Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Kenali Apa Itu Dedicated Server, Kelebihan, dan Kekurangannya

2 min read

Kenali Apa Itu Dedicated Server, Kelebihan, dan Kekurangannya

Jika Anda adalah seorang webmaster, tahukah Anda kalau ada banyak pilihan web hosting yang bisa dipilih di luar sana? Dan salah satu opsi terpopuler adalah dedicated server.  

Ingin tahu mengapa jenis hosting ini jadi pilihan yang digemari, terutama bagi situs-situs perusahaan level enterprise?

Teruskan membaca, karena artikel ini akan mengupas segala yang perlu Anda ketahui tentang dedicated server—mulai dari pengetahuan dasar hingga ulasan tentang kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Dedicated Server?

Sebelum membahas apa itu dedicated server, mari bahas dulu sekilas mengenai hosting. Sederhananya, website membutuhkan physical server atau perangkat khusus yang terkoneksi dengan internet untuk menyimpan data-data situs Anda. Jadi bisa dibilang, semua situs-situs yang pernah Anda kunjungi secara online sebenarnya juga memiliki lokasi fisik, yaitu server tersebut.   

Begitu pula bagi Anda. Agar website Anda bisa diakses banyak orang, Anda juga perlu menyewa atau membeli space dalam web server, yang mana banyak disediakan oleh perusahaan web hosting. Biasanya, layanan penyedia hosting tersebut menawarkan berbagai jenis web hosting—mulai dari shared hosting server, Cloud VPS Server, hingga dedicated server.    

Nah kalau Anda memilih dedicated server, Anda akan menyewa satu server penuh untuk menjalankan website Anda.

Oleh karena itu, Anda nantinya tak perlu berbagi sumber daya server yang meliputi bandwidth, disk space, processor, RAM, dan sebagainya dengan pengguna lain.

Tidak hanya untuk website, dedicated server juga bisa dimanfaatkan untuk email, aplikasi, dan bahkan game hosting. Perlu diingat, jenis hosting ini juga hadir dengan dua tipe yang berbeda, yaitu:

  • Managed server hosting 

Jika Anda memilih managed server hosting, Anda tak perlu bersusah payah mengelola operasi server Anda sendiri. Karena mulai dari proses administrasi, manajemen, update, pemeliharaan, monitoring, sekaligus pemindaian virus hingga pengaturan konfigurasi firewall; semuanya akan ditangani oleh penyedia layanan hosting. Namun Anda tetap memiliki akses root penuh terhadap server Anda.     

  • Unmanaged server hosting

Berbeda dengan managed server hosting, tipe ini memberikan kebebasan kepada Anda untuk mengelola server Anda, termasuk pengelolaan operasi hingga pemasangan control panel sesuai dengan keinginan Anda. Tapi ingat, tipe ini lebih cocok bagi perusahaan yang memiliki technical team yang sangat menguasai seluk beluk pengoperasian server

Baca Juga: Mengenal Server: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya   

Apa Saja Kelebihan Dedicated Server?

Setelah mengenal apa itu dedicated server, mari kita ulas beberapa kelebihan yang dimiliki jenis hosting ini.  

Reliabilitas dan Performa Maksimal

Karena seluruh sumber daya server adalah milik Anda, Anda tak perlu meragukan bagaimana konektivitas, uptime, serta kecepatan website Anda nantinya. Ditambah lagi, dedicated server biasanya dilengkapi dengan unlimited bandwidth dan disk space; memberikan Anda kebebasan ekstra untuk memanfaatkan resources secara maksimal.   

Akses dan Kontrol Penuh

Anda mempunyai kontrol penuh dan fleksibilitas untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan aplikasi, software, serta mengatur kustomisasi server untuk menunjang kerja website Anda.  

Keamanan 

Karena tak berbagi server dengan pengguna lain, Anda tak perlu mengkhawatirkan adanya ancaman keamanan yang disebabkan oleh website lain. Server Anda juga dibekali dengan alamat IP unik untuk menjamin privasi dan keamanan, serta dilengkapi dengan fitur proteksi untuk melindungi website Anda dari malwares dan adwares.      

Customer Support yang Menjanjikan 

Harga dedicated server memang lebih mahal daripada tipe hosting lain. Namun hal ini sebanding dengan terjaminnya bantuan atau dukungan prima dari penyedia layanan hosting. Bisa dibilang, Anda akan menjadi pelanggan prioritas jika memilih dedicated server.

Baca Juga: Mengenal Apache: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya  

Apa Saja Kekurangan Dedicated Server?

Sebelum membuat keputusan apakah dedicated server adalah pilihan yang tepat untuk website Anda, pelajari dulu beberapa kekurangannya berikut: 

Harga 

Dedicated server adalah opsi hosting termahal. Belum lagi, Anda juga perlu merekrut tim teknis handal—yang tak bisa dipungkiri, juga akan memerlukan biaya ekstra. 

Keharusan Menguasai Sisi Teknis 

Sekali lagi, mempunyai technical team yang cakap adalah sebuah keharusan, terutama jika memilih unmanaged server hosting. Dan perlu diingat, kesalahan dalam mengelola server juga sangat rawan mengakibatkan downtime, ancaman keamanan, dan bahkan hilangnya data-data web Anda.   

Jadi, Apakah Dedicated Server adalah Opsi Terbaik untuk Anda?

Dedicated server adalah salah satu pilihan hosting paling diminati karena kemampuannya untuk menangani traffic yang tinggi, menawarkan uptime dan speed prima, hingga fitur keamanan yang sangat mumpuni.

Tapi, apakah semua website membutuhkan jenis hosting ini? Tentu tidak. Dedicated server adalah opsi yang pas untuk Anda yang mengelola toko online, website ecommerce, situs bisnis level enterprise, atau website perusahaan yang banyak melakukan transaksi finansial. 

Namun bagi situs dengan traffic rendah maupun menengah, dedicated server adalah pilihan yang kurang sesuai. Mengingat tingginya biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menikmati layanan ini, serta banyaknya resources yang nantinya malah terbuang sia-sia.

Bagaimana, tertarik menggunakan jenis hosting ini? Nah, Anda bisa menikmatinya dengan memilih paket layanan dedicated server dari GoldenFast Network, yang didukung dengan unmetered bandwidth, dedicated resources, hardware kelas atas, layanan bantuan pelanggan 24 jam, dan banyak fitur-fitur lainnya.

Selamat mencoba!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *