Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Pengertian XAMPP: Fungsi & Cara Install (2021)

3 min read

Pengertian XAMPP Fungsi & Cara Install

Jika Anda sering berurusan dengan web server dan database, pastinya Anda sudah akrab dengan fungsi dan juga pengertian XAMPP. 

Singkat kata, XAMPP adalah sebuah software yang memungkinkan Anda untuk menjalankan web server dan database pada localhost komputer.

Dengan XAMPP, Anda bisa membuat versi offline dari website dan mengakses web server dan database Anda melalui local komputer dengan mudah. 

Ini sangat berguna untuk Anda yang ingin melakukan uji coba perubahan pada web server dan juga database. Tentunya Anda tidak ingin website Anda menampilkan error bukan?

Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang XAMPP. Mulai dari pengertian XAMPP, fungsinya, dan cara install pada komputer Anda.

Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian XAMPP

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah web server bersifat open-source yang bisa digunakan pada sistem operasi cross-platform seperti Windows, Linux, Solaris, dan juga MacOS.

Nama XAMPP sendiri adalah singkatan dari X (cross platform) A (Apache), M (MySQL), P (PHP), dan P (Perl) yang merupakan program-program yang tersedia di dalamnya. 

Umumnya, XAMPP digunakan untuk membuat web server lokal pada komputer Anda. Web server lokal ini bisa menggantikan peran web hosting dan menyimpan file website ke localhost. 

Semua file tersebut nantinya bisa diakses melalui web browser komputer Anda. Tentunya hal ini akan memudahkan webmaster untuk mengakses dan mengembangkan website.

Berkat versi offline dari website yang XAMPP sediakan, Anda tidak perlu khawatir website menampilkan error saat melakukan update maupun pengujian fitur baru.

Tentunya hal ini membuat Anda lebih bebas dalam mencoba berbagai fitur, memodifikasi tema maupun plugin, dan juga mempelajari dasar-dasar website Anda.

Software XAMPP sendiri pertama kali dikembangkan oleh Apache Friends pada tahun 2002. Saat ini ada beberapa versi XAMPP yang bisa diunduh secara gratis melalui website resmi.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, & Cara Menggunakan htaccess

Fungsi XAMPP

Fungsi XAMPP

Sebenarnya, fungsi utama dari XAMPP adalah untuk menjadi server lokal yang menyimpan data sebuah website dan juga web server.

XAMPP digunakan untuk menguji kinerja fitur dari website tersebut dan menampilkan konten website tersebut tanpa memerlukan koneksi internet.

Maka dari itu, XAMPP banyak digunakan oleh para web developer untuk melihat dan mereview hasil desain website sebelum publikasi.

Namun sama halnya dengan web server lokal lainnya, XAMPP juga memiliki banyak fungsi lain loh Golden friends! Beberapa kegunaan lain dari XAMPP adalah:

  • Mengakses dan memodifikasi database phpMyAdmin — XAMPP memungkinkan Anda untuk mengakses database phpMyAdmin website Anda secara offline. Anda bisa mengedit, mengahpus, menambahkan database, dan juga user dengan mudah. 
  • Menjalankan laravel pada lokal komputer — untuk menjalankan laravel, salah satu framework php populer, Anda akan membutuhkan XAMPP untuk memodifikasi script dengan lebih mudah.
  • Mengakses website secara offline — program XAMPP bisa diakses melalui localhost komputer Anda tanpa koneksi internet. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses dan melakukan segala perubahan tanpa ada konsekuensi langsung secara online.
  • Melakukan pengujian fitur baru pada website — XAMPP juga memudahkan pekerjaan frontend dan juga backend developer dalam melakukan uji testing pada website sebelum merilis website secara online.

Baca juga: Apa Itu Framework? Pengertian, Manfaat, & Jenisnya

Cara Install XAMPP

Nah setelah mengetahui beberapa fungsi dan pengertian XAMPP, tentunya Anda ingin tahu bagaimana cara menginstall XAMPP di laptop dan PC kan?

Untungnya, cara install program ini cukup mudah loh Golden friends! Berikut adalah tutorial cara lengkap menginstall XAMPP:

  1. Unduh file XAMPP secara gratis melalui website resmi Apache friends sesuai dengan sistem operasi perangkat Anda.
  2. Setelah proses download selesai, jalankan file XAMPP yang ada pada komputer Anda.
  3. Saat jendela instalasi akan terbuka, Anda akan melihat pesan Welcome to the XAMPP Setup Wizard. Tekan Next.
  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih komponen yang Anda butuhkan. Untuk web server berbasis CMS, centang menu Server. Sedangkan jika Anda membutuhkan fitur programming languages, centang kedua menu Program Languages.pilihan komponen untuk diinstall
  5. Pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih lokasi penginstalan file XAMPP. Pastikan perangkat Anda mempunyai cukup disk space dan storage > Next.proses instalasi berhasil
  6. Tunggu proses instalasi dan unpacking files selesai.
  7. Selamat! Anda sudah bisa menjalankan XAMPP pada perangkat Anda.

Fitur-fitur XAMPP

Nah setelah berhasil menginstall XAMPP pada perangkat Anda, saatnya untuk mempelajari beberapa fitur dan menu penting yang ada pada program tersebut. 

  • Config  — menu yang digunakan untuk melakukan beberapa konfigurasi dasar XAMPP.
  • Control panel — memberikan user akses lebih dalam mengatur database mengunggah file, dan melakukan setting pada website. Control panel juga bisa digunakan untuk menjalankan dan menutup program XAMPP.
  • Netstat  — menu yang digunakan untuk memastikan apakah ada aplikasi lainnya yang menggunakan port XAMPP pada perangkat.
  • Shell — digunakan untuk menampilkan command prompt pada Windows yang digunakan untuk melakukan konfigurasi web server atau memperbaiki error pada server.
  • Htdocs — sebuah folder pada program XAMPP yang berfungsi sebagai penyimpanan berbagai file dan dokumen yang nantinya ditampilkan pada website.

Penutup

XAMPP adalah software yang web server lokal yang memudahkan pekerjaan webmaster dan web developer dalam mengambangkan sebuah website.

Hanya dengan satu aplikasi XAMPP pada perangkat Anda, Anda sudah bisa menjalankan apache, PHP, dan juga MySQL tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu.

Wah sangat praktis bukan? Bukan hanya itu, XAMPP juga termasuk mudah digunakan loh! 

Di artikel ini kami telah membahas secara lengkap pengertian, fungsi, dan juga cara install program ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut tentang XAMPP, langsung saja tinggalkan pesan di kolom komentar ya Golden friends!

Oh iya jika Anda membutuhkan rekomendasi server murah dengan kualitas terjamin untuk proyek Anda, GoldenFast Network punya solusinya.

Mulai dari 135 ribuan per bulan saja, Anda sudah bisa mendapatkan Cloud VPS maupun Dedicated server dengan 98% uptime , UPS backup, dan 24/7 monitoring & customer service.

Bukan hanya itu, semua layanan GoldenFast Network juga dilengkapi dengan High Grade hardware kelas enterprise dan juga beberapa tier 1 network loh Golden friends!

Sangat menarik bukan? Yuk langsung saja bergabung dengan GFN! 

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.