Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Mengenal Plesk dan Perbedaanya dengan cPanel

4 min read

Kontrol Panel Plesk

Semua website yang ada di internet membutuhkan web server untuk bisa online. Cara termudah untuk mengakses sebuah web server adalah melalui web layanan web hosting, salah satunya dengan Plesk.

Namun meski begitu, akses langsung ke web server membutuhkan tingkat keahlian teknik yang tidak semua web owners atau pemilik web kuasai. 

Nah, itulah kenapa banyak web host yang menyediakan berbagai control panel pada layanan web hosting mereka. 

Kontrol panel adalah software yang digunakan untuk mengoperasikan, mengatur, mengelola, dan menjalankan segala fasilitas yang ada di sebuah web server dengan mudah. 

Biasanya, Anda tidak perlu mempunyai tingkat keahlian teknik yang tinggi untuk menggunakan sebuah kontrol panel. 

Di luar sana, ada banyak pilihan kontrol panel yang bisa Anda pilih untuk hosting Anda. Plesk adalah salah satu pilihan paling populer setelah cPanel.

Kontrol Panel Plesk

Jadi sebenarnya apa itu Plesk dan bagaimana cara kerjanya? 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tuntas semua yang perlu Anda ketahui tentang Plesk dan juga perbedaannya dengan cPanel. Yuk langsung saja kita mulai!

Mengenal Plesk, Kontrol Panel Serba Bisa

Sebelum masuk ke penjelasan tentang apa itu Plesk, penting rasanya untuk mengetahui lebih dalam pengertian dan fungsi kontrol panel.

Apa itu kontrol panel?

Singkatnya, kontrol panel adalah software dengan graphical user interface (GUI) yang memudahkan user untuk mengakses dan menggunakan web server pada layanan web hosting Anda.

Tanpa panel kontrol, user memerlukan tingkat keahlian teknik yang setara dengan administrator sistem profesional. Ini berarti Anda harus bisa menggunakan CLI  (command line interface).

Nah karena tidak semua orang mempunyai keahlian ini, kontrol panel adalah salah satu bagian penting dari layanan web hosting Anda.

Adapun beberapa komponen penting dari kontrol panel adalah:

  • File Management — digunakan untuk mengelola dan mengatur semua file yang ada pada web server Anda, memudahkan Anda untuk menghapus dan memindahkan file.
  • Domain management — fitur yang digunakan untuk mengelola semua hal yang berkaitan dengan domain name dari situs Anda seperti domain servers, privacy, dan lain lain.
  • Security features — salah satu fitur terpenting di kontrol panel, mengatur segala pengaturan keamanan yang ada pada web server tersebut seperti sertifikat SSL, kontrol akses, dan sebagainya.
  • Auto-installer — kebanyakan kontrol panel juga dilengkapi dengan fitur auto-installer yang berisi dengan platform CMS terpopuler yang bisa di install hanya dengan beberapa klik.
  • FTP file transfers  — fitur yang berfungsi untuk mengatur pengaturan FTP (file transfer protocol) yang ada pada situs Anda. Anda bisa menggunakan FTP untuk transfer file ke web server secara remotely dari lokal komputer.

Kebanyakan layanan web hosting dilengkapi dengan kontrol panel yang dipilih oleh pihak web host. Tapi jika Anda harus membeli kontrol panel secara terpisah, Plesk adalah salah satu pilihan terbaik yang ada saat ini!

Apa Itu Plesk?

Sejatinya, Plesk adalah salah satu kontrol panel terpopuler saat ini. Bahkan popularitasnya sering dibandingkan dengan cPanel, kontrol panel paling populer dalam dunia hosting.

Saat ini, kontrol panel ini sudah digunakan di lebih dari 380.000 server dan juga 11 juta situs web. 

Dengan interface yang user-friendly, Plesk memposisikan dirinya sebagai kontrol panel serba bisa yang memudahkan segala urusan hosting Anda. 

Fitur dan tools yang  diberikan juga sangat lengkap. Mulai dari  fitur dan tools standar yang ada di kontrol panel lainnya, sampai fitur tambahan seperti built-in site health monitoring dan self repair tools.

Selain itu, Plesk juga menawarkan banyak extensions atau add-ons untuk menambahkan fungsi dan fitur pada website Anda.

Dari semua penjelasan di atas, pastinya Anda berpikir bahwa kontrol panel ini sangat cocok digunakan oleh pemula yang tidak mempunyai banyak pengalaman dalam mengelola web hosting.

Namun sebenarnya, Plesk juga bisa digunakan oleh administrator IT karena dilengkapi dengan built-in fitur yang bisa digunakan untuk membuat dan mengelola user accounts.

Anda dapat mengontrol tingkat akses yang dimiliki masing-masing pengguna, menentukan jumlah bandwidth yang dapat diakses setiap pengguna, dan masih banyak lagi.

Harga Plesk juga beragam, tergantung pada paket dan durasi yang Anda pilih. Adapun 3 pilihan utama dari paket yang tersedia adalah web admin edition (mulai dari $10 perbulan), web pro edition (mulai $15 per bulan), dan web host edition (mulai dari $25 per bulan).

Baca Juga: VPS: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Plesk vs cPanel

Seperti yang sudah dibahas di atas, Plesk dan cPanel adalah dua kontrol panel populer yang biasa digunakan oleh layanan web hosting. 

Walaupun sama-sama populer, tentu saja kedua kontrol panel tersebut juga mempunyai banyak perbedaan. Berikut adalah beberapa poin perbedaan dari Plesk dan cPanel

1. Dashboard

Perbedaan Plesk dan cPanel yang pertama ada pada sisi dashboard. Pada cPanel, penyedia hosting akan menentukan fitur dan tampilan yang ada di dashboard.

cPanel juga menyediakan fitur pencarian yang memudahkan Anda untuk  mencari sebuah file dan fungsi dengan cepat. Singkatnya, dashboard cPanel terlihat lebih simpel dan mudah. 

Dashboard Plesk sendiri memiliki desain yang terlihat lebih modern. Menu navigasi terletak di bagian sebelah kiri. 

Semua menu pada dashboard Plesk mempunyai kategori masing-masing dengan label seperti manajemen server dan sebagainya. 

Sayangnya, dengan banyaknya pilihan menu yang ditawarkan, dashboard Plesk sering nampak lebih rumit untuk pemula.

2. Sistem Operasi

Jika Anda berencana untuk memasang web server pribadi di operating sistem Anda, pasti Anda juga bertanya-tanya kontrol panel yang paling cocok untuk hal itu.

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows dan Linux, Plesk adalah pilihan yang terbaik untuk Anda. Semantara itu, cPanel biasanya digunakan di sistem operasi RedHat, CloudLinux, dan CentOs.

3. Database

Database adalah fitur penting dari sebuah website. Selain menyimpan semua data yang ada pada situs Anda, database juga menyimpan struktur dan tatanan sebuah website.

Dalam hal database, cPanel menawarkan pembuatan dan pengaturan database melalui MySQL Wizard dan phpMyAdmin. Sedangkan, Plesk menyediakan akses ke phpMyAdmin, myLittleAdmin, dan ASP.NET Enterprise Manager.

4. Keamanan

Pastinya keamanan adalah salah satu faktor penting yang membantu Anda untuk menentukan kontrol panel terbaik. Dalam segi keamanan, sebenarnya Plesk dan cPanel sama sama mempunyai fitur keamanan yang cukup baik. 

Meski tetap ada perbedaan di antara kedua kontrol panel, tapi kedua panel tetap menawarkan banyak fitur dan tools yang menjamin keamanan pengguna.

Berikut beberapa fitur keamanan yang dimiliki Plesk:

  • Integrasi direktori aktif
  • Otentikasi media sosial
  • Sistem pencegahan intrusi Fail2Ban
  • Layanan anti-spam masuk dan keluar

Sedangkan, cPanel memiliki fitur keamanan sebagai berikut:

  • IP deny manager
  • Direktori yang dilindungi kata sandi
  • Pengaturan key enkripsi GnuPG
  • SSL / TLS untuk e-Commerce

Keuntungan Menggunakan Plesk

Nah setelah Anda mengetahui pengertian Plesk dan perbedaannya dengan cPanel, berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan kontrol panel ini untuk membuat Anda semakin tertarik!

  • Intuitive interface. Plesk mempunyai interface yang sangat mudah untuk dimengerti dan dikuasai. Jika Anda seorang pemula, Plesk juga menyediakan video tutorial dan course.
  • Mobile-friendly. Anda bisa menggunakan kontrol panel ini dimana saja. Dengan mobile app yang dioptimalkan untuk layar kecil, Anda bisa mengakses dan mengelola website Anda secara mobile.
  • 24/7 customer support. Selain video course dan tutorial, Plesk juga menyediakan 24 jam support jika seandainya Anda mengalami masalah dalam menggunakan kontrol panel tersebut.

Jadi, Apa Itu Plesk?

Sederhananya, Plesk adalah kontrol panel serba bisa yang menawarkan graphical interface yang memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengatur web server yang mereka gunakan.

Meski Plesk tidak sepopuler cPanel, namun, sebenarnya fitur, fungsi, dan interface yang ditawarkan tidak kalah jika dibandingkan dengan kontrol panel tersebut.

Bagaimana, apakah sekarang Anda tertarik untuk menggunakan Plesk

Kabar baiknya, GoldenFast Network menyediakan lisensi Plesk yang dapat Anda beli bersamaan dengan layanan terbaik lainnya—meliputi Colocation Server, Dedicated Server, VPS server, dan Manage The Box Server.

Sebagai informasi, seluruh layanan server di GoldenFast Network telah dibekali dengan hardware kelas enterprise, 24/7 monitoring dan customer support, serta server uptime di atas 99%.

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *