Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Cyber Security: Pengertian, Elemen, & Tipe Ancamannya 

2 min read

cyber security pengertian, elemen, & tipe ancamannya

Di era yang serba digital seperti saat ini, cyber security adalah salah satu praktik keamanan yang wajib dikuasai oleh semua orang yang menggunakan internet.

Pasalnya saat ini semua orang sangat bergantung pada teknologi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Baik itu individu, perusahaan, hingga institusi pemerintah sekalipun.

Teknologi dan internet dilakukan untuk melakukan transfer data, mencari informasi, berkomunikasi dengan orang lain, hingga menyimpan data penting di berbagai perangkat.

Nah, cyber security berguna untuk memastikan bahwa semua aktivitas dan data yang ada pada internet tetap aman dan terjaga dari macam-macam cyber crime.

Jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang apa itu cyber security, Anda cukup beruntung! Di artikel ini, kami akan membahas pengertian cyber security, elemen, dan contoh ancamannya.

Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Cyber Security?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat ini hampir semua orang baik itu individu atau organisasi, bergantung pada teknologi dan internet.

Sayangnya, hampir semua sistem maupun jaringan yang ada di internet mempunyai celah keamanan yang bisa dengan mudah dieksploitasi oleh hackers

Itulah mengapa mengimplementasikan cyber security yang efektif adalah sebuah keharusan untuk meningkatkan level keamanan sistem dan mengurangi resiko cyber threats. 

Nah cyber security sendiri adalah praktik yang bertujuan untuk melindungi sebuah perangkat, jaringan, program, dan data dari segala macam serangan digital yang berbahaya.

Praktik cyber security mencakup pemasangan firewall, backup data, multi factor authentication dan lain sebagainya yang bisa mencegah cyber criminals memasuki sistem Anda.

 Cyber security sendiri merupakan bidang yang terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi dan juga cybercrimes saat ini.

Kesuksesan praktik cyber security banyak dipengaruhi oleh seberapa kuat sistem pertahanan yang Anda implementasikan sebuah pada sistem dan jaringan.

Nah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda akan selalu terlindung adalah melalui layer proteksi berlapis. Tentunya ini akan menjamin keamanan data dan sistem Anda di internet.

Baca Juga: DDoS Attack: Pengertian, Tipe, dan Cara Mencegahnya   

Konsep Cyber Security

Nah, cyber security mengikuti praktek CIA Triad sebagai konsep dasarnya. Konsep ini meliputi confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas), dan availability (ketersediaan).

Berikut adalah penjelasan singkat dari setiap konsep tersebut:

  • Confidentiality sesuai namanya, confidentiality (kerahasiaan) adalah upaya untuk merahasiakan sebuah informasi dan data agar tidak terjadi pencurian maupun kebocoran data.
  • Integrity —  integrity (integritas) memastikan bahwa semua data dan informasi yang diberikan tetap konsisten, akurat, dan juga terpercaya. 
  • Availability — sesuai namanya, availability (ketersediaan) adalah dimana data dan informasi yang ada dapat diakses dengan lancar dan mudah tanpa halangan.

Baca Juga: Brute Force Attack: Pengertian, Tipe & Langkah Mencegahnya   

Elemen Cyber Security

Manfaat Cyber Security

Untuk menjalankan cyber security secara efektif, ada beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Application Security
  2. Network Security
  3. Information Security
  4. Operational Security   
  5. Disaster Recovery Planning
  6. End-User Education

Baca juga: Contoh Cara Penerapan Cyber Security

Apa Saja Manfaat Cyber Security?

Cyber security membawa manfaat bagi individu maupun perusahaan. Diantaranya adalah:

  • Data sensitif terlindungi — seluruh data Anda bisa terlindungi dengan lebih baik dan terhindar dari ancaman identity theft.
  • Menjaga produktivitas — dengan cyber security, sistem dan jaringan Anda akan terlindungi dari malware dan ancaman lainnya, sehingga Anda tetap bisa bekerja dengan lebih produktif dan aman.   
  • Waktu pemulihan yang lebih singkat — meski mengalami data breach atau gangguan lainnya, Anda bisa dengan cepat melakukan proses pemulihan dan mencegah kerugian yang berlipat ganda.  
  • Membangun kepercayaan customers — dengan sistem keamanan yang kuat, pelanggan tak akan cemas jika data sensitif mereka dieksploitasi oleh hacker dan semakin yakin untuk memilih produk/layanan Anda.     

Baca juga: Mengenal Proxy Server, Tipe, dan Manfaatnya

Beberapa Tipe Ancaman Terhadap Cyber Security

Cyber attacks mempunyai banyak bentuk, diantaranya adalah: 

  • Phishing—attackers berusaha mencuri data sensitif korban dengan cara menyamar sebagai institusi legal dan menghubungi mereka melalui email, telepon, maupun pesan teks.
  • Malware—program maupun file yang dibuat untuk mengeksploitasi atau merusak perangkat, server, maupun jaringan Anda.
  • Ransomware—tipe malware yang didesain untuk mengunci file atau perangkat Anda, kemudian meminta bayaran sejumlah uang sebagai tebusan.
  • Social Engineering—pelaku mengeksploitasi aspek psikologi korban dan mendorongnya untuk memberikan informasi personal maupun akses terhadap perangkatnya. 

Jadi, Apa Itu Cyber Security?

Singkatnya, cyber security adalah upaya yang dilakukan individu, bisnis, atau institusi untuk meminimalisir ancaman dan risiko dari berbagai cyberattacks.

Langkahnya adalah dengan memberikan proteksi yang lebih kuat terhadap perangkat maupun layanan Anda, sehingga bisa tetap beroperasi dengan baik tanpa ada gangguan dari hackers.

Ingin belajar lebih mendalam mengenai berbagai tipe cyber threats dan cara mengatasinya? 

Yuk kunjungi terus blog GoldenFast Network dan temukan banyak pembahasan menarik yang tak boleh Anda lewatkan. 

Selain itu, jangan lupa tingkatkan juga keamanan web Anda dengan berbagai opsi layanan server terbaik dari GoldenFast Network

Anda dapat memanfaatkan layanan dedicated server, colocation server, maupun VPS server yang dibekali dengan hardware kelas enterprise, 24/7 customer service dan monitoring.

Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya Golden friends!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *