Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya

3 min read

Jenis Aplikasi Server

Aplikasi server adalah sebuah aplikasi komputer yang berfungsi untuk melayani dan memenuhi permintaan yang berasal dari client. 

Server sendiri adalah sebuah sistem yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. 

Sistem server biasanya didukung dengan prosesor, RAM, dan sistem operasi khusus yang telah ditentukan oleh penyedia server sebelumnya.

Untuk bisa melayani semua permintaan dari klien dengan baik, server memerlukan aplikasi server yang terdiri dari beberapa jenis yang berbeda.

Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa jenis aplikasi server terbaik beserta fungsinya. 

Namun sebelumnya kami juga akan membahas dengan singkat pengertian dan fungsi dari server. Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Server

Singkatnya, server adalah sebuah perangkat komputer dengan perangkat khusus yang berfungsi untuk mengelola komputer lain (clients) dalam satu jaringan network.

Umumnya, server adalah komputer yang memiliki spesifikasi tertinggi diantara komputer lain (clients) di jaringan tersebut. 

Oleh karena itu, sebuah server bisa digunakan untuk mengontrol sumber daya (resources), menyediakan layanan yang dibutuhkan, hingga mengatur lalu lintas data pada jaringan.

Fungsi Server

Server juga memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti:

  • Menyimpan berbagai file dan data yang bisa diakses secara remote melalui FTP client.
  • Menyediakan sumber daya dan layanan yang dibutuhkan oleh komputer klien.
  • Menyimpan data atau file penting semua komputer client yang terhubung pada jaringan komputer yang sama.
  • Menyediakan fitur keamanan yang tepat untuk komputer client agar terhindar dari serangan virus dan malware.
  • Mengatur hak akses tiap komputer klien pada data yang tersimpan pada jaringan komputer tersebut.

Baca juga: Mengenal Server: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Jenis Aplikasi Server

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis aplikasi server yang perlu Anda ketahui!

VPN (virtual private network)

Jenis aplikasi server yang pertama adalah VPN yang merupakan singkatan dari virtual private network. Sesuai namanya, VPN adalah koneksi private yang aman antar dua jaringan internet.

VPN menghubungkan perangkat Anda ke jaringan internet publik melalui koneksi yang lebih aman dengan memanfaatkan teknologi tunneling dan enkripsi.

Cara kerja VPN juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi VPN gratis maupun berbayar yang ada di internet dan Anda bisa langsung terhubung.

Web Server

Jenis aplikasi server lainnya adalah web server yang bertugas untuk menyimpan dan mengirimkan semua konten website kepada perangkat client yang meminta request access.

Web server terdiri dari software dan hardware. Dalam sisi hardware, web server adalah perangkat fisik dimana semua file Anda tersimpan. Contohnya adalah CPU, RAM, dan storage.

Sedangkan, dalam sisi software, web server adalah program yang dirancang untuk menjalankan komunikasi antara server dan clients. Program ini mengontrol semua pengaturan yang ada pada server.

Baca juga: Pengertian Load Balancing dan Manfaatnya untuk Server

Domain Name Server

Seperti namanya, domain name server adalah jenis server yang berfungsi sebagai layanan informasi domain. 

DNS bertugas untuk menerjemahkan nama host atau domain ke IP address yang komputer atau server gunakan untuk menemukan sebuah website.

Cara kerjanya cukup sederhana. Saat client mencoba untuk membuka alamat domain tertentu, server DNS akan mengubah nama domain tersebut ke IP address.

Misalnya, saat Anda mencoba membuka alamat Facebook.com di browser Anda, DNS akan secara otomatis mengganti domain tersebut ke IP yang bersangkutan.

Baca juga: DNS: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Proxy Server

Jenis aplikasi server lainnya adalah proxy server. Aplikasi ini mempunyai fungsi atas penengah yang melayani request dari komputer client yang mencari resources dari server lain.

Proxy server mempunyai banyak fungsi, beberapa diantaranya adalah mempercepat akses internet, mengatur bandwidth, memblokir situs, dan menghindari malware.

Aplikasi server yang satu ini mempunyai lebih banyak manfaat daripada router karena beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang menyeluruh pada jaringan.

Database Server

Sesuai dengan namanya, database server adalah jenis aplikasi server yang mengatur penyimpanan dan pengolahan data pada sebuah jaringan komputer.

Database server biasanya melayani permintaan client seperti insert, delete, update, drop, dan lain-lain. Beberapa jenis aplikasi database server adalah MySQL database dan Microsoft SQL.

FTP Server

File Transfer Protocol adalah aplikasi server yang digunakan untuk membuat koneksi remote ke sebuah server atau komputer.

Melalui FTP, user bisa dengan mudah mengirim dan mengakses file yang ada pada server tanpa harus menggunakan perangkat kabel dan server fisik.

Saat ini, FTP banyak digunakan untuk melakukan pertukaran data antar server karena penggunaannya yang terlampau mudah dan cepat.

Mail Server

Sesuai dengan namanya, jenis aplikasi server yang satu ini adalah server yang berhubungan dengan surat elektronik atau email.

Fungsi utama dari mail server adalah untuk menampung dan mendistribusikan email dalam suatu jaringan server.

Namun mail server juga mempunyai layanan pendukung yang memungkinkan user untuk mengolah, mengatur, atau menulis surat elektronik tersebut.

Beberapa komponen dari mail server adalah MTA (mail transfer agent), MUA (Mail User Agent), dan MDA (Mail Delivery Agent).

Baca juga: Mengenal Mail Server: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

DHCP Server

Dynamic host configuration protocol atau yang disebut juga dengan DHCP adalah protokol yang digunakan untuk memudahkan penyebaran alamat IP ke beberapa perangkat secara otomatis.

Tanpa DHCP, Anda harus melakukan konfigurasi secara manual pada setiap komputer untuk mendapatkan alamat IP yang berbeda.

Selain itu, aplikasi server DHCP juga mempunyai banyak fungsi lainnya seperti mencegah IP conflict, memperbarui alamat IP secara otomatis, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengenal DHCP Server & Manfaatnya Bagi Jaringan

Penutup

Nah itu tadi pembahasan dan daftar aplikasi server yang perlu Anda tahu, Golden friends! Bagaimana? Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi server sebelumnya?

Jika Anda ingin belajar lebih jauh tentang server, semua hal seputar IT lainnya, jangan lupa untuk kunjungi blog GoldenFast Network untuk belajar lebih banyak ya!

Selain menyediakan artikel-artikel bermanfaat tentang informasi teknologi, GoldenFast Network juga menyediakan segala jenis server untuk kebutuhan Anda loh.

Mulai dari dedicated server, colocation server, sampai VPS cloud server, semua layanan GFN dilengkapi dengan hardware kelas enterprise dan juga 24/7 monitoring & support.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika masih ada pertanyaan tentang aplikasi server, jangan sungkan untuk tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

2 Replies to “7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published.