Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu FTP: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya 

4 min read

Apa Itu FTP Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

File transfer protocol atau FTP adalah sebuah protokol internet yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer file antar server melalui suatu jaringan dengan koneksi TCP.

Jika Anda sering berhubungan dengan server dan dunia informasi teknologi, tentunya istilah FTP sudah tidak asing lagi. 

Pasalnya saat ini FTP adalah salah satu protokol transfer yang paling sering digunakan untuk melakukan pertukaran data. 

Alasannya karena melakukan transfer file melalui FTP memang lebih mudah dibandingkan melalui perangkat lainnya. Lebih kerennya lagi, Anda bisa melakukannya dari jarak jauh.

Nah jika Anda ingin tahu lebih dalam lagi tentang FTP, artikel kali ini akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya. Mulai dari pengertian, fungsi, dan cara menggunakanya.

Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian & Fungsi FTP

Sesuai dengan namanya, File Transfer Protocol atau disingkat FTP adalah protokol standar yang digunakan untuk mentransfer data antar komputer melalui koneksi internet.

Tentunya Anda tahu kan sebagai pemilik website bahwa semua data yang ditampilkan di situs Anda tersimpan pada server web hosting Anda?

Apa Itu FTP Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Nah Anda bisa memanfaatkan FTP untuk mengkoneksikan komputer Anda dengan perangkat web server hosting Anda dan mengakses semua data web Anda secara remote.   

Nah tapi, apakah semua pengguna internet nantinya bisa mengakses data web Anda melalui FTP server? 

Tentu tidak. Setiap pengguna harus memiliki izin terlebih dahulu untuk bisa terkoneksi dengan FTP server; yakni dengan memasukan username dan password yang dibutuhkan

Umumnya, Anda bisa menemukan kredensial login ini pada fitur FTP details yang ada pada kontrol panel hosting Anda.

Baca Juga: Mengenal Server: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Kelebihan FTP

Nah setelah tahu pengertian dan fungsi dari FTP, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari protokol transfer ini.

  • Transfer data dengan skala besar — dengan bantuan FTP, Anda bisa mentransfer data berukuran besar sampai ratusan gigabytes dengan mudah dan cepat. 
  • Lebih efisiens — Anda juga hanya bisa mengirimkan banyak single file, namun juga sejumlah folder dalam waktu bersamaan. 
  • Fitur Pemulihan ada juga mempunyai fitur backup otomatis yang bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan data-data penting perusahaan karena kebakaran, banjir, atau hambatan-hambatan lainnya.
  • Multitasking — FTP juga bisa digunakan untuk menerima/mengunduh data dari perangkat lain.
  • Transfer Data Tanpa Hambatan  — berkat fitur resume, Anda tidak perlu risau jika koneksi internet Anda hilang atau perangkat Anda reboot di tengah proses transfer.
  • Fitur scheduling banyak FTP client software yang hadir dengan fitur scheduling. Jadi Anda akan bisa mengatur jadwal transfer sehingga tidak akan mengganggu alur kerja maupun hari libur Anda.  

Kekurangan FTP

Meski mempunyai banyak kelebihan, FTP juga mempunyai beberapa kekurangan loh Golden friends! Berikut adalah beberapa kekurangan dari FTP

  • Kurang aman — semua data yang ditransfer melalui FTP dikirimkan dalam bentuk plain text dan tidak terenkripsi dengan baik. Artinya, para hacker akan mudah mengakses seluruh data tersebut. 
  • Aplikasi FTP mungkin tidak aman —  jika Anda tidak berhati-hati memilih layanan FTP, data Anda rawan terkena berbagai ancaman seperti bounce attacks, spoof attacks, dan packet sniffing
  • Non-beginner friendly tool — FTP cenderung sulit dioperasikan, terutama bagi pengguna yang tidak mempunyai latar belakang IT yang cukup.
  • Tidak bisa melacak proses transfer — ketika mengirim data, Anda tidak bisa memonitor proses transfer; sehingga akan lebih sulit mengetahui files apa saja yang sudah berhasil diunggah ke remote system

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Data Center [Pembahasan Lengkap]

Cara Menggunakan FTP Client

Beberapa metode untuk menghubungkan komputer Anda dengan FTP server adalah sebagai berikut: 

  1. Menggunakan web browser, yakni dengan menulis ftp://ftp.namadomain.com. Jangan lupa mengubah namadomain.com dengan URL website Anda.  
  2. Memanfaatkan command prompt (Windows) dan terminal (Mac/Linux). 
  3. Melalui FTP clients software pihak ketiga seperti FileZilla.

FileZilla adalah FTP client bersifat open-source yang bisa digunakan untuk perangkat Windows, Linux, dan Mac. 

Selain menjadi salah satu aplikasi FTP paling populer saat ini, FileZilla juga bisa digunakan secara gratis loh Golden friends! Berikut adalah tutorial singkat cara menggunakannya:

  1. Download FileZilla pada official website nya disini.
  2. Buka kontrol panel akun hosting Anda. 
  3. Disini kami menggunakan cPanel sebagai contoh. Buka menu FTP accounts yang berada dibawah bagian Files.
  4. Pada menu tersebut, Anda bisa membuat FTP akun baru atau melihat informasi login FTP yang sudah ada pada web server Anda.
  5. Catat hostnames, username, dan password yang ada pada informasi tersebut.
  6. Selanjutnya, install dan buka FileZilla pada komputer Anda.

Untuk menambahkan sebuah situs ke FileZilla, akses menu Site Manager yang ada pada bagian kiri atas jendela FileZilla. 

Selanjutnya, tekan menu New Site pada Site manager dan isi detail-detail yang diperlukan. Berikut adalah penjelasan singkat akan semua menu yang ada pada halaman tersebut:

  • Host — hostname yang ada pada informasi login FTP accounts Anda.
  • Port — port default koneksi FTP adalah 21, Anda juga bisa tidak mengisi kolom ini.
  • Protocol — pilih FTP – File Transfer Protocol sebagai protokol standar untuk melakukan transfer file.
  • Encryption — pilihan bagaimana data yang dikirim akan di enkripsi, untuk menggunakan FTP, Anda bisa memilih Only use plain FTP (insecure).
  • Login type — jenis login
  • Anonymous — Anda tidak harus memasukan username atau password.
  • Normal — Anda harus memasukan username dan password dari informasi login FTP.
  • User — FTP user yang digunakan saat melakukan koneksi FTP dengan web server.
  • Password — password yang ada pada informasi login FTP.
  • Interactive — FileZilla akan selalu meminta password setiap terjadi koneksi baru.

Nah langkah selanjutnya, Anda hanya perlu menentukan jenis login ke normal dan masukan username, password, dan host yang ada pada informasi login FTP > Connect.

Jika koneksi berhasil terjadi, Anda akan langsung bisa melihat daftar dua direktori dari server FTP Anda: Local Site & Remote Site.

FTP Clients Software Terbaik

Selain FileZilla, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa FTP clients software dibawah ini untuk mengakses data web Anda dengan mudah:

  • CyberduckGratis. Cyberduck bisa digunakan di perangkat Windows dan Mac. Software ini menawarkan tampilan yang ramah pengguna dan bisa terkoneksi dengan berbagai layanan servers, cloud storage, maupun file sharing
  • WinSCPGratis. Selain protokol FTP, WinSCP juga mendukung FTPS, SCP, SFTP, dan S3. Software ini hanya bisa digunakan di Windows.   
  • Free FTPGratis dan berbayar ($39). Free FTP hadir dengan tampilan sederhana, rapi, dan ramah pengguna. Yang spesial, software ini menawarkan fitur bookmark untuk membantu Anda mengorganisasi files dan folders dengan lebih mudah.  
  • Transmit 5Gratis dan berbayar ($45). Transmit 5 merupakan opsi terpopuler bagi pengguna Mac OS. Software ini mendukung koneksi FTP, SSH, SFTP, dan FTPs. 
  • CuteFTPBerbayar (mulai dari $59.99). CuteFTP dibekali dengan fitur mumpuni seperti OpenPGP encryption, scheduling, syncing, dan backups. Software premium ini bisa digunakan di perangkat Windows dan Mac.  

Kesimpulan

Singkatnya, FTP adalah salah satu jenis protokol internet yang digunakan untuk mengunduh dan mengunduh data dari satu perangkat komputer ke perangkat lain dengan mudah. 

Bagi webmaster, FTP menawarkan beberapa fungsi yang menjanjikan; seperti kemudahan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tema, plugin, dan bahkan menginstal WordPress secara manual. 

Selanjutnya agar keamanan data hosting Anda lebih terjamin, Anda juga bisa memanfaatkan layanan FTP backup dari GoldenFast Network; yang menawarkan disk space hingga 7.2TB. Di samping itu,

Anda juga bisa meningkatkan proteksi dan keamanan server Anda dengan menempatkannya di data center Indonesia terbaik melalui layanan colocation server dari GoldenFast Network.

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *