudah bisa melakukan koneksi melalui Iperius Remote.

Selama koneksi jarak jauh, Anda dapat menggunakan pintasan Ctrl+Alt+Del untuk mengganti tampilan, beralih ke mode layar penuh, dan membuka transfer file, dan lain sebagainya.

Jika Anda menginginkan lebih banyak kontrol, Anda dapat membuka pengaturan u ntuk mengaktifkan akses berkelanjutan, kata sandi khusus, proxy, dan lain-lain.

Baca juga: 7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya

4. Microsoft Remote Desktop

4. Microsoft Remote Desktop

Jika Anda menggunakan Windows, sebenarnya ada Microsoft Remote Desktop yang merupakan aplikasi remote PC bawaan OS tersebut lho Golden friends!

Anda tidak perlu mengunduh maupun menginstall aplikasi ini. Cukup buka pengaturan System Properties dan aktifkan pengaturan Allow Remote Connections.

Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan pengaturan port forwarding pada router agar komputer dan jaringan luar bisa terhubung ke komputer tersebut.

Komputer client pun hanya perlu memasukkan alamat IP dari komputer host untuk bisa melakukan koneksi lho! Sangat mudah bukan Golden friends? 

5. Chrome Remote Desktop

Chrome Remote Desktop

Aplikasi remote pc yang satu ini sebenarnya adalah sebuah Google Chrome browser extension yang memungkinkan Anda untuk memasang access remote pada sebuah komputer.

Terlebih lagi, Anda dapat melakukan akses remote ke komputer saat pengguna tidak membuka Chrome, atau bahkan saat pengguna tidak sedang logged in ke dalam akun..

Nah karena berjalan sepenuhnya di dalam web browser Chrome, aplikasi ini dapat bekerja pada sistem operasi apapun termasuk Windows, Mac, Linux, dan Chromebook.

Cara kerjanya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menginstal ekstensi Chrome Remote Desktop yang akan memberikan sebuah kode acak untuk dibagikan ke orang lain.

Pengguna juga bisa membuat custom PIN yang bisa digunakan untuk masuk ke dalam sebuah komputer kapan saja melalui akun Google Anda.

6. Zoho Assist

Zoho Assist

Zoho Assist adalah aplikasi remote pc lainnya yang menawarkan versi gratis untuk penggunaan pribadi maupun komersial. 

Anda dapat berbagi layar dan file, dan mengobrol melalui chat secara remote dengan pengguna lain melalui session ID dan kata sandi yang unik.

Caranya cukup mudah. Host hanya perlu membuka website Zoho Assist dan tekan tombol Share My Screen dan Start Now untuk mendapatkan ID dan password tersebut.

Anda dapat menyalin ID dan kata sandi secara manual atau memasukkan alamat email client agar info koneksi akan dikirim secara langsung melalui email.

Komputer host juga perlu mengunduh aplikasi tersebut untuk memungkin klien memulai koneksi remote. Tekan tombol Download dan unduh file  ZA Connect.exe untuk instalasi.

Secara default, klien tidak memiliki hak kontrol penuh. Untuk mengubah hak akses, buka Session > Request Control dan tunggu host untuk mengkonfirmasi.

Beberapa fitur lain yang dimiliki Zoho Assist adalah clipboard sharing, tombol jeda untuk host, dan alat anotasi agar host dan klien dapat menggambar di layar.

7. Remote Utilities

Remote Utilities

Pilihan aplikasi remote pc yang lainnya adalah Remote Utilities. Software jarak jauh ini menawarkan banyak fitur dan alat yang digunakan untuk melakukan akses remote.

Cara kerjanya pun cukup sederhana. Remote Utilities bisa memasangkan dua sampai 10 komputer dari jarak jauh secara bersamaan melalui internet ID.

Remote Utilities memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai macam modul, mulai task manager, file transfer, remote printing, command prompt, dan lain sebagainya.

Kabar baiknya, Anda bisa mendownload dan menggunakan Remote Utilities pada OS Windows, Mac, dan Linux secara gratis untuk penggunaan personal maupun bisnis.

Pilih Aplikasi Remote Anda!

Nah itu tadi penjelasan singkat dan harga dari beberapa aplikasi remote PC terpopuler yang ada saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Jika Anda masih punya pertanyaan tentang remote server, aplikasi remote, dan lainnya, jangan sungkan untuk tinggalkan pesan pada kolom komentar bawah ya Golden friends!

Oh iya, jangan lupa juga untuk meningkatkan keamanan web dan server Anda dengan berbagai pilihan layanan server murah terbaik dari GoldenFast Network. 

Mulai dari dedicated server, colocation server, maupun VPS server, semua layanan GoldenFast Network dibekali dengan hardware kelas enterprise, 24/7 customer service dan monitoring lho!

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.