Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Data Scientist: Pengertian, Skill Wajib, & Keunggulannya

2 min read

Data Scientist: Pengertian, Skill Wajib, & Keunggulannya

Apakah Anda pernah mendengar profesi data scientist sebelumnya? Jika Anda sering membuka lowongan pekerjaan tentang IT, istilah data scientist ini pasti sudah tidak asing lagi.

Singkatnya, data scientist adalah profesi yang berada dibalik kendali teknologi pengolahan data dalam suatu perusahaan — mulai dari melakukan analisis, mendapatkan insight, sampai memberikan rekomendasi untuk pengembangan bisnis tersebut.

Nah jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang lagi tentang profesi data scientist, tenang saja! Artikel ini akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya. 

Di akhir artikel ini Anda akan mengetahui pengertian, skill wajib, dan juga keunggulan dari profesi data scientist. Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Data Scientist 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, data scientist merupakan seseorang yang bertugas untuk menangani dan mengolah big data (data dalam jumlah besar) dalam sebuah perusahaan.

Data Scientist: Pengertian, Skill Wajib, & Keunggulannya

Tujuannya, agar big data tersebut bisa menghasilkan informasi yang berguna. Nah, tentunya dalam proses pengolahan data ini ada banyak algoritma, tool, serta pengetahuan tentang proses kerja mesin yang terlibat.

Maka dari itu, data scientist harus siap untuk menguasai ilmu multi disiplin seperti matematika statistik, ilmu komputer, serta cara menggunakan tools analisa data.

Tanggung jawab seorang data scientist juga tergolong banyak lho Golden friends!

Namun, seperti yang sudah disebutkan tadi, tugas utama dari data scientist adalah untuk menganalisis berbagai macam data yang terakumulasi di sebuah perusahaan.

Proses ini mengharuskan data scientist untuk mempunyai kemampuan analisis data seperti menggabungkan data dari berbagai sumber, memastikan konsistensi data, memilih algoritma yang tepat sampai membuat infografis.

Selain itu, seorang data scientist juga harus mempunyai skill untuk mencari informasi paling berguna untuk pengembangan sebuah bisnis melalui metode metode statistik yang sudah ada.

5 Skill yang Wajib Dimiliki Data Scientist

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada beberapa skill wajib yang harus dipunyai semua data scientist. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Statistika — salah satu skill dasar yang data scientist perlu kuasai adalah statistika. Skill ini nantinya akan digunakan untuk menentukan algoritma yang tepat untuk sebuah data dan juga mengembangkan software machine learning. 
  • Machine Learning — data scientist yang bekerja pada perusahaan yang bersifat data-driven akan membutuhkan skill machine learning untuk menentukan algoritma dari data yang tak terstruktur dari sebuah kumpulan data besar.
  • Kalkulus & Aljabar — menguasai kalkulus dengan fungsi yang bisa diterapkan di banyak variabel dan aljabar linear merupakan salah satu skill dasar yang perlu dimiliki seorang data scientist.
  • Pembacaan dan pemetaan data — skill ini digunakan untuk membuat data-data yang ada bisa dengan mudah dibaca oleh komputer dan juga manusia.
  • Pemrograman & coding — salah satu skill wajib yang harus dipunyai seorang data scientist adalah programming dan juga coding. Meskipun tidak harus tau semuanya, paling tidak seorang data scientist harus menguasai bahasa pemrograman seperti SQL maupun Python.’

Baca Juga: Mengenal Server: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Keunggulan Menjadi Data Scientist 

Menjadi seorang data scientist memang tidak mudah namun banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan lho Golden friends! 

Berikut adalah beberapa manfaat dan keunggulan dari seorang data scientist:

1. Data scientist bertanggung jawab akan kemajuan sebuah bisnis

seorang data scientist harus siap untuk bertanggung jawab akan pengelolaan dan pemanfaatan data yang berkaitan langsung dengan kemajuan perusahaannya.

2. Peluang menjadi data scientist masih sangat besar

Meskipun profesi data scientist adalah salah satu profesi yang populer dalam dunia teknologi, ketersediaan data scientist yang ada sangat ini masih belum bisa mengakomodir kebutuhan yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan.

3. Siapapun bisa menjadi seorang data scientist

Kabar baiknya untuk Anda yang tertarik untuk menjadi data scientist, tidak ada background pendidikan spesifik yang dibutuhkan untuk mencoba profesi ini.

Meskipun memang dibutuhkan pemahaman akan beberapa ilmu seperti statistika, matematika, dan juga ilmu komputer, namun semua background pendidikan sebenarnya mempunyai kesempatan yang sama.

Selain itu, Anda juga bisa mengambil kursus online maupun offline untuk mendapatkan skill yang dibutuhkan oleh profesi ini loh. 

Karena banyaknya kebutuhan profesi data scientist, ada banyak juga yang menyediakan kursus pengembangan skill yang dibutuhkan oleh profesi tersebut.

Baca juga: Software Recovery Data Terbaik di Windows dan Mac 

Penutup 

Pendek kata, data scientist adalah profesi yang mengharuskan Anda untuk menangani dan mengolah data-data yang ada pada sebuah perusahaan.

Meskipun profesi ini adalah salah satu profesi dunia IT paling populer, sampai sekarang ini masih banyak perusahaan yang membutuhkan data scientist untuk bisnis mereka.

Jadi bagaimana Golden friends? Apakah Anda tertarik untuk mencoba profesi ini? Jika Anda memang serius, Anda bisa mulai belajar skill yang dibutuhkan untuk menjadi data scientist. 

Nah karena salah satu skill yang dibutuhkan adalah skill coding, Anda bisa memulai dengan membuat dan mengelola sebuah website.

Selain membutuhkan pengetahuan data dan sistem yang cukup baik, membuat website juga memerlukan web server. Anda bisa mendapatkannya melalui layanan web hosting atau membeli server.

Sebagai rekomendasi, GoldenFast Network menawarkan layanan server murah dan terbaik   — mulai dari dedicated server, colocation server, sampai cloud VPS server.

Kabar baiknya, semua layanan server dari GoldenFast Network dibekali dengan enterprise-grade hardware, 24 customer support, dan juga tier 1 network. 

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.