Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Virtual Machine: Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

3 min read

Virtual Machine Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

Dengan perkembangan internet yang semakin pesat seperti sekarang, hampir semua hal yang ada di dunia ini mempunyai versi digital and virtualnya. Virtual machine adalah salah satunya.

Singkatnya, virtual machine adalah program perangkat lunak atau sistem operasi virtual yang bisa digunakan pada sebuah perangkat keras bersamaan dengan OS asli perangkat tersebut.

Fungsi utama virtual machine adalah untuk melakukan tugas-tugas yang tidak bisa dilakukan pada sistem operasi asli perangkat. 

Dengan virtual machine, Anda dapat menjalankan aplikasi, program, maupun script pada perangkat tersebut secara virtual seperti layaknya menggunakan perangkat yang berbeda.

Nah untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang virtual machine. Mulai dari pengertian, jenis-jenis, dan juga manfaatnya.

Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Virtual Machine

Jadi apa itu virtual machine? Seperti yang sudah dibahas pada pembukaan tadi, virtual machine adalah lingkungan server virtual yang bekerja seperti komputer di dalam komputer.

Virtual machine berjalan pada partisi terisolasi yang ada pada komputer host dengan resources seperti CPU, memori, dan sistem operasi tersendiri.

Virtual Machine Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan berbagai aplikasi pada virtual machine dan menggunakannya seperti biasanya pada perangkat tersebut.

Virtual machine juga merupakan sumber daya komputasi yang menggunakan perangkat lunak 

alih-alih komputer fisik. Satu atau lebih virtual machine bisa berjalan pada satu perangkat keras.

Setiap virtual machine akan menjalankan sistem operasinya sendiri dan berfungsi secara terpisah dari virtual machine lainnya, bahkan jika semuanya berjalan di perangkat yang sama. 

Misalnya, Anda bisa menggunakan virtual machine dengan sistem operasi Linux pada komputer Windows Anda dan sebaliknya.

Teknologi virtual machine biasanya digunakan pada lingkungan cloud server untuk mengakomodasi berbagai tingkat kebutuhan.

Misalnya menjalankan perangkat lunak yang memerlukan sistem operasi berbeda dari perangkat keras, atau untuk menguji aplikasi baru pada sebuah sistem agar lebih aman.

Baca Juga: Mengenal Server: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Cara Kerja Virtual Machine

Cara kerja virtual machine sendiri juga sebenarnya cukup sederhana. Saat Anda membuka mesin virtual ini, VM akan berjalan sebagai proses di jendela aplikasi di OS perangkat fisik.

File kunci yang membentuk mesin virtual termasuk file log, file pengaturan NVRAM, file disk virtual, dan file konfigurasi. 

Proses berjalannya virtual machine dikelola oleh perangkat lunak yang dikenal sebagai hypervisor. 

Software ini bertanggung jawab untuk mengelola dan menyediakan resources seperti memori, penyimpanan, dan sumber daya lainnya dari perangkat utama ke virtual machine. 

Hypersource juga berfungsi untuk mengatur operasi di VM sehingga tidak membanjiri satu sama lain saat menggunakan sumber daya. 

Baca Juga: Cloud Server: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Fungsi dan Manfaat Virtual Machine

Setelah mengetahui pengertian dari virtual machine, pastinya Anda sudah bisa menebak beberapa fungsi dan manfaat utama dari virtual machine.

Namun jika Anda masih tidak yakin, berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari virtual machine:

  • Mudah berganti ke beberapa sistem operasi dalam satu perangkat fisik.
  • Bisa digunakan untuk melakukan pengujian pada sistem operasi yang berbeda.
  • Pengujian software pada banyak OS yang berbeda juga lebih mudah, Anda tidak harus punya banyak perangkat untuk melakukannya.
  • Digunakan untuk kompilasi beberapa server yang berbeda pada satu perangkat.

Baca Juga: Network Security: Pengertian, Konsep, & Jenis-Jenisnya

Jenis-Jenis Virtual Machine

Jenis-Jenis Virtual Machine

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, virtual machine adalah teknologi virtual yang digunakan untuk menjalankan aplikasi dan sistem operasi berbeda pada perangkat yang sama.

Namun sebenarnya tidak semua virtual machine memiliki fungsi yang sama loh Golden friends! Kira-kira apa saja jenis virtual machine perlu Anda ketahui?

Berikut adalah penjelasannya:

1. Process Virtual Machine

Jenis virtual machine yang pertama bernama process virtual machine dimana satu sistem operasi dijalankan sebagai aplikasi utama pada perangkat yang menjadi host atau tuan rumah.

Process virtual machine menyediakan lingkungan pemrograman yang terisolasi dari software dan sistem operasi apapun. 

Contoh dari jenis ini adalah JVM (java virtual machine) yang memungkinkan sistem operasi apapun untuk menjalankan aplikasi java seperti “native application” atau aplikasi asli. 

2. System virtual machine 

Jenis selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah sistem virtual machine. Jenis virtual machine yang ini sudah di virtualisasi secara penuh dan bisa digunakan selayaknya komputer fisik. 

Virtual machine jenis ini bergantung pada kinerja Hypervisor seper VMware ESXi untuk bisa beroperasi pada atau di atas sebuah operating sistem dan juga server.

Software Virtual Machine Terbaik

Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang VMware, salah satu software virtual machine paling terkenal.

Namun sebenarnya masih banyak software virtual machine lainnya yang bisa Anda coba lho Golden friends! Berikut adalah daftar singkatnya:

1. Hyper-V

Hyper-V adalah salah satu software virtualisasi yang biasa digunakan pada operasi sistem Windows. Bahkan windows 8, 8.1, dan Windows 10 sudah memiliki fitur ini secara default lho.

Namun tentunya fitur-fitur yang Anda dapatkan dari versi gratis ini sangat terbatas. Software satu ini sangat cocok untuk pemula yang tidak membutuhkan banyak fitur dan fungsionalitas. 

Sistem operasi guest atau tamu yang di support Hyper-V adalah Windows server, Windows XP SP, dan beberapa versi Linux OS.

2. Virtual Box

VirtualBox adalah software virtualisasi open-source yang mendukung semua sistem operasi sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Software ini bisa digunakan pada sistem operasi Mac, Windows, dan juga Linux. Untuk pengguna perangkat Apple, VirtualBox bisa menjadi host Mac client VM. 

Karena bersifat open-source, Anda bisa mendapatkan software ini dengan sangat mudah. Anda hanya perlu membuka websitenya dan mendownload secara langsung. 

3. Qemu

Qemu adalah software virtualisasi yang bisa menjalankan virtual machine pada sistem operasi Linux dan Windows. 

Berasal dari singkatan Quick Emulator, Qemu bersifat open-source dan bisa digunakan secara gratis. Anda hanya perlu membuka website dan mendownload file untuk memulai.

Perbedaan Qemu dari virtual machine lainnya adalah Qemu bisa digunakan sebagai virtual machine host dan juga emulator machine. 

Virtual machine yang di install pada Qemu juga hampir menyerupai instalasi native dar operasi sistem itu sendiri.

Penutup

Nah itu tadi pengertian singkat tentang virtual machine Golden friends! 

Pendek kata, virtual machine adalah software yang digunakan untuk menjalankan beberapa operasi sistem pada sebuah perangkat fisik.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari virtual machine, salah satunya adalah untuk mengkompilasi beberapa server yang berbeda pada satu perangkat keras.

Berbicara tentang server, jika Anda membutuhkan layanan server terbaik, GoldenFast Network punya solusinya. 

Menawarkan banyak jenis server — mulai dari VPS server, dedicated server, sampai colocation server, semua layanan GFN dilengkapi dengan hardware kelas enterprise, 24/7 monitoring & support, dan juga USP backup.

Pada artikel kali ini kami telah menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang virtual machine. Mulai dari pengertian, tipe, manfaat, dan juga software terbaiknya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

2 Replies to “Virtual Machine: Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published.