Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Mengenal Debian: Pengertian & Kelebihannya

2 min read

Mengenal Debian Pengertian & Kelebihannya

Jika Anda sudah lama menggunakan sistem operasi komputer Linux, pasti Anda pernah mendengar tentang debian OS sebelumnya.

Meskipun tidak terlalu terkenal, debian adalah salah satu jenis sistem operasi Linux yang cukup digemari oleh banyak penggunanya.

Nah jika Anda ingin tahu lebih lanjut apa itu debian, artikel ini akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang operasi sistem tersebut.

Mulai dari pengertian, fungsi, alasan menggunakan debian, sampai kelebihannya. Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Debian

debian operating system

Jadi apa itu debian? Intinya, debian adalah sebuah OS (operating system) atau sistem operasi yang menggunakan Kernel Linux sebagai basisnya.

Sistem operasi debian pertama kali dirilis pada tahun 1996 oleh Ian Murdock. OS ini tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang bersifat open-source.

Ini berarti perangkat lunak debian bebas dan terbuka untuk umum dengan lisensi mayoritas GNU (general public license) dan lisensi perangkat lunak lainnya.

Debian juga adalah salah satu distribusi Linux tertua di dunia open-source software. OS ini juga berperan sebagai dasar untuk Ubuntu, versi desktop Linux terpopuler saat ini.

Selain menyediakan sebuah sistem operasi untuk perangkat komputer, OS Debian juga menawarkan ribuan software gratis di repositorinya.

Saat ini, proyek Debian dikelola oleh the Debian Constitution and the Social Contract yang menetapkan struktur dan juga tujuan dari sistem operasi tersebut.

Sampai sekarang, Debian terus menjadi salah satu OS Linux terdepan Fitur yang paling membedakan Debian dari distro Linux lainnya adalah sistem manajemen paketnya. 

Sistem ini memberi admin kendali penuh  atas semua paket yang diinstal pada sistem itu, termasuk kemampuan untuk menginstal satu paket atau memperbarui keseluruhan OS.

Baca juga: Network Security: Pengertian, Konsep, & Jenis-Jenisnya

Fungsi OS Debian

Selain sebagai sistem operasi komputer, Debian juga mempunyai banyak fungsi lain lho Golden friends! Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Menyediakan layanan server seperti DNS server, mail server, NTP server, proxy server, dan jaringan server lainnya.
  2. Melakukan troubleshooting yang bisa mendeteksi kesalahan dan error yang ada sebuah hardware, software, maupun jaringan.
  3. Mengatur proses jaringan pada sistem pengaturan jaringan seperti router, repeater, dan lain sebagainya.

Baca juga: 25+ Perintah Dasar Linux [Lengkap dengan Fungsi & Contohnya]

Kelebihan Operasi Sistem Debian

Jutaan orang menggunakan versi Linux berbasis Debian, tetapi bagaimana dengan Debian itu sendiri? Apa alasan Anda harus menggunakan sistem operasi tersebut?

Nah disini kami akan membahas secara singkat beberapa kelebihan dari OS Debian dan alasan user menggunakan sistem operasi tersebut!

1. Super stabil 

Debian dikenal dengan sistem operasi yang mempunyai kestabilan tinggi. Ini berarti OS ini jarang mengalami sistem error meski menjalankan program yang berat sekalipun.

OS ini cenderung menggunakan versi perangkat lunak lama yang lebih reliable dan stabil. 

Ini berarti Anda akan menggunakan perangkat lama dengan bug minimal.

2. Tahan lama  

Debian OS juga tidak memiliki jadwal update regular. Umumnya, versi terbaru dari OS ini keluar setiap dua sampai tiga tahun sekali.

Jadi Anda bisa menghindari resiko merusak software sistem operasi Anda dengan bug dan lubang keamanan yang mungkin datang bersama versi baru.

Dengan jadwal update yang minimal seperti ini, Anda dapat menggunakan sistem operasi Debian untuk jangka waktu yang lebih lama.

3. Kompatibel untuk server

Berkat software yang stabil dan siklus update yang panjang, Debian adalah salah satu pilihan distro Linux terbaik untuk server Anda.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu menggunakan versi OS debian khusus untuk ini. Gunakan versi reguler dengan alat-alat server yang mendukung.

Selain itu, server tidak perlu terhubung ke internet. Bahkan Anda bisa menggunakan OS ini untuk menyalakan server rumah yang tersedia untuk komputer di jaringan Wi-Fi khusus.

Baca juga: VMware: Pengertian, Fungsi, & Manfaatnya

4. Support yang baik

Berkat banyaknya orang yang menggunakan Ubuntu, format DEB debian adalah aplikasi umum pada dunia Linux. 

Meskipun tidak semua format DEB yang bekerja di Ubuntu bekerja di Debian, ada kemungkinan Anda akan menemukan DEB untuk keduanya.

Bahkan sebelum Anda mulai mencari perangkat lunak pihak ketiga, Debian memiliki beberapa repositori perangkat lunak terbesar yang akan Anda temukan. 

5. Open-source

Sistem operasi ini juga bersifat open-source yang berarti pengguna bisa menggunakan dan memodifikasi OS ini dengan bebas dan gratis.

Ini juga berarti pengguna bisa memodifikasi sistem operasi ini tergantung dengan keinginan dan kebutuhan jaringan Anda.

6. Tidak perlu koneksi internet yang kuat

Umumnya, Linux membuat software yang gratis dan dapat diakses. Namun sebagian besar distro membutuhkan akses ke koneksi internet solid.

Debian menyediakan versi DVD yang mencakup banyak perangkat lunak yang dapat Anda unduh dari repositori kapan saja dan dari mana saja.

Penutup

Debian adalah satu operasi sistem populer berbasis linux yang mempunyai banyak fungsi dan kelebihan seperti sifat open-source-nya yang bisa digunakan secara gratis.

Nah di artikel ini kami sudah membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang Debian operasi sistem; termasuk pengertian, fungsi, dan juga kelebihannya.

Nah untuk Golden friends yang ingin mencoba sistem operasi Debian pada server Anda, kami punya rekomendasi layanan server murah dari GoldenFast Network.

Hanya dengan 135 ribuan saja per bulan, Anda bisa mendapatkan layanan server seperti cloud VPS server, dedicated server, dan juga colocation server.

Tidak hanya itu, semua layanan Golden Fast Network dilengkapi dengan hardware kelas enterprise, 24 jam monitoring dan support, dan juga 99% uptime.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *