Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Gateway: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

3 min read

Gateway Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Jika Anda sering berurusan dengan jaringan komputer, pastinya Anda pernah mendengar istilah gateway sebelumnya. Gateway adalah sistem perantara antara satu jaringan ke jaringan lain.

Jaringan gateway menghubungkan jaringan komputer Anda dengan jaringan lain di internet. Sehingga perangkat Anda dapat berkomunikasi dengan komputer di jaringan lain. 

Tanpa gateway, Anda tidak dapat mengakses internet, berkomunikasi, dan mengirim data melalui internet. Nah, jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang gateway, Anda beruntung!

Di artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang gateway. Mulai dari pengertian, fungsi, sampai cara kerjanya. Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Gateway

Singkatnya, gateway adalah node jaringan yang membentuk jalur koneksi antara dua atau beberapa jaringan yang beroperasi dengan protokol transmisi yang berbeda.

Setiap perangkat di internet memang mempunyai mempunyai protokol komunikasi yang berbeda. Nah tugas gateway adalah memfasilitasi hubungan antar kedua perangkat tersebut.

Salah satu contoh perangkat dan jaringan gateway adalah komputer server utama pada sebuah perusahaan yang mengarahkan trafik dari workstation ke jaringan luar.

Contoh lainnya adalah router dan ISP (penyedia layanan internet) pada koneksi internet rumah yang memberi Anda akses ke seluruh world wide web.

Gateway bisa berupa perangkat lunak, perangkat keras, atau kombinasi keduanya. Gateway umumnya digunakan pada jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network).

Saat sebuah komputer server bertindak sebagai gateway, perangkat itu juga akan beroperasi sebagai firewall dan server proxy pada jaringan tersebut.

Firewall mencegah lalu lintas yang tidak diinginkan pada jaringan tersebut. Sedangkan, proxy memastikan server dapat menangani semua permintaan Anda.

Baca juga: Protokol Jaringan: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Tipe-tipe Gateway

Sebenarnya gateway juga mempunyai banyak tipe yang berbeda lho Golden friends! Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Network gateway — jenis gateway paling umum yang menyediakan interface antara dua jaringan yang beroperasi dengan protokol berbeda. Setiap kali istilah gateway disebutkan tanpa menentukan jenisnya, itu biasanya merujuk ke network.   
  • Cloud storage gateway — gateway ini adalah node jaringan atau server yang menerjemahkan permintaan penyimpanan dengan panggilan API layanan penyimpanan cloud yang berbeda, seperti SOAP (Simple Object Access Protocol) dan REST. 
  • IoT gateway — IoT (internet of things) gateway mengasimilasi data sensor dari perangkat IoT dan menerjemahkan antar protokol sensor sebelum menghubungkan dan mengirimkannya ke jaringan cloud.
  • VoiP Trunk gateway — jenis gateway yang satu ini bertugas untuk memfasilitasi transmisi data antara perangkat layanan telepon lama biasa (POTS) seperti telepon rumah dan mesin faks, dengan jaringan VoIP (voice over Internet Protocol).

Sedangkan, berdasarkan arah aliran data, gateway secara luas dibagi menjadi dua kategori:

  • Unidirectional gateway — jenis aliran ini memungkinkan semua data mengalir hanya dalam satu arah. Perubahan yang dibuat di node sumber direplikasi di node tujuan, tetapi tidak sebaliknya. Unidirectional gateway digunakan sebagai alat pengarsipan.
  • Bidirectional gateway — sesuai dengan namanya, aliran bidirectional memungkinkan data mengalir ke kedua arah. Jenis aliran ini dapat digunakan sebagai alat sinkronisasi.

Baca juga: 7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya

Fungsi Gateway

fungsi gateway.png

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenis dari gateway, tentunya Anda penasaran apa saja fungsi dari gateway bukan Golden friends?

Pada dasarnya, gateway memiliki berbagai macam fungsi seperti sebagai konversi protokol dan lain sebagainya. Nah berikut adalah penjelasan singkat tentang beberapa fungsi gateway!

1. Sebagai Konversi Protokol

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu fungsi utama dari gateway adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan dengan protokol yang berbeda.

Tugas gateway disini adalah untuk memastikan bahwa semua jaringan dan perangkat dengan protokol yang berbeda-beda ini dapat terhubung dengan baik.

Jaringan gateway bahkan juga bisa diimplementasikan pada tiap tingkat berbeda di model jaringan OSI (open system interconnection).

2. Memudahkan Akses Informasi

Tanpa adanya gateway, Anda tidak akan bisa mengakses dan membuka informasi yang ada di internet dengan mudah. Gateway memudahkan pertukaran data dan informasi secara online.

Contohnya ketika Anda ingin mengetahui pengertian dari suatu hal, pastinya Anda akan menuju Google untuk membaca artikel-artikel yang ada pada halaman pencarian Google bukan?

Saat Anda melakukan itu, perangkat Anda terhubung ke jaringan internet dan Google melalui beberapa gateway mulai dari network, internet, dan lain-lain.

3. Memudahkan Pengaturan Data

Dalam sebuah lingkup perusahaan atau organisasi yang bergantung pada sistem komputer, penggunaan gateway sangat penting untuk memastikan proses bisnis yang lancar.

Gateway membantu administrator untuk mengelola dan mengatur data-data antar jaringan komputer dengan lebih mudah karena semua perangkat di dalamnya akan saling terhubung.

4. Meningkatkan Kinerja Komputasi

Gateway bisa digunakan untuk meningkatkan performa dan stabilitas komputasi sebuah perusahaan dan organisasi lho Golden friends.

Di sini tugas gateway adalah memberikan dan membagi tugas komputasi berlebih pada suatu perangkat ke komputer lain yang ada pada sistem jaringan tersebut.

Cara Kerja Gateway

Nah cara kerja gateway sendiri juga sebenarnya sangat sederhana lho Golden friends! Sesuai dengan namanya, gateway bekerja layaknya gerbang pintu masuk yang melakukan koneksi.

Setiap jaringan komputer mempunyai paling tidak dua jenis gateway interface yang nantinya akan menghubungkan kedua jaringan tersebut untuk melakukan proses transfer data. 

Sebagai contoh ketika Anda membuka sebuah alamat website, web browser Anda akan melewati gateway yang nantinya akan memberikan arahan paket itu sampai ke tujuan.

Jadi, Apa Itu Gateway?

Singkatnya, gateway adalah salah satu komponen terpenting pada jaringan internet. Tanpa gateway, Anda tidak akan bisa berkomunikasi dan mengirim data melalui internet.

Nah di artikel kali ini kami telah membahas apa itu gateway secara lengkap — mulai dari pengertian, tipe-tipenya, fungsi, dan cara kerjanya. Menarik bukan Golden friends?

Ternyata tanpa kita sadari gateway mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari di dunia yang penuh dengan perkembangan teknologi pesat saat ini.

Semoga bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan tentang apa itu gateway, jangan ragu untuk tinggalkan pesan di kolom komentar ya.

Sistem jaringan gateway juga bisa digunakan pada server lho Golden friends! Seperti pada beberapa pilihan layanan server murah terbaik dari GoldenFast Network. 

Mulai dari dedicated server, colocation server, maupun VPS server, semua layanan GoldenFast Network dibekali dengan hardware kelas enterprise, dan 24/7 customer service.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.