Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

SEM & SEO: Pengertian & Perbedaannya

3 min read

SEM & SEO Pengertian & Perbedaannya

Jika Anda baru mengenal dunia digital marketing, Anda mungkin belum mengetahui perbedaan antara SEO dan SEM.

Banyak orang yang mengira kedua istilah ini dapat digunakan secara bergantian. Namun, meskipun SEO dan SEM mempunyai kaitan yang erat, kedua istilah mempunyai arti yang sangat berbeda.

Mulai dari kepanjangan, manfaat, sampai cara penerapannya. Nah untuk itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan semua hal yang perlu Anda ketahui tentang SEM dan SEO.

Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu SEM?

apa itu sem

Singkatnya, search engine marketing atau SEM adalah iklan berbayar yang menempatkan situs web Anda di halaman pertama mesin pencari. 

Iklan Anda, tentu saja, akan ditandai sebagai peringkat satu pada mesin carian. Pastinya hal ini akan meningkatkan visibilitas website dan  bisnis Anda.

Layanan populer yang menawarkan jenis pemasaran SEM adalah Google AdWords dan Bing. Jenis iklan SEM biasanya juga dianggap sebagai iklan jenis iklan PPC atau pay per click.

Iklan SEM akan muncul di hasil teratas pada SERPs dan menagih pengiklan biaya tertentu untuk setiap klik yang iklan tersebut dapatkan. 

Namun jangan khawatir Anda akan bangkrut jika iklan SEM Anda mendapatkan traffic yang tinggi. Sebabnya Anda bisa menetapkan anggaran maksimum sebelum Anda memulai kampanye iklan.

Jika Anda ingin mendapatkan brand awareness dan eksposur yang tinggi, SEM adalah pilihan yang cukup baik karena Anda akan berada di peringkat teratas saat seseorang menelusuri kata kunci yang Anda pilih.

Namun, saat promosi berbayar Anda berhenti, posisi itu dapat diambil oleh kompetitor. Karena itu, penting untuk tetap memperhatikan SEO saat menggunakan SEM.

Baca Juga: Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Apa Itu SEO?

apa itu seo

SEO (search engine optimization) adalah salah satu elemen terpenting dari digital marketing. 

Jika dilakukan dengan benar, SEO bisa meningkatkan visibilitas dan juga peringkat website Anda pada SERPs (search engine result pages).

Mendapatkan hasil maksimal dari SEO di website Anda umumnya melibatkan penggunaan berbagai praktik,  yang biasanya dibagi ke dalam dua kategori — SEO on-page & SEO off-page.

SEO on page adalah adalah pengoptimalan internal situs web yang melibatkan pemeliharaan kecepatan halaman website dan pengoptimalan kata kunci atau keyword optimization.

Sedangkan SEO off-page mengacu pada proses eksternal seperti membangun tautan dan pemasaran media sosial.

Kedua metode SEO on-page dan off-page ini bekerja sama untuk menarik lebih banyak lalu lintas dan secara bertahap meningkatkan peringkat website Anda pada search engine.  

Karena itu, penting rasanya untuk tidak mengabaikan kedua faktor SEO ini. Terapkan metode optimalisasi SEO tersebut pada website Anda dan dapatkan hasil maksimal.

Meskipun kedengarannya sangat sederhana, SEO bisa sangat rumit untuk pemula karena melibatkan pemahaman banyak dinamika, praktik, dan alat yang berbeda. 

Selain itu, biasanya butuh beberapa saat untuk menentukan peringkat dan mendapatkan peringkat pada search engine jika Anda baru memulai SEO.

Baca Juga: Backlink: Pengertian, Manfaat, & Cara Mendapatkanya

SEO VS SEM: Mana yang Lebih Baik?

Nah setelah kita telah mempelajari apa itu SEO dan SEM secara umum, mari kita bahas lebih dalam lagi dan jelajahi perbedaan mereka!

SERP Rank

Perbedaan pertama dan paling mencolok antara SEO dan SEM dapat dilihat dari hasil penelusuran mesin pencari.

Saat Anda mengetikkan sebuah kata kunci, halaman pertama search engine akan dimuat dan menampilkan iklan berbayar. 

Inilah yang sering disebut dengan SEM. Biasanya hasil ini akan muncul bersamaan dengan indikator Ads yang berarti iklan dalam bahasa inggris.

Nah jika Anda Anda scroll mouse Anda ke bawah, Anda akan menemukan hasil penelusuran mesin pencari tanpa indikator Ads. Itulah yang disebut dengan SEO.

Baca juga: Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula

Reach & Visibility

Dalam hal menampilkan konten Anda, SEO dan SEM memiliki pendekatan yang berbeda.

SEM memberi penggunanya opsi penargetan yang lebih luas sebelum mereka memulai kampanye.

Mulai dari gender, umur, sampai lokasi, Anda bisa menentukan target audiens sesuai kebutuhan.

Menjangkau audiens yang tepat melalui SEO juga tidak terlalu berbeda, namun memang sedikit lebih sulit. Anda harus menentukan kata kunci yang spesifik dan juga melakukan banyak riset.

Dengan SEO, Anda tidak dapat memilih demografis dari target audiens yang akan melihat konten Anda, atau wilayah dimana iklan tersebut akan berjalan.

Time

Jika Anda ingin melihat hasil yang instan saat meningkatkan lalu lintas situs website Anda, SEM adalah pilihan yang tepat

SEM mempunyai dampak yang hampir instan dan cepat — iklan Anda akan ditampilkan pada hasil pencarian SERP segera setelah kampanye dimulai.

Di sisi lain, SEO membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan hasil. SEO adalah sesuatu yang harus Anda kerjakan dan pertahankan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Shared Hosting vs. VPS Hosting: Apa Perbedaannya? 

Sustainability

Meskipun SEO jelas lebih sulit untuk dikerjakan, dalam hal keberlanjutan, SEO bisa dibilang sebagai pilihan yang lebih baik.

SEO menarik lalu lintas organik ke situs web Anda berdasarkan kualitas, otoritas, dan beberapa aspek penting lainnya.

Jadi organic traffic website yang Anda dapatkan melalui SEO tidak akan naik turun secara skala besar selama Anda menjaga kualitas website Anda.

Sebaliknya, SEM memperoleh traffic bayaran atau paid traffic karena berada di atas halaman hasil pencarian untuk jangka waktu tertentu. 

Jadi, tidak ada jaminan traffic yang Anda dapatkan akan tetap ada saat kampanye iklan website dan artikel Anda berhenti.

Brand Marketing & Promotion

Sesuai namanya, Search Engine Marketing & SEM bekerja lebih baik dalam hal pemasaran dan mempromosikan brand dan bisnis Anda di luar sana. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam hal marketing dan promoting, Anda dapat menjalankan kampanye SEM agar orang-orang lebih memperhatikan nama brand Anda terlebih dahulu.

Selanjutnya, Anda bisa mencoba melakukan SEO, sehingga traffic dan lalu lintas yang Anda dapatkan mempunyai jangka panjang dan pengunjung lebih mudah menemukan website Anda.

Penutup

Nah itu tadi pengertian dan perbedaan dari SEO & SEM. Meskipun kedua metode pemasaran digital ini memang cenderung berbeda, keduanya sangat penting untuk website development.

Berikut adalah rekap singkat dari artikel diatas:

  • SERP Rank  — iklan SEM memiliki indikator Ads pada hasil pencarian, sedangkan SEO tidak.
  • Reach & Visibility — SEM memberi penggunanya opsi penargetan yang lebih luas daripada SEO.
  • Time — SEO butuh waktu, sedangkan pengaruh dan hasil dari SEM biasanya instan.
  • Sustainability — SEO digunakan untuk jangka panjang, SEM lebih cepat pudar.
  • Brand Marketing & Promotion — keduanya penting dan lebih baik dilakukan secara bersamaan untuk mendapatkan hasil paling maksimal.

Tentunya sekarang Anda sudah mempunyai gambaran tentang apa itu SEM & SEO kan Golden friends? 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan juga meningkatkan jangkauan website Anda, Anda harus menerapkan kedua metode ini.

Jika Anda masih ada pertanyaan tentang SEM dan SEO, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat!

Jangan lupa untuk kunjungi blog GoldenFast Network untuk belajar lebih banyak tentang semua hal yang berkaitan dengan teknologi; mulai dari server, website, sampai web development.

 

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *