Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Contoh Cara Penerapan Cyber Security

3 min read

Contoh-contoh Penerapan Cyber Security

Cyber security adalah salah satu praktik keamanan yang wajib diterapkan semua pengguna internet — baik itu individu, organisasi, maupun para besinis online sekalipun.

Pasalnya saat ini sudah banyak cyber threat (ancaman) siber yang bertebaran di internet. Mulai dari ancaman phishing, malware, spam, dan lain sebagainya.

Nah untuk melindungi data dan informasi Anda dari ancaman-ancaman siber tersebut, penerapan praktik cyber security mempunyai peran yang cukup besar.

Namun tidak banyak orang yang tahu cara penerapan cyber security yang benar. Oleh karena itu di artikel kali ini kami akan membahas beberapa cara penerapannya secara lengkap.

Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Cyber Security?

Singkatnya, cyber security berfungsi untuk melindungi perangkat dan layanan online yang Anda gunakan dari pencurian dan kerusakan data oleh pihak ketiga.

Cyber security juga berguna untuk mencegah akses tidak sah ke informasi yang ada di internet. Praktik ini memastikan data tersebut hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja.

Di jaman yang serba digital ini, keberadaan cyber security memang sangat penting. Sekarang internet sudah menjadi bagian mendasar dari kehidupan modern.

Mulai dari bersekolah, perbankan, belanja online, bekerja, hingga media sosial, praktik cyber security semakin penting untuk memastikan Anda tetap aman di internet.

Nah jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi tentang apa itu cyber security, kami juga punya artikel yang membahas tuntas tentang pengertian dan manfaat dari praktek tersebut!

Baca juga: Cyber Security: Pengertian, Elemen, & Tipe Ancamannya 

Elemen & Penerapan Cyber Security

penerapan cyber security

Setelah mengetahui apa itu cyber security dan juga manfaatnya untuk keamanan Anda di internet, tentunya Anda ingin tahu cara penerapannya bukan Golden friends?

Berikut ini adalah elemen-elemen penting dan cara penerapan cyber security untuk melindungi Anda dari ancaman-ancaman di internet:

1. Application Security

Application security merujuk kepada proses atau praktik dalam meningkatkan dan memelihara keamanan suatu aplikasi, sistem, dan jaringan.

Elemen cyber security yang satu ini bertujuan untuk mencegah attacker agar tidak mencuri, membajak, atau mengeksploitasi data aplikasi untuk melancarkan berbagai cyber attacks.  

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memastikan aplikasi Anda selalu aman dari cyber threat. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dicoba:

  • Authentication — autentikasi dilakukan untuk memastikan bahwa hanya pengguna resmi dengan username dan password yang tepat dapat mengakses aplikasi tersebut.
  • 2FA — two factor authentication adalah autentikasi dua faktor yang hanya akan memberikan akses setelah pengguna menyelesaikan dua layer autentikasi
  • Authorization —  otorisasi adalah pemberian wewenang setelah proses autentikasi berhasil, ini berguna untuk menentukan konten dan data yang bisa diakses pengguna.
  • Encryption — enkripsi data berfungsi untuk memastikan bahwa data dan informasi sensitif di aplikasi terlindungi dari pihak tidak bertanggung jawab.
  • Logging — proses ini berfungsi untuk merekam semua informasi dan aktivitas yang ada dalam sebuah sistem. Mulai dari pengguna, aktivitas, dan lain sebagainya.
  • Security testing — uji keamanan aplikasi adalah proses untuk memastikan semua praktek keamanan yang ada pada aplikasi tersebut berfungsi dengan baik.

Baca juga: 7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya

2. Network Security

Network security adalah proses melindungi jaringan dan seluruh perangkat yang terhubung di dalamnya dari para penyusup, hacker, dan pihak tidak bertanggung jawab lainnya.

Singkatnya, keamanan jaringan adalah praktik perlindungan jaringan internal seorang individu, organisasi, maupun perusahaan dengan cara meningkatkan keamanan network tersebut..

Cara penerapannya juga cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan layanan VPN (virtual private network), program anti-malware, email security tools, hingga menggunakan system firewalls. 

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan network security melalui two factor authentication (autentikasi dua faktor) dan penggantian password secara berkala. 

Baca juga: Network Security: Pengertian, Konsep, & Jenis-Jenisnya

3. Information Security

Information security adalah upaya mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab dari mengakses, mengakses, menggunakan, memodifikasi, dan  menghancurkan data milik Anda. 

Di dalam information security, ada tiga prinsip dan konsep dasar CIA Triad (confidentiality, integrity, dan availability) yang menjadi fondasi dari penerapan praktek tersebut.

Untuk menerapkan information security, pastikan bahwa perangkat dan sistem yang Anda gunakan sehari-hari sudah mengimplementasikan praktek keamanan yang baik.

4. Operational Security

Operational security atau procedural security adalah proses manajemen risiko yang bertujuan untuk melindungi data sensitif yang bisa disalahgunakan oleh attackers. 

Contohnya, Anda mengunggah foto yang ternyata dengan tidak sengaja mencantumkan kata sandi. Hal ini bisa saja dimanfaatkan hacker untuk melancarkan serangan kepada Anda.      

5. Disaster Recovery Planning

Sesuai namanya, disaster recovery planning merupakan upaya perusahaan untuk merespons berbagai insiden yang bisa terjadi — baik itu bencana alam, cyber attack, dan lain sebagainya.

Recovery planning ini dapat berupa dokumen formal yang memuat berbagai strategi yang perlu dilakukan perusahaan untuk mengurangi dampak dari insiden. 

6. End-User Education

End-user education merupakan sebuah upaya mengedukasi dan meningkatkan kesadaran seluruh elemen di dalam perusahaan akan pentingnya menjaga keamanan digital. 

Sebagai contoh, perusahaan bisa membuat program pelatihan untuk mengenalkan berbagai jenis cyber attacks dan cara mencegahnya. 

7. Cloud Security

Cloud security mengacu pada upaya yang dilakukan individu atau kelompok dalam melindungi data dan informasi yang tersimpan di dalam penyimpanan cloud.

Penerapan cloud security sangat penting dilakukan oleh penyedia layanan cloud storage and cloud services untuk melindungi informasi dan data sensitif pelanggan.

Cloud security bisa diterapkan melalui firewall, two factor authentication, VPN (virtual private network), dan data encryption.

Penutup

Cyber security adalah praktek keamanan penting yang wajib diterapkan oleh semua pengguna internet. Fungsinya untuk melindungi data dari ancaman cyber yang ada di luar sana.

Tentunya Anda tidak ingin data dan informasi Anda terkena hack lalu dicuri dan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab bukan Golden friends?

Nah untungnya, artikel GFN blog kali ini sudah membahas elemen penting dan cara penerapan cyber security terbaik untuk aplikasi, jaringan, dan sistem Anda.

Jika Anda masih punya pertanyaan tentang cara penerapan cyber security, jangan ragu untuk tinggalkan pesan di kolom komentar bawah Golden friends! 

Selain itu, jangan lupa tingkatkan juga keamanan web Anda dengan berbagai opsi layanan server terbaik dari GoldenFast Network

Anda dapat memanfaatkan layanan dedicated server, colocation server, maupun VPS server yang dibekali dengan hardware kelas enterprise, 24/7 customer service dan monitoring.

Terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *