Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Google Cloud Platform: Jenis Layanan & Kelebihannya

3 min read

Google Cloud Platform - Mengenal Jenis Layanan & Kelebihannya

Tahun 2020 lalu, perusahaan mesin pencari terkenal, Google Inc resmi rilis layanan cloud computing Google Cloud Platform di Jakarta, Indonesia.

Platform Google Cloud menawarkan layanan komputasi, storage, jaringan, big data, machine learning, internet of things, manajemen cloud, dan masih banyak lagi.

Platform cloud keluaran Google ini memang sangat berguna untuk meningkatkan efektifitas bisnis di Indonesia. Nah jika Anda ingin tahu lebih lanjut, Anda beruntung!

Di artikel kali ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang Platform Google Cloud. Mulai dari pengertian, jenis layanan, sampai kelebihannya.

Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Google Cloud Platform

Singkatnya, GCP atau Google Cloud Platform adalah layanan komputasi awan publik  yang dikembangkan Google sejak 2008.

Layanan yang berjalan pada perangkat keras Google ini memberikan lebih dari 200 layanan komputasi awan, seperti penyimpanan, pengembangan data. 

Tidak hanya itu, layanan GCP juga dapat digunakan untuk membuat infrastruktur yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis individu.

GCP biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan, IT professional, dan developer untuk bekerja lebih efisien, fleksibel, dan strategis.

Layanan Google Cloud Platform ini dapat diakses melalui koneksi jaringan publik maupun jaringan private perusahaan. 

Solusi GCP memang sangat fleksibel dalam hal skalabilitas dan mudah adaptasi pada persyaratan sistem apapun.

GCP juga menjamin pengendalian biaya “pay-as-go” yang efektif dan terjangkau, berdasarkan penggunaan sumber daya yang digunakan user lho Golden friends!

Baca juga: Cloud Server: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Cara Kerja Google Platform

Layanan cloud computing memungkinkan perangkat hardware dan software untuk coexist dan bekerja berdampingan secara remote di beberapa data center.

Kedua perangkat ini bekerja sama untuk memberikan layanan tertentu. Pengguna dapat mengakses alat yang mereka butuhkan melalui web-based interface.

Nah, sistem ini juga berlaku untuk layanan Google Cloud pada skalabilitas dan fleksibilitas yang lebih luas, Golden friends!

Dengan layanan GCP, User dapat memanfaatkan sumber daya yang berbeda untuk mengembangkan infrastruktur yang mereka butuhkan.

Caranya cukup mudah. User hanya butuh memilih layanan GCP yang dibutuhkan dan membuat proyeknya melalui console platform tersebut.

Selain itu, pemilik proyek bisa menentukan anggota tim dan admin yang memiliki akses ke layanan dan aplikasi  yang sedang dikembangkan.

Jenis Layanan GCP

jenis layanan google cloud platform

Ada banyak jenis layanan Platform Google Cloud. Berikut adalah layanan utama yang ditawarkan GCP kepada pelanggannya:

Google Compute Engine

Compute Engine (GCE) adalah layanan infrastruktur Google berbasis IaaS yang menyediakan mesin virtual instan untuk menghosting workload kepada pengguna.

Di pusat data, beban kerja dari aplikasi dan layanan dijalankan pada platform berbasis perangkat lunak yang dapat dipindahkan dari satu mesin fisik ke mesin lainnya.

Sedangkan, beberapa virtual machine dapat di-host pada satu server fisik, meningkatkan efisiensi. Konsep VM dibuat untuk memungkinkan portabilitas dalam pusat data.

Google Cloud Storage

Storage Google Cloud adalah platform penyimpanan cloud yang dirancang untuk menyimpan kumpulan data yang besar dan tidak terstruktur. 

Google sendiri juga menawarkan opsi penyimpanan database seperti Cloud Datastore, Cloud SQL, dan database asli Google Cloud Bigtable.

Cloud App Engine

Google App Engine adalah produk Platform as a Service (PaaS) yang memungkinkan web developer dan perusahaan mengakses hosting Google dan layanan Internet tingkat 1.

App Engine mengharuskan aplikasi ditulis dalam Java atau Python, menyimpan data di Google BigTable, dan menggunakan bahasa kueri Google.

Google App Engine menyediakan lebih banyak infrastruktur daripada layanan hosting scalable lainnya seperti Amazon Elastic Compute Cloud (EC2). 

App Engine juga menghilangkan beberapa administrasi sistem dan tugas pengembangan untuk mempermudah penulisan aplikasi yang dapat diskalakan.

Google Container Engine

Container engine adalah sistem pengelolaan dan orkestrasi untuk container Docker yang berjalan dalam cloud publik Google. 

Google Container Engine didasarkan pada mesin orkestrasi container Google Kubernetes.

Kelebihan Google Cloud Platform

Setelah mengerti pengertian dan jenis Google Cloud service, saatnya Anda mengetahui beberapa manfaat dan kelebihannya.

1. Fleksibel 

Berkat banyaknya layanan yang tersedia, Infrastruktur GCP bisa dengan mudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan bisnis pengguna  

Cloud environment dapat diatur dan diubah secara bebas dengan cara menghapus dan memilih layanan yang paling dibutuhkan bisnis.

Dengan cara ini, setiap bisnis dapat menciptakan infrastruktur yang dapat membuat pengembangan produk lebih cepat dan stabil.

2. Aman

Salah satu kelebihan dan manfaat terbaik dari  Google Cloud dalah keamanan platform computing awan tersebut.

Pasalnya, Google memang telah mengembangkan teknologi keamanan selama 15 tahun terakhir untuk mengamankan semua layanannya.

Bahkan, perusahaan mesin pencari ini saat ini mempekerjakan lebih dari 500 spesialis keamanan lho Golden friends!

Tidak hanya itu,  Google Cloud Platform juga diaudit secara berkala untuk memastikan platform ini mempunyai standar keamanan Google.

3. Terjangkau

Google Cloud Platform mengumpulkan semua informasi dan laporan terkait penggunaan sumber daya secara transparan dalam bentuk panel, diagram, dan tabel.

Di dalam laporan tersebut, pengguna dapat melihat sisa anggaran, penggunaan saat itu, dan indikasi biaya pada layanan dan project tertentu.

Bahkan, pengguna platform ini juga bisa digunakan untuk membuat kontrol anggaran dan peringatan penggunaan lho Golden friends!

Nah, sistem pay-as-you-go inilah yang membuat Google Cloud Platform lebih terjangkau untuk perusahaan dan bisnis Anda.

4.  Skalabilitas Tinggi

Berkat akses tak terbatas ke berbagai sumber daya, jaringan cloud dapat dengan mudah di upgrade, tidak seperti server hosting atau server pribadi. 

Jaringan cloud bisa dengan dengan mudah menangani lalu lintas website dan aplikasi Anda, mulai dari 100 sampai 1 juta pengunjung.

Bahkan, menggunakan Google App Engine, GCP bisa menangani traffic tersebut tanpa mengurangi kecepatan atau stabilitas lho Golden friends!

Tidak hanya, jumlah virtual machine dan parameter Google Cloud ini dapat diatur untuk beradaptasi dengan lalu lintas secara otomatis.

Penutup

Nah itu tadi pembahasan lengkap tentang Google Cloud Platform. Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk tinggalkan pesan di bawah Golden friends!

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda membutuhkan pilihan jaringan cloud terbaik selain Google Cloud Platform, GoldenFast Network punya solusinya!

Dengan 135 ribu, Anda bisa mendapatkan layanan server Cloud VPS Corporate dengan 25 GB RAID 10 Storage, 1GB RAM, unmetered bandwidth, dan 1 CPU Core.

Tidak hanya itu, semua layanan GFN hadir dengan fasilitas 24/4 monitoring, 24/7 customer service, serta banyak fitur dan fasilitas terbaik lainnya.

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

2 Replies to “Google Cloud Platform: Jenis Layanan & Kelebihannya”

    1. Jika masih dalam masa tenggang, umumnya data masih akan disimpan untuk sementara kak di google cloud. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *