jordy He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Perbandingan VPS Penyimpanan SSD dan HDD, Lengkap!

2 min read

Sebagian besar pengguna memilih VPS karena memiliki performa yang tinggi untuk menjalankan berbagai kebutuhan, salah satunya mengelola website.

Performa VPS dikenal lebih baik dari shared hosting pada umumnya. Selain karena tidak digunakan secara bersama-sama, spesifikasi VPS menjadi salah satu kuncinya.

Biasanya, VPS menggunakan penyimpanan SSD atau paling tidak Hybrid (SSD+HDD). Namun, apa yang terjadi bila terdapat VPS dengan penyimpanan HDD alih-alih hybrid atau SSD? Apakah performanya akan sama seperti shared hosting?

Temukan jawabannya pada artikel berikut ini. Karena kami akan mengulas sejumlah perbandingan antara penyimpanan SSD dan HDD pada VPS.

Perbandingan VPS Penyimpanan SSD dan HDD

Sebelum menilainya secara keseluruhan, Anda bisa menyimak beberapa aspek yang dijadikan perbandingan antara penyimpanan SSD dan HDD pada VPS berikut ini.

1. Harga

Harga menjadi pembeda di antara kedua jenis penyimpanan ini. Seperti diketahui, SSD merupakan penyimpanan generasi baru setelah HDD.

Dengan mengusung peningkatan dan sejumlah fitur, tidak heran mengapa harga SSD pasti lebih tinggi dibandingkan HDD.

Jadi, sudah barang tentu jika Anda akan menemui VPS penyimpanan SSD akan memiliki banderol yang lebih tinggi.

Meski begitu, HDD bukan lantas menjadi penyimpanan yang harus Anda tinggalkan. Pasalnya, ada kalanya Anda akan lebih worth it menggunakan HDD, loh!

2. Performa

VPS penyimpanan SSD memiliki kecepatan baca-tulis data yang lebih tinggi dibandingkan VPS versi HDD. 

Pasalnya, SSD sudah menggunakan chip memori flash untuk menyimpan data, sedangkan HDD menggunakan piringan magnetik.

Proses seperti booting, serta membaca dan menulis data pada SSD pun lebih cepat dibandingkan HDD, sehingga VPS SSD dapat memberikan kinerja yang lebih baik untuk aplikasi yang membutuhkan kecepatan tinggi, seperti website yang dinamis, aplikasi e-commerce, dan game online sekalipun.

3. Ketahanan

Secara umum, SSD lebih tahan lama dibandingkan HDD. Hal ini dikarenakan SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, sehingga lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kerusakan fisik. 

SSD juga lebih tahan terhadap guncangan dan getaran. Namun, SSD juga memiliki keterbatasan dalam hal jumlah penulisan data yang dapat dilakukan. 

Setiap kali data ditulis ke SSD, akan ada sedikit penurunan kinerja dan ketahanannya. Jumlah penulisan data yang dapat dilakukan oleh SSD umumnya lebih tinggi dibandingkan HDD, tetapi tetap ada batasnya.

4. Skalabilitas

Skalabilitas adalah kemampuan suatu infrastruktur dalam menangani beban tambahan yang diberikan.

Dalam hal ini, baik VPS SSD maupun VPS HDD memiliki skalabilitas yang baik. Pasalnya, VPS dengan penyimpanan SSD dan HDD dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Untuk meningkatkan skalabilitas VPS SSD dan HDD, pengguna dapat menambahkan kapasitas penyimpanan atau meningkatkan spesifikasi CPU dan RAM.

Secara umum, skalabilitas VPS SSD dan VPS HDD tidak berbeda jauh. Namun, SSD memiliki keunggulan dalam hal kecepatan, sehingga dapat memberikan kinerja yang lebih baik untuk aplikasi yang membutuhkan skalabilitas tinggi.

5. Efisiensi Daya

SSD lebih efisien dalam penggunaan daya dibandingkan HDD, karena SSD komponen mekanisnya tidak bergerak ketika proses baca-tulis data, sehingga dapat menghemat daya listrik.

Sebaliknya, proses membaca dan menulis data pada HDD memerlukan gerakan fisik, sehingga memerlukan energi yang lebih besar.

Dengan demikian, secara umum VPS SSD dapat menghemat biaya listrik hingga 20% dibandingkan VPS HDD.

VPS SSD Lebih Baik Dibandingkan VPS HDD!

Setelah membandingkan dari kelima aspek di atas, sudah jelas bahwa VPS penyimpanan SSD lebih baik dibandingkan VPS versi HDD.

VPS adalah generasi baru dalam infrastruktur penyimpanan, sehingga peningkatan dan pembaruan di VPS bertujuan untuk meningkatkan performa agar lebih baik.

Namun, bukan berarti VPS HDD tidak layak digunakan. VPS HDD akan jauh lebih worth it apabila kebutuhan Anda hanya ingin menjadikannya sebagai penyimpanan data dan tidak mempermasalahkan kecepatannya.

Dengan harga yang sedikit lebih terjangkau, Golden Friends akan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan SSD.

Namun, perlu diketahui bahwa sekarang ini mencari VPS dengan penyimpanan HDD bisa dibilang cukup sulit karena penyedia VPS dan server telah beralih menggunakan VPS sebagai penyimpanannya.

Lagi pula, harga VPS SSD dan HDD tidaklah jauh berbeda. Jadi, mengapa Golden Friends tidak mencobanya?

Di Goldenfast Network, Anda bisa mendapatkan VPS SSD dengan ekcepatan tinggi mulai dari harga Rp135.000 saja.

Untuk lebih lengkapnya, silakan cek spesifikasinya berikut ini.

Cek Spesifikasi VPS SSD di Sini!

jordy He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *