Dampak Positif dan Negatif Media Sosial untuk Bisnis 

2 min read

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial untuk Bisnis

Social media memang salah satu cara terbaik untuk membangun reputasi bisnis Anda. Ada banyak dampak positif dan negatif media sosial yang bisa bisnis Anda dapatkan.

Media sosial platform menghubungkan bisnis Anda dengan lebih banyak orang di seluruh dunia. Ini bisa digunakan untuk membangun kepercayaan antara brand dan customernya.

Sayangnya, jika tidak ditangani dengan hati-hati, media sosial juga bisa merusak kepercayaan itu dan merusak reputasi bisnis Anda dalam hitungan detik.

Artikel ini membahas bagaimana pemasaran media sosial dapat merusak reputasi perusahaan Anda dan mengajarkan cara terbaik untuk menghindari situasi seperti itu sama sekali. Mari lihat!

Pengertian Sosial Media Marketing

Media sosial adalah alat yang ampuh di era pemasaran digital saat ini. Dengan lebih dari 3,7 miliar pengguna aktif, ini adalah strategi pemasaran penting untuk dunia saat ini yang tidak dapat diabaikan begitu saja.

Misalnya, hingga saat ini, lebih dari 60 juta bisnis telah membuat halaman bisnis di Facebook untuk tujuan pemasaran, dan jumlah itu terus bertambah.

Jadi, apa itu pemasaran media sosial? Sederhananya, pemasaran media sosial adalah penggunaan jejaring sosial untuk mendapatkan lebih banyak eksposur.

Social media marketing juga bisa lebih mudah menarik audiens target Anda, baik melalui interaksi langsung dengan pelanggan Anda atau dengan meluncurkan kampanye media sosial .

Jenis strategi pemasaran ini banyak digunakan karena efisien waktu dan hemat biaya, disukai oleh banyak kelompok umur yang berbeda. 

Baca juga: Viral Marketing: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Marketing

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

Seperti strategi digital marketing yang lainnya, media sosial juga bisa membawa dampak positif dan negatif pada bisnis Anda.

Nah untuk mengetahui apa saja manfaat dan kekurangan dari sosial media marketing, berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya!

Dampak Positif Media Sosial

Sosial media memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis Anda ke jangkauan yang lebih luas dan audiens yang lebih spesifik.

Berikut adalah beberapa dampak positif dari media sosial:

  • Meningkatkan traffic website.
  • Memperluas jangkauan bisnis Anda.
  • Mempromosikan brand Anda.
  • Menghemat biaya pemasaran.
  • Meningkatkan brand awareness dan credibility.
  • Memperbanyak sales dan penjualan bisnis online,

Dampak Negatif Media Sosial

Nah berikut ini adalah beberapa dampak negatif media sosial yang patut Anda perhatikan sebelum memulai sosial media marketing!

  • Bisnis Anda akan lebih terekspose di internet.
  • Menimbulkan persaingan yang tidak sehat.
  • Satu kesalahan saja bisa menghancurkan citra bisnis Anda.
  • Memperbesar peluang terkena hit and run dengan semua proses pembayaran yang online.
  • Tidak adanya interaksi secara fisik dengan pelanggan.

Praktik Sosial Media Marketing yang Baik

Sekarang Anda tahu bagaimana salah langkah media sosial dapat menodai citra merek Anda, berikut adalah beberapa saran pemasaran yang dapat Anda ikuti:

  • Buat Style Guide bisnis sebelum terjun langsung ke ranah online, pastikan perusahaan Anda telah menetapkan daftar pedoman yang harus diikuti setiap orang. Tentukan apa yang diizinkan, tetapkan hukuman potensial jika aturan itu pernah dilanggar.
  • Tetap profesional jangan mengorbankan citra merek Anda untuk lelucon yang edgy atau berlebihan. Tetap profesional adalah suatu keharusan. Ingatlah bahwa Anda mewakili merek Anda, jadi tetap berpegang pada nilai-nilai Anda dan jangan menganggapnya pribadi.
  • Pekerjakan spesialis media sosial  meskipun Anda mungkin memiliki pengetahuan dasar tentang strategi pemasaran media sosial, seorang ahli yang berdedikasi dapat membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Kita akan berbicara lebih banyak tentang ini di bagian berikut.

Baca juga: Word of Mouth Marketing: Pengertian & Cara Penerapannya

Manfaat Sosial Media Marketing Specialist

Media sosial adalah tentang membangun koneksi. Namun, saat ini banyak brand masih menggunakan media sosial sebagai alat promosi satu arah, bukan platform. 

Mempekerjakan spesialis media sosial memastikan komunikasi dua arah antara merek Anda dan pelanggan Anda sehingga Anda dapat mengharapkan peningkatan dalam keterlibatan pengguna.

Berikut adalah beberapa manfaat tambahan dari mempekerjakan spesialis media sosial untuk mengelola jaringan media sosial Anda:

  • Buat strategi pemasaran seorang spesialis akan mengenali kekurangan taktik pemasaran Anda dan akan membantu Anda mengelolanya dengan tepat.      
  • Berkomunikasi dengan basis pengguna Anda spesialis media sosial menggunakan platform untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membantu mereka jika mereka membutuhkan bantuan, jadi tidak ada pesan langsung atau tweet yang tidak dijawab.      
  • Membangun reputasi  aktif di media sosial membantu Anda membangun reputasi yang menentukan bagaimana Anda akan dilihat oleh publik.      
  • Tetap trendi  tren media sosial selalu berubah. Itulah sebabnya para profesional media sosial mengetahui perubahan ini. Lalu mengidentifikasi metode atau platform paling populer untuk mempromosikan merek Anda pada titik waktu tertentu.      

Baca juga: Apa Itu Content Marketing? Panduan Lengkap untuk Pemula

Penutup

Pemasaran media sosial adalah sesuatu yang perlu diperhatikan oleh setiap bisnis, menawarkan eksposur merek Anda.

Sosial media juga membangun kepercayaan di antara pelanggan Anda, dan menghasilkan lebih banyak prospek, traffic, dan penjualan.

Namun, mengelola media sosial tidak semudah kelihatannya. Jika dilakukan dengan buruk, media sosial justru bisa menjadi bumerang dan merusak apa yang telah Anda bangun sejauh ini dengan bisnis Anda.

Nah di artikel kali ini kami telah membahas pengertian dari strategi marketing ini serta dampak positif dan negatif media sosial untuk.bisnis Anda. Jika Anda masih punya pertanyaan tentangnya, silakan tinggalkan komentar di kolom bawah ya Golden friends!

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang digital marketing, web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *