Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Cloud Server: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

2 min read

Jika di artikel sebelumnya kami telah membahas apa itu colocation server, di artikel kali ini  kami akan menjelaskan pengertian dan semua yang perlu Anda ketahui dari cloud server.

Cloud server mungkin bukanlah istilah yang asing untuk orang-orang yang sudah lama bergelut dengan dunia informasi teknologi, internet, dan juga web hosting.

Namun jika Anda belum tahu apa itu cloud server sebenarnya, tenang saja! Pada artikel kali ini kami akan membahas apa itu cloud server secara lengkap. 

Mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja dan kelebihan dan juga kekurangannya. Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Cloud Server

Singkat kata, cloud server adalah layanan teknologi yang menghubungkan sebuah komputer dan jaringan berbasis internet. 

Jaringan teknologi ini memanfaatkan media internet sebagai pusat penyimpanan dan pengelolaan data server Anda. 

Semua data disimpan pada penyimpanan awan yang terdiri dari gabungan komputer dan server membentuk sebuah satuan bernama cluster.

Dengan begini, data-data yang Anda butuhkan bisa dengan mudah diakses melalui internet tanpa melalui hardware atau perangkat keras.

Berbeda dengan jenis server yang lainnya, umumnya cloud server memberikan Anda lebih banyak kebebasan dalam mengatur resources atau sumber daya yang server Anda gunakan.

Jadi, layanan cloud server sangat cocok digunakan oleh Anda yang ingin server dengan performa tinggi, handal, dan sumber daya lebih besar namun dengan akses yang lebih mudah.

Cara kerja cloud server juga cukup sederhana. Intinya saat seorang membeli layanan  cloud service, nantinya akan diberikan cloud storage yang berfungsi untuk menyimpan data server.

Baca juga: Cloud Hosting: Pengertian, Kelebihan, & Kekurangannya

Kelebihan Cloud Server

Tentunya setiap jenis server juga mempunyai kelebihan masing-masing. Memilih layanan cloud server tergantung pada kebutuhan sebuah perusahaan dan organisasi.

Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan dari cloud server untuk membantu Anda memilih pilihan server yang paling tepat.

1. Lebih fleksibel

Seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda, tentunya Anda akan membutuhkan lebih banyak server resources seperti RAM dan bandwidth untuk mengatasi beban trafik yang Anda dapatkan.

Salah satu kelebihan yang cloud server tawarkan adalah fleksibilitas dan skalabilitas. Anda bisa dengan mudah meningkatkan resources dan sumber daya server sesuai dengan pertumbuhan bisnis.

Umumnya, cloud server bisa dengan mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Banyak layanan cloud server yang juga menawarkan fitur “pay as you go”.

Fitur ini berarti Anda hanya harus membayar sumber daya dan server resources yang digunakan oleh website atau aplikasi Anda.

Menggunakan layanan cloud server juga cukup mudah, Anda tidak perlu mengurus pemeliharaan hardware dan perangkat komputer karena semua data tersimpan di internet.

2. Hemat biaya

Umumnya, Anda bisa membeli atau menyewa cloud server melalui penyedia layanan server dengan harga yang lebih murah dari server fisik. 

Hal ini dikarenakan cloud server mengurangi biaya operasional komputer dan hardware yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. 

Dengan cloud server, perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya maintenance, monitoring, dan juga sewa tempat server fisik.

Selain itu, karena fleksibilitas dan skalabilitas dari cloud server yang sudah dijelaskan tadi, pengguna cloud server juga tidak akan membayar server resources yang tidak terpakai.

Baca juga: Tips Memilih Server Hosting Untuk Website

3. Akses lebih mudah

Salah satu kelebihan lain dari cloud server adalah kemudahan akses yang ditawarkan. 

Dengan jenis server cloud, Anda tidak perlu berada pada suatu komputer yang sama agar bisa mengakses aplikasi atau data yang Anda perlukan.

Anda hanya perlu jaringan internet dan akses ke server tersebut. Aplikasi dan data yang Anda perlukan dapat diakses kapanpun dan dimanapun secara online dan remote.

4. Lebih aman

Nah dalam masalah keamanan, cloud server juga sering dikatakan lebih aman lho, Golden friends! Karena data tersimpan di cloud, maka data akan jauh dari kerusakan yang terjadi karena human error.

Contohnya server yang rusak karena kurang pemeliharaan atau data yang corrupt akibat kesalahan teknis penjaga server. 

Tentunya hal ini juga akan meminimalisir peluang Anda untuk kehilangan data secara permanen. Data Anda menjadi lebih aman dan bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Apalagi jika Anda juga menginstall langkah-langkah keamanan lainnya seperti anti-malware protection dan juga two-factor authentication. 

Baca Juga: Apa itu SSH: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya 

5. Kapasitas penyimpanan lebih besar

Umumnya, perangkat keras seperti hard drive dan flashdisk mempunyai kapasitas penyimpanan data yang terbatas. 

Biasanya sebuah perangkat keras bisa menyimpan data sampai dengan 2TB. Sedangkan cloud server tidak mempunyai batasan ini. Simpan data tanpa batas dengan lebih bebas dan hemat. 

Jika kuota penyimpanan yang disediakan oleh penyedia layanan server Anda sudah habis, Anda hanya perlu meningkatkan paket yang Anda gunakan.

Penutup

Cloud server adalah layanan teknologi yang menghubungkan sebuah komputer atau server dengan jaringan berbasis internet.

Jenis server ini biasanya mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan tipe server yang lainnya. Baik dari sisi keamanan, biaya, dan fleksibilitas.

Namun, perlu diingat bahwa memilih server akan tergantung pada kebutuhan bisnis dan perusahaan Anda.

Jika Anda membutuhkan rekomendasi layanan server terbaik, GoldenFast Network punya solusinya — mulai dari colocation server, dedicated server, dan juga cloud VPS server.

Kabar baiknya, semua layanan server dari GoldenFast Network dilengkapi dengan  fasilitas 24/7 customer service, hardware kelas enterprise, dan USP backup.

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *