Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu Flowchart? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

3 min read

Apa Itu Flowchart Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Jika Anda familiar dengan programming, tentunya Anda sudah pernah tentang apa itu flowchart. Singkatnya, flowchart adalah sebuah diagram yang menunjukan flow kerja di suatu sistem.

Umumnya, flowchart berfungsi sebagai dokumentasi yang menjelaskan alur kerja logis pada sebuah sistem dan jaringan. Diagram flowchart ini digambarkan melalui simbol-simbol berbeda.

Nah jika Anda ingin tahu lebih lanjut apa itu flowchart, Anda ada di tempat yang tepat! Di artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Mulai dari pengertian, fungsi, sampai jenis-jenis flowchart yang ada saat ini.

 Yuk langsung saja kita mulai artikel ini Golden friends!

Pengertian Flowchart

Pada dasarnya, flowchart adalah sebuah diagram yang menggambarkan suatu proses, sistem, atau algoritma dari sebuah jaringan dan komputer.

Flowchart banyak digunakan di berbagai bidang untuk mendokumentasikan, mempelajari, merencanakan, dan memperbaiki sebuah proses kerja suatu sistem.

Bagan flowchart umumnya terdiri simbol-simbol flowchart seperti bentuk bangunan dua dimensi. Simbol nantinya akan dimasukan ke dalam sebuah diagram yang detail dan ringkas.

Salah satu bentuk simbol diagram alur paling umum adalah persegi panjang, oval, dan panah.  Simbol ini menentukan langkah-langkah bersamaan dengan panah yang menentukan alurnya.

Flowchart dapat berbentuk grafik diagram sederhana yang digambar dengan tangan hingga diagram complex komputer yang terdiri dari banyak proses, langkah, dan alur kerja.

Diagram flowchart ini juga merupakan salah satu diagram alur paling umum yang banyak digunakan oleh orang-orang di berbagai bidang  lho Golden friends!

Untuk membuat sebuah flowchart, Anda harus melakukan analisis step-by-step atas semua langkah dan proses yang harus ditempuh dengan prosedur yang tepat.

Diagram flowchart ini bisa digunakan dalam berbagai bidang. Contohnya untuk menyajikan prosedur alur kerja atau SOP (Standard Operating Procedure) dalam sebuah perusahaan.

Baca juga: Komputer Server: Pengertian dan Jenisnya

Fungsi Flowchart

apa itu flowchart

 

Nah setelah mengetahui pengertian dari flowchart tadi, mungkin Anda sudah mempunyai sedikit gambaran tentang fungsi dan tujuan dari diagram tersebut.

Pada dasarnya, fungsi utama flowchart adalah untuk mendeskripsikan setiap proses yang ada pada suatu sistem. Namun masih banyak tujuan yang lainnya lho Golden friends!

Berikut adalah beberapa fungsi flowchart beserta penjelasan singkatnya.

1. Mengelola Workflow

Sesuai dengan namanya, salah satu fungsi flowchart adalah untuk mengelola workflow atau alur kerja yang ada pada sebuah sistem dan proyek 

Dengan flowchart, Anda dapat mengelola integritas dan validitas dari proses dan sistem tersebut. Ini akan memberikan hasil yang diharapkan sesuai dengan prosedur.

2. Mendokumentasikan Proses

Fungsi lain dari flowchart adalah untuk mendokumentasikan dan menyimpan semua proses yang terjadi pada sebuah sistem dan proyek.

Nah, flowchart menjadi alat yang baik untuk memenuhi segala dokumentasi dan penyimpanan tersebut karena diagram alur ini lebih efisien dan tertata.

Baca juga:Protokol Jaringan: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya 

3. Melakukan Perbaikan Proses

Selain mengelola workflow dan mendokumentasikan proses, flowchart juga umumnya digunakan untuk mendeteksi kelemahan dan kekurangan dalam suatu proyek lho!

Cara flowchart membantu proses ini adalah dengan membagi setiap langkah yang ada pada sistem ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil dan detail.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memeriksa dan melakukan perbaikan dan pembaruan pada bagian yang sekiranya tidak berfungsi dengan baik. 

Jenis Flowchart

Flowchart sendiri juga mempunyai jenis-jenis berbeda yang lebih khusus sesuai dengan bidangnya lho Golden friends! Berikut adalah jenis-jenis flowchart terpopuler.

1. System Flowchart

Nah jenis flowchart yang satu ini dapat didefinisikan sebagai diagram yang menunjukan flow pekerjaan secara keseluruhan dari sebuah sistem.

Selain itu flowchart sistem juga akan mendeskripsikan urutan dan detail dari setiap prosedur dan proses yang ada di dalam sistem tersebut.

2. Document Flowchart

Flowchart dokumen yang juga sering disebut dengan paperwork flowchart adalah diagram yang berfungsi untuk menelusuri alur form dari satu bagian ke bagian yang lainnya.

Diagram flowchart menunjukan arus dari satu bagian ke bagian lainnya, termasuk bagaimana cara laporan diproses, dicatat, dan disimpan.

3. Schematic Flowchart

Alir flowchart yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan system flowchart. Tugasnya untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem dan jaringan tersebut.

Yang membedakan kedua flowchart tersebut adalah simbol-simbol  yang digunakan. Pada schematic flowchart, ada gambar komputer dan peralatan digital lainnya.

Tujuan dari simbol-simbol tersebut adalah untuk memudahkan komunikasi dengan orang-orang yang tidak paham dengan simbol-simbol flowchart tersebut.

4. Program Flowchart

Program flowchart menunjukkan aliran data saat menulis program atau algoritma Fungsinya adalah untuk menjelaskan proses dengan cepat saat mereka berkolaborasi dengan orang lain. 

Diagram alur pemrograman ini juga menganalisis logika di balik program untuk memproses kode pemrograman. Diagram alur pemrograman dapat berfungsi dengan cara yang berbeda. 

Misalnya, menganalisis kode, memvisualisasikan,mengerjakan, dan membantu mengetahui struktur aplikasi untuk menyadari bagaimana pengguna menavigasi dalam suatu alat.

5. Process Flowchart 

Process flowchart adalah diagram yang menunjukan langkah-langkah berurutan dari suatu proses dan keputusan yang diperlukan untuk membuat proses bekerja dengan baik.

Dalam bagan process flowchart, setiap langkah ditunjukkan sebagai sebuah bentuk. Bentuk ini dihubungkan oleh garis dan panah untuk menunjukkan gerakan dan arah proses.

Bagian proses flowchart distandarisasi sedemikian rupa sehingga siapapun yang memiliki pemahaman tentang bagan alur dapat melihatnya dan mengetahui proses tersebut.

Flowchart ini juga sangat mudah dibuat lho Golden friends! Anda dapat menggambarnya secara manual atau memanfaatkan perangkat lunak untuk mengembangkan diagram alur proses Anda.

Simbol-simbol Flowchart

simbol-simbol flowchart

Setiap simbol flowchart yang berbeda juga memiliki arti berbeda lho Golden friends! Berikut adalah beberapa simbol paling populer:

  • Process — simbol flowchart persegi panjang yang menunjukkan langkah aliran proses normal yang ada di dalam sebuah sistem.
  • Connector — bentuk flowchart kecil, berlabel dalam bentuk lingkaran yang digunakan untuk menunjukkan sebuah lompatan dalam aliran proses.
  • Terminator — simbol flowchart oval yang menunjukkan awal atau akhir sebuah proses dan prosedur.
  • Decision — bentuk flowchart alir berlian yang menunjukkan percabangan dan situasi-situasi berbeda dalam sebuah aliran proses.
  • Data — simbol flowchart jajar genjang yang menunjukkan input atau output data (I/O) dalam suatu sistem atau proses.
  • Document —  bentuk flowchart yang digunakan untuk menunjukkan sebuah dokumen atau laporan dari suatu proses, bisa dalam bentuk print out.
  • Flow — simbol yang menentukan arah alur dalam suatu sistem dan prosedur.
  • Off-page connector — sebuah penghubung alur dalam halaman yang berbeda.
  • On-page connector —  simbol penghubung alur dalam halaman yang sama.

Penutup

Singkatnya, flowchart adalah diagram yang menggambarkan suatu proses, sistem, atau algoritma di sebuah jaringan dan komputer.

Di artikel ini kami telah membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang flowchart. Mulai dari pengertian, fungsi, simbol, sampai cara kerjanya.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang apa itu flowchart, jangan lupa tinggalkan pesan pada kolom komentar.

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik Indonesia, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang digital marketing, web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.