Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Brainware: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

3 min read

Brainware Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Sebagai pengguna internet dan teknologi, pasti Anda sudah sering mendengar istilah hardware dan software. Namun, apakah Anda pernah mendengar istilah brainware sebelumnya?

Ketika Anda membaca dan mendengar istilah brainware, pasti Anda akan mengira bahwa istilah tersebut berkaitan dengan teknologi komputer.

Brainware Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Meskipun memang benar brainware mempunyai hubungan erat dengan teknologi komputer, kira-kira apa saja sih hubungan brainware, software (perangkat lunak), dan hardware (perangkat keras)?

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas lengkap pengertian, fungsi, komponen, dan contoh dari brainware untuk membantu Anda memahami istilah ini lebih dalam.

Mari langsung saja kita mulai!

Pengertian Brainware

Sejatinya, brainware adalah seorang manusia yang mampu menggunakan dan menjalankan perangkat lunak atau keras pada sebuah komputer. 

Tugas utama dari orang ini adalah untuk merancang bagaimana suatu perangkat akan bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan. 

Singkatnya, brainware adalah manusia yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam menjalankan dan mengatur kinjerja dari software dan hardware. 

Brainware juga sering disebut sebagai alat intelektual yang digunakan untuk mengeksplorasi kemampuan sebuah software dan hardware.

Tanpa seorang brainware, perangkat komputer tidak akan bisa berjalan sesuai dengan hasil yang Anda inginkan. 

Oleh karena itu, sebenarnya brainware adalah komponen penting yang tidak bisa dipisahkan dari perangkat komputer lainnya.

Fungsi Brainware

Selain mampu menjalankan dan menggunakan perangkat komputer, brainware juga mempunyai banyak fungsi lain. Berikut adalah beberapa fungsi yang Anda harus tahu.

Sebagai Programmer

Seperti yang sudah dibahas di atas, salah satu tugas utama brainware adalah untuk merancang bagaimana cara suatu perangkat bekerja.

Programmer bertugas untuk membuat dan merancang program yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam sistem perangkat komputer menggunakan perangkat lunak maupun perangkat keras.

Selain itu, programmer juga bertugas untuk menjaga keamanan dan kelancaran seluruh sistem yang ada di program tersebut.

Sebagai Operator

Fungsi lain seorang brainware adalah sebagai seorang operator komputer. Operator komputer adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan suatu sistem komputer dan program. 

Selain itu, operator juga bertugas untuk menjaga dan memastikan bahwa semua perangkat komputer akan berjalan dengan baik dan lancar. 

Terkadang, operator komputer juga bertugas untuk melakukan maintenance dan perawatan sebuah sistem yang dirancang oleh seorang programmer.

Sebagai Administrator

Seorang administrator adalah seorang brainware yang bertugas untuk mengelola struktur suatu sistem pada sebuah program ataupun jaringan komputer.

Dengan adanya brainware yang bekerja sebagai administrator, sistem dan program Anda akan mempunyai aturan dan struktur yang lebih tertata rapi.

3 Contoh Brainware

Nah, setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari brainware, Anda pasti penasaran kan apa saja sih contoh penerapan dari istilah tersebut?

1. Netter — seorang individu atau kelompok yang menjelajahi situs-situs website untuk mencari dan mendapatkan informasi dari internet.

2. EDP Department  — departemen EDP atau electronic data processing department adalah bagian perusahaan yang bertugas untuk mengelola data digital sebuah perusahaan dengan teknologi komputer.

3. Network System  — sistem operasi yang bertugas untuk menangani sebuah sistem pada jaringan komputer, sistem ini terdiri dari banyak jaringan dan layanan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna komputer.

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Web Server dan Cara Kerjanya

7 Jenis Brainware

Sebenarnya, ada banyak jenis brainware yang sering Anda temui sehari-hari. 

Untuk membantu Anda mengetahui lebih dalam apa yang dimaksud dengan istilah tersebut, disini kami telah mengumpulkan beberapa jenis brainware yang paling umum.

1. Hardware engineer

Hardware engineer adalah profesi yang menangani segala urusan terkait dengan perangkat keras. Mulai dari proses perencanaan, hingga pemeliharaan perangkat keras yang ada pada suatu sistem jaringan komputer.

Hardware engineer juga bertanggung jawab melakukan konfigurasi dan pengaturan yang ada pada komputer atau perangkat lainnya pada sistem. Mulai dari proses pembuatan sampai penataan perangkat.

2. Software engineer

Sama halnya dengan hardware engineer, software engineer bertugas untuk menangani segala urusan terkait dengan perangkat lunak yang ada pada sebuah sistem komputer. 

Software engineer bertanggung jawab untuk melakukan konfigurasi, pengaturan, struktur, dan tatanan dari sebuah perangkat lunak yang ada pada jaringan komputer.

3. Teknisi

Teknisi adalah seorang yang bertugas atas maintenance dari semua perangkat komputer yang ada pada suatu sistem dan jaringan.

Seorang teknisi harus mempunyai pengetahuan yang dalam tentang masalah-masalah yang biasanya terjadi pada perangkat dan sistem komputer.

4.  Trainer

Jenis lainnya yang mungkin sering Anda temui adalah seorang trainer. Trainer adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan dan keahlian yang baik akan suatu subjek dan keahlian.

Trainer bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan dan mengajarkan keahlian mereka ke orang lain sesuai dengan bidang dan keahlian mereka. 

5. Project Manager 

Seorang project manager biasanya juga disebut sebagai brainware di dalam suatu perusahaan.  Selain mengawasi, project manager juga dituntut untuk bisa memberikan ide-ide untuk proyek yang dipimpin.

Project manager mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pelaksanaan sistem manajemen yang baik dan akurat.

6. Spesialis Jaringan

Seorang spesialis jaringan adalah individu atau kelompok yang memiliki pengetahuan dan keahlian tentang jaringan komputer.

Spesialis jaringan bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan jaringan komputer, mulai dari pengelolaan, tatanan, dan lain sebagainya.

7. Sistem Analis

Sistem analis adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan, analisis, dan pemilihan perangkat lunak dari suatu bisnis atau perusahaan. 

Selain itu, sistem analis juga diharuskan untuk bisa memilih perangkat lunak yang sesuai dengan organisasi atau bisnis yang dibutuhkan. 

Selain itu, sistem analis juga harus memiliki keahlian manajerial, teknis, dan tentunya, analisis.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan pada artikel ini, dapat disimpulkan bahwa pengertian brainware adalah seseorang yang mengoperasikan sebuah sistem software dan hardware. 

Meskipun tidak banyak yang tahu akan masalah ini, brainware memiliki peran yang sangatlah penting untuk sebuah perusahaan. Tanpa seorang brainware yang handal, software dan hardware yang Anda punya tidak akan bisa bekerja dengan optimal. 

Jadi jangan lupa untuk bekali bisnis Anda dengan seorang brainware yang handal dan profesional ya! Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan server yang reliabel dan handal demi kelancaran semua kepentingan bisnis Anda.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memanfaatkan layanan dedicated server, colocation server, maupun VPS server dari GoldenFast Network

Dibekali dengan hardware kelas enterprise, UPS backup,  24/7 customer service, dan network monitoring, GoldenFast Network adalah salah satu layanan server terbaik yang bisa Anda coba.

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.