Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Fungsi & Spesifikasi Komputer Server Paling Tepat

3 min read

Fungsi & Spesifikasi Komputer Server Paling Tepat

Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa saja fungsi komputer server dan spesifikasi macam apa yang paling tepat untuk bisnis dan organisasi Anda?

Anda beruntung! Di artikel kali ini kami akan membahas beberapa fungsi dan juga spesifikasi komputer server yang mampu memfasilitasi kebutuhan Anda.

Yuk langsung saja kita mulai!

5 Fungsi Komputer Server

Di artikel sebelumnya, kami sudah pernah membahas secara lengkap apa itu komputer server — mulai dari pengertian, cara kerja, sampai jenis-jenisnya.

Singkatnya, komputer server adalah sebuah perangkat induk yang digunakan sebagai pusat penyimpanan dan pengelolaan data pada sebuah jaringan.

Server induk ini bertugas untuk menjawab dan memfasilitasi semua permintaan (request) dari semua komputer client yang ada di jaringan tersebut.

Nah setelah tahu apa itu komputer server, tentunya Anda sudah bisa menebak-nebak beberapa fungsi dari server komputer ini bukan Golden friends?

Untuk membantu Anda memaham fungsi komputer server secara lebih dalam lagi, berikut adalah penjelasan lengkapnya!

spesifikasi komputer server

1. Menyimpan File Client

Salah satu fungsi komputer server  yang paling penting adalah untuk menyimpan semua file komputer client. File tersebut bisa berupa grafis, teks, gambar, dan lain sebagainya.

Nantinya semua file client yang tersimpan di dalam komputer server akan bisa diakses beberapa user secara bersamaan melalui fitur file sharing

Umumnya, komputer server memiliki pengaturan backup file dan anti malware software untuk menyaring data yang aman dan berbahaya agar server tetap aman.

Baca juga: 10+ Cara Mengatasi Malware Paling Efektif

2. Mengatur Hak Akses File

Fungsi komputer server lainnya adalah untuk mengatur hak akses semua user pada sebuah sistem jaringan. Umumnya setiap level akses akan mempunyai hak akses yang berbeda.

Contohnya, administrator akan mendapatkan akses penuh terhadap server. Sedangkan, user biasa hanya akan bisa membuka dan mengakses file yang ada didalamnya.

Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam proses manajemen, pengelolaan, dan juga perawatan semua data yang tersimpan di dalam server. 

3. Melindungi Client Dari Cyber Threat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, komputer server umumnya datang dengan anti-malware dan anti-virus software.

Tujuannya agar semua data komputer client akan selalu terlindungi dan jauh dari ancaman cyber seperti malware, pencurian data, dan virus.

4. Menyediakan Resources untuk Client

Sebagai perangkat induk dari sebuah sistem dan jaringan. Komputer server juga bertugas untuk menyediakan segala resources yang dibutuhkan komputer client.

Resources ini bisa berupa software yang memadai, hardware yang kuat untuk menjalankan semua program, script untuk menjalankan program. dan masih banyak lagi.

Kabar baiknya, komputer server umumnya sangat customizable. Ini berarti Anda bisa mengubah dan menambahkan resources sesuai kebutuhan dengan mudah.

5. Melayani Request Komputer Client

Fungsi dan tugas utama dari komputer client adalah untuk melayani dan menjawab semua request dari komputer client dengan benar dan sesuai.

Oleh karena itu, komputer server harus didukung oleh spesifikasi, program, fitur, script, dan sumber daya yang dibutuhkan oleh komputer client.

Spesifikasi Komputer Server

Nah setelah membaca penjelasan di atas, tentunya Anda penasaran seperti apa spesifikasi komputer yang bisa dijadikan sebuah server bukan?

Sebagai perangkat utama yang ada pada sebuah jaringan, ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan saat memilih komputer untuk kebutuhan server. 

Setidaknya, ada 3 faktor paling penting yang bisa Anda gunakan untuk menjadi patokan saat memilih perangkat untuk menjadi server Anda.

Nah, berikut ini adalah penjelasan dari beberapa spesifikasi komputer server yang perlu Anda perhatikan saat proses pemilihan!

1. Prosesor

Seperti yang sudah Anda tahu, prosesor atau CPU adalah otak dari sebuah mesin dan perangkat. Semakin bagus spesifikasi prosesor, semakin lancar kinerja server Anda.

Untuk itu, pastikan untuk memilih prosesor terbaru yang mumpuni untuk server Anda. Saat ini merek prosesor yang sering digunakan untuk server adalah Intel dan AMD.

Setiap server memiliki kebutuhan processing yang berbeda. Untuk itu, lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui prosesor yang paling tepat untuk menjalankan server Anda. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih sebuah prosesor adalah:

  • Seri — semakin tinggi seri dari sebuah prosesor, semakin kuat pula tenaga dan kinerjanya. Contoh dari seri CPU adalah intel i3, AMD Ryzen 3, dan lain-lain.
  • Generasi — generasi CPU chip terbaru tentunya akan datang dengan banyak updates (pembaruan), yang meningkatkan kinerja prosesor tersebut.
  • Jumlah core — semakin banyak jumlah core, semakin bagus kinerja yang ditawarkan oleh prosesor tersebut.
  • GHz — acuan kinerja core dalam satu detik, semakin tinggi angkanya semakin cepat prosesor itu bekerja. 

2. RAM (Memory)

Spesifikasi komputer server yang wajib Anda perhatikan lainnya adalah ukuran memori RAM. RAM adalah tempat penyimpanan sementara saat Anda mengakses program.

Semakin besar kapasitas RAM yang ada pada sebuah server, semakin cepat pula kinerja dan juga proses loading dari semua program dan aplikasi di dalamnya.

Untuk itu, pastikan untuk memilih memory RAM yang memadai agar server Anda akan selalu berjalan dengan cepat dan lancar tanpa processing delay. 

3. Penyimpanan

Storage atau penyimpanan adalah spesifikasi komputer server terpenting lainnya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, komputer server menyimpan semua data komputer client.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyediakan penyimpanan server yang memadai. Saat ini pilihan penyimpanan server yang terbaik adalah SSD (solid state drive) storage.

SSD menawarkan proses pengelolaan data yang lebih cepat dan aman dibandingkan dengan penyimpanan konvensional seperti HDD (hard disk drive).

Baca juga: Mengenal Server: Pengertian, Jenis, Manfaat, & Jenisnya

Kesimpulan 

Nah itu tadi penjelasan dari fungsi-fungsi dan juga spesifikasi komputer server yang paling tepat Golden friends. Sangat menarik bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan tentang komputer server, jangan ragu untuk tinggalkan pesan di kolom komentar.

Jika Anda membutuhkan sebuah komputer server yang mumpuni, Golden Fast Network punya solusinya. Mulai dari dedicated server, cloud VPS server, sampai collocation server.

Tidak hanya itu, semua layanan server dibekali dengan hardware kelas enterprise, 24/7 customer service dan monitoring lho.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.