Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Langkah Mudah Membangun Desain Web

4 min read

Langkah Mudah Membangun Desain Web

Sebelum membangun sebuah website, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan — desain web adalah salah satunya.

Membuat desain web yang menarik sangat penting. Bahkan 38% dari pengguna internet tidak akan kembali ke website dengan desain buruk lho!

Ini berarti semakin baik desain web Anda, semakin tinggi juga trafik, interaksi, dan juga jumlah pengunjung website tersebut Golden friends!

Membuat desain web yang baik tidaklah mudah. Banyak hal yang perlu Anda pikirkan  — mulai dari tujuan website, konten, fitur, dan juga tampilannya.

Jangan khawatir Golden friends! Di artikel kali ini, kami akan memberikan panduan dan langkah langkah penting membangun desain website.

Yuk langsung saja kita mulai!

7 Cara Membangun Desain Web

Nah berikut ini adalah penjelasan lengkap dari beberapa cara membangun dan merencanakan desain web yang bisa Anda lakukan Golden friends!

cara membangun desain web

1. Tentukan Tujuan Utama Website

Semua situs web melayani tujuan yang berbeda. Dengan demikian, mengetahui fokus situs web harus menjadi poin pertama dalam daftar perencanaan web desain Anda.

Menetapkan tujuan yang jelas membantu mengidentifikasi konten dan desain web yang sesuai. Selain itu, tujuan yang jelas juga membantu meningkatkan tingkat konversi website nantinya.

Berikut adalah beberapa contoh terbaik dari tujuan situs web:

  • Membangun brand authority  bangun otoritas brand Anda dengan memberikan informasi penting melalui website dan blog Anda.
  • Menghasilkan prospek bisnis  pastikan untuk membangun situs web yang dapat menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda.
  • Meningkatkan conversion rate bisnis — tujuan website lainnya adalah untuk meningkatkan persentase pengguna yang melakukan konversi pada situs web Anda.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

2. Pahami Target Audiens

Langkah lainnya untuk membuat desain web yang menarik adalah dengan memahami audiens spesifik dari bisnis dan pasar yang Anda targetkan.

Banyak bisnis mengatakan bahwa target pasar mereka adalah semua orang. Meskipun benar demikian, memiliki audiens spesifik tentunya akan lebih membantu bisnis Anda.

Target audiens yang spesifik akan membantu meneliti dan memahami ekspektasi dan harapan pelanggan akan bisnis maupun layanan Anda..

Berikut adalah beberapa kiat untuk menemukan dan memahami audiens terbaik untuk Anda:

  • Analisis pelanggan Anda saat ini cari karakteristik umum yang ada di pelanggan Anda saat seperti usia, lokasi, dan pendapatan mereka. Setelah itu, bagi lagi dan tentukan kelompok yang menghasilkan penjualan paling banyak.
  • Brainstorm solusi dari masalah pelanggan potensial — lakukan survei secara acak atau undang pelanggan yang sudah ada untuk berpartisipasi dalam survei tersebut. Anda juga dapat mengunjungi forum online yang terkait dengan industri Anda untuk menemukan masalah yang ada.

3. Amati Tren Desain Web Terbaru

Tentunya, salah satu langkah terpenting saat melakukan perencanaan desain web adalah untuk mengamati web design web terbaru dan populer.

Tentunya Anda tidak ingin desain web Anda terlihat outdated dan ketinggalan zaman bukan? Ditambah lagi, berkat pesatnya perkembangan teknologi, trend ini uga sering berubah lho!

Di tahun 2021 sendiri saja sudah ada puluhan trend desain web terbaru yang bisa Anda terapkan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Dark Mode
  • Dynamic Scrolling
  • Parallax Effects
  • Hand-drawn Design
  • Mouse Hover
  • Ultra Minimalist Navigation
  • White Space
  • Bold Fonts
  • Full Page Header
  • Gradient Color

4. Buat Struktur Desain Web

Nah setelah mengetahui tren desain web terbaru, sekarang saatnya Anda mulai merancang struktur dan juga konten situs website Anda.

Anda bisa membuat struktur ini melalui sebuah peta situs yang menentukan hirarki halaman website dan bagaimana mereka terhubung satu sama lain.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui user flow diagram. Anda bisa menggambarnya sendiri atau melalui alat pembantu seperti website builder.

Selain itu, pastikan situs Anda mudah untuk dinavigasi. Halaman website tidak boleh memiliki lebih dari dua sub-level agar pengguna lebih mudah menemukan informasi penting.

5. Optimalkan Navigasi Website

Setelah selesai membuat desain web secara garis besar, cari bagian halaman website yang perlu dioptimalkan untuk mencapai navigasi situs terbaik. 

Cobalah untuk menyederhanakan semua struktur halaman dalam desain web untuk memudahkan pengguna melakukan navigasi website Anda.

Plus, semakin sederhana struktur situs Anda, semakin baik SEO Anda. Mesin pencari lebih memilih situs web dengan struktur yang jelas karena lebih mudah dijelajahi.

6. Tetapkan Metrik dan Goals Website

Semua halaman web berperan dalam keberhasilan situs web Anda. Memiliki metrik dan sasaran yang spesifik akan membantu Anda mengukur kinerja website itu sendiri.

Selain itu,  ini juga akan mengarahkan fokus Anda pada halaman yang membawa hasil. Untuk itu, setiap halaman harus memiliki metrik dan sasaran utama yang berbeda.

Misalnya, postingan blog yang mempromosikan produk Anda harus memiliki peringkat baik pada kata kunci tertentu untuk meningkatkan trafik website.

Sementara itu, untuk halaman produk, sangat penting untuk menetapkan sasaran konversi dan menentukan apakah bisnis Anda menghasilkan penjualan dan keuntungan yang cukup.

Berikut adalah beberapa metrik paling penting yang harus Anda pertimbangkan:

  • Traffic website — lalu lintas website adalah jumlah pengguna yang mengunjungi halaman dalam jangka waktu tertentu.
  • Traffic source — sumber lalu lintas bisa berupa search engine, iklan, tautan rujukan, atau situs web lainnya.
  • Waktu yang dihabiskan di halaman — rasio ideal bervariasi tergantung pada panjang  durasi setiap user habiskan pada sebuah halaman, rasio yang tinggi dapat menunjukkan bahwa halaman tersebut menarik.
  • Bounce rate — jumlah pengunjung yang meninggalkan halaman tanpa melakukan tindakan lebih lanjut, biasanya karena kinerja halaman yang buruk dan konten yang buruk.
  • Interaksi per kunjungan — lebih banyak interaksi yang website Anda dapatkan berarti halaman berhasil mendorong pengunjung menjelajahi situs Anda.

Baca juga: Membangun eCommerce Website untuk Bisnis Sukses

7. Melakukan Pengujian

Tahapan terakhir dari perencanaan desain web adalah pengujian semua fungsi dan tampilan dari setiap halaman website bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Saat melakukan pengujian, jangan lupa untuk melakukannya pada semua halaman yang ada pada website. Catat performa setiap halaman dan apa saja yang perlu diperbaiki.

47% dari pengunjung website mengharapkan proses loading yang tidak lebih dari 3 detik. Jadi, pastikan semua halaman memiliki proses loading yang baik ya Golden friends!

Manfaat Perencanaan Desain Web

Jika Anda masih tidak yakin mengapa Anda perlu membuat perencanaan desain web, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.

  • Menghilangkan resiko  — dengan perencanaan dan penelitian yang menyeluruh, Anda tidak perlu memahami dalam kegelapan dan melakukan banyak percobaan dan kesalahan.
  • Lebih efisien   berkat perencanaan desain web, semua orang di tim tahu apa tujuan website dan apa yang perlu mereka lakukan. Anda juga bisa dengan lebih mudah membagi pekerjaan dan menetapkan prioritas.
  • Pengalaman pengguna yang lebih baik bagi   semua aspek penting seperti konten, navigasi, dan alur direncanakan untuk membuat kesan yang baik bagi pengunjung Anda. 
  • Buat konten bertarget —  buat konten berdasarkan pada audiens target Anda dan tujuan dari halaman website tersebut.
  • Kelola ekspektasi  pahami seperti apa tampilan situs web Anda, jadi tidak ada risiko desain web dan fitur web tidak seperti yang Anda harapkan.

Kesimpulan

Membangun sebuah website membutuhkan banyak perencanaan dan persiapan. Untuk itu,  penting untuk melakukan perancangan desain web sebelumnya.

Nah di artikel ini kami telah membagikan langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun website berkualitas tinggi. Semoga bermanfaat!

Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut tentang desain web, jangan ragu untuk tinggalkan pesan pada kolom komentar ya Golden friends!

Jika Anda membutuhkan layanan server untuk website Anda, GoldenFast Network punya solusinya — mulai dari dedicated server, cloud VPS server, sampai colocation server.

Tidak hanya itu, semua layanan Golden Fast Network dilengkapi dengan hardware kelas enterprise, 24 jam monitoring dan support, dan juga 99% uptime.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *