Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Komputer Server: Pengertian dan Jenisnya

3 min read

Komputer server adalah perangkat induk yang digunakan untuk mengelola sebuah jaringan dan sistem — baik itu lokal maupun online. 

Umumnya, pada sebuah jaringan ada dua jenis komputer yang saling terkait satu sama lain namun tetap berbeda: komputer server dan komputer client. 

Nah jika Anda ingin mengetahui pengertian komputer server lebih dalam lagi dan perbedaannya dengan komputer client, Anda berada di tempat yang tepat.

Artikel ini akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang komputer server. Mulai dari pengertian, fungsi, sampai jenis-jenisnya. Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Komputer Server

Singkatnya, komputer server adalah perangkat yang bertugas untuk mengelola segala aktivitas yang ada pada sebuah sistem dan jaringan.

Sebuah komputer server umumnya terhubung ke workstation atau jaringan komputer lainnya yang juga sering disebut dengan komputer client.

Komputer client inilah yang nantinya akan meminta informasi dan data dari komputer server melalui internet. Data ini bisa berupa gambar, text file, video, dan lain sebagainya.

Pengertian Komputer Server

Nah, tugas komputer server disini adalah untuk melayani dan menjawab semua request (permintaan) dari komputer client tersebut. 

Nah untuk membantu Anda mengenal komputer server lebih lanjut. Berikut adalah beberapa

karakteristik komputer server yang lainnya:

  • Sistem operasi khusus — komputer server biasanya memiliki sistem operasi khusus server seperti Microsoft Windows Server, Ubuntu Server, CentOS server, Unix Server, dan lain sebagainya.
  • Spesifikasi tinggi — sebagai pusat penyimpanan data dan informasi, komputer server umumnya menawarkan spesifikasi yang cukup tinggi dan terbukti handal untuk menjalankan program dan sistem berat.
  • Berdiri sendiri — komputer server adalah perangkat utama pada sebuah sistem dan jaringan komputer. Oleh karena itu, umumnya komputer server bisa berdiri sendiri tanpa adanya komputer client atau perangkat lainnya.

Baca juga: Mengenal Server: Pengertian, Jenis, Manfaat, & Jenisnya

Cara Kerja Komputer Server

Cara kerja komputer server sendiri pun juga berbeda tergantung dengan network atau jaringan yang digunakan. Berikut adalah beberapa hubungan jaringan yang ada:

Peer-to-peer 

Dalam jaringan peer-to-peer, setiap workstation memainkan peran klien dan server. Servernya adalah komputer yang memberikan informasi atau layanan ke komputer lain. 

Jaringan peer-to-peer bergantung satu sama lain untuk menyediakan dan berbagi informasi dan layanan. Jaringan ini biasanya hanya digunakan di kantor atau rumah kecil.

Client dan Server

Dalam jaringan client dan server, terdapat salah satu perangkat utama yang berfungsi untuk menyimpan dan menyediakan layanan ke komputer lainnya.

Perangkat utama yang menjawab semua permintaan ini adalah komputer server. Sedangkan, perangkat yang meminta data dan informasi ini bernama komputer client.

Baca juga: Remote Server: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Jenis-Jenis Komputer Server

Komputer server sendiri juga memiliki banyak jenis dan tipe yang berbeda lho Golden friends! Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Web Server

Web server adalah jenis komputer server yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola data-data sebuah website agar bisa online di internet.

Server web akan menghubungkan semua data website yang tersimpan di internet ke komputer client yang mengaksesnya melalui domain name dan browser.

Tipe komputer server yang satu ini termasuk salah satu tipe server paling umum dan banyak digunakan. Baik secara pribadi maupun commercial seperti layanan penyedia hosting.

Baca juga: 7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya

2. Email Server

Mail server adalah jaringan server yang berfungsi untuk menyimpan, mengirim, dan memfasilitasi layanan surat elektronik melalui platform penyedia email.

Email server ini umumnya tidak terhubung ke jaringan sepanjang waktu. Jadi, pengguna dapat mengakses email tanpa harus menjalankan sistem yang berbeda.

Penyedia layanan email seperti Gmail dan Yahoo terhubung dengan server mail IMAP/POP3  dan SMTP untuk mengunduh pesan-pesan elektronik dan mengirimnya ke alamat tujuan.

3. Proxy Server

Singkatnya, server proxy bertindak sebagai jembatan antara sebuah komputer server dan client. Server ini berlaku sebagai lapisan keamanan ekstra.

Proxy akan menyaring dan mengirimkan data dari sumber ke alamat IP komputer melalui server itu sendiri. Proses ini memastikan data yang terkirim lebih aman dan terjamin.

4. FTP (file transfer protocol) Server

Server FTP (file transfer protocol) umumnya digunakan untuk mengakses dan memindahkan file dari satu komputer server ke perangkat yang lainnya.

Proses ini dilakukan secara remote atau jarak jauh. Jadi, pengguna tidak perlu pergi ke lokasi server untuk melakukan pengelolaan dan pemindahan data.

Baca juga: Protokol Jaringan: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

5. Virtual Machine

Sesuai dengan namanya, virtual machine menyimpan dan menghubungkan data melalui ruang penyimpanan virtual seperti cloud network.

Melalui virtual machine, pengguna bisa menjalankan aplikasi, program, maupun script pada beberapa sistem operasi melalui satu perangkat tunggal.  

Berkat harga dan keefektifannya, server virtual machine umumnya banyak digunakan untuk memfasilitasi penyimpanan dan juga pemindahan data.

Baca juga: Virtual Machine: Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

6. Database Server

Server database berfungsi sebagai tempat penyimpanan data online yang banyak digunakan oleh sebuah organisasi dan perusahaan.

Komputer server ini umumnya mempunyai kapasitas ukuran file yang besar untuk menjalankan semua program dan software yang dibutuhkan.

7. File Server

Meskipun sama-sama digunakan untuk menyimpan dan mengelola data, file server tidak bisa disamakan dengan database server lho! 

Tipe komputer yang satu ini memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses dan mengelola semua data yang ada di dalamnya.

 Untuk itu, penggunaan file server ini pun dikenal lebih efektif dan mudah. File server umumnya digunakan organisasi dengan banyak user.

Baca juga: Fungsi & Spesifikasi Komputer Server Paling Tepat

Jadi, Apa Itu Komputer Server?

Nah itu tadi pembahasan tentang pengertian dari komputer server, cara kerja, dan jenis-jenisnya Golden friends! 

Singkatnya, komputer server adalah perangkat utama yang memfasilitasi segala proses dan aktivitas pada sebuah jaringan server.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan tentang komputer server, jangan ragu untuk tinggalkan pesan di kolom komentar.

Jika Anda membutuhkan sebuah komputer server yang mumpuni, Golden Fast Network punya solusinya. Mulai dari dedicated server, cloud VPS server, sampai collocation 

Tidak hanya itu, semua layanan server dibekali dengan hardware kelas enterprise, 24/7 customer service dan monitoring lho.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.