Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Apa Itu IP Address: Definisi, Fungsi, Jenis & Cara Kerja

2 min read

ip address adalah alamat IP dalam bahasa Indonesia

IP address adalah unsur penting yang harus ada ketika berinternet. Alasan ini akan kami bahas di artikel ini.

Memahami apa itu IP address harus dimulai dahulu dari mengetahui definisinya sebagai landasan pengetahuan sebelum mengetahui fungsi, jenis dan cara kerjanya.

Untuk itu, kami akan membahas semuanya secara komprehensif dan mudah dimengerti di artikel kami mengenai apa itu IP address.

Jadi, cari lah tempat yang nyaman untuk membaca artikel ini. Tanpa perlu berpanjang-panjang, mari mulai dengan membahas definisi apa itu IP address.

Definisi IP Address

IP address, bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya adalah alamat IP. IP ini sendiri merupakan singkatan dari Internet Protocol.

Internet protocol ini adalah serangkaian aturan yang mengatur format data. Data tersebut dikirim melalui internet atau jaringan lokal.

Bila diambil intinya, IP address adalah penanda yang memungkinkan untuk mengirimkan informasi antar perangkat dalam suatu jaringan.

IP ini berbentuk deretan angka. Idenya seperti nomor handphone. Namun, ada titik di antara angkanya, seperti 192.168. 1.3.

Alamat IP ini memiliki informasi mengenai lokasi perangkat Anda dan bisa membuat perangkat tersebut dapat diakses untuk berkomunikasi.

Susunan angka dari IP address ini tidak random. Angkanya sudah diproduksi secara sistematis dan dialokasikan oleh IANA (Internet Assigned Numbers Authority).

IANA adalah sebuah divisi khusus dari ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Number).

Mungkin orang-orang yang sudah lama berkecimpung di internet sudah tidak asing dengan ICANN, apalagi yang berkutat dengan nama domain.

Susunan angka alamat IP konvensional ini terdiri dari angka 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

Nah, kini Anda sudah paham definisi dan sedikit seluk-beluk mengenai alamat IP. Kini saatnya membahas fungsi dari alamat IP.

Fungsi Alamat IP

Alamat IP atau IP address ini memiliki fungsi sebagai bagian yang mengatur koneksi di antara perangkat yang mengirim dan menerima informasi antar jaringan.

Tanpa sebuah alamat IP, perangkat tidak bisa terkoneksi antara satu dengan yang lain. Ini karena alamat IP bisa mengidentifikasi tiap perangkat di internet.

Selain mengirim informasi dan sebagai penanda perangkat, IP address juga berfungsi sperti return address.

Istilahnya, kalau ada paket yang gagal terkirim, pesan tersebut akan kembal ke alamat Anda.

Nah, seperti itulah fungsi lain dari alamat IP ini.

IP address memungkinkan mail server perusahaan untuk mengirimkan bounce message yang memberitahu Anda kalau email yang dikirim tidak terkirim.

Jenis IP Address

Alamat IP ini terbagi dalam beberapa kategori seperti versinya, publik atau privat, shared atau dedicated, serta dinamis atau statis. Kami akan membahas semuanya di sini.

IPv4 & IPv6

IPv4 ini adalah versi yang tertua dari alamat IP. Sebelumnya kami membahas sedikit mengenai susunan IP yang terdiri dari dari angka 0 hingga 255.

Nah, IPv4 lah yang memiliki susunan angka tersebut. Secangkan versi yang lebih modern adalah IPv6.

IP versi 6 ini menggunakan 128 bit. Susunan tersebut memperluas kemungkinan diproduksinya IP baru karena versi yang lawas menghasilkan alamat IP dalam jumlah terbatas.

Publik & Privat

Alamat IP publik mengidentifikasi Anda ke seluruh internet, memungkinkan semua informasi yang dicari mengarah kepada Anda.

Alamat IP pribadi digunakan dalam jaringan pribadi untuk terhubung dengan aman ke perangkat lain di jaringan tersebut.

Shared & Dedicated

Situs web yang mengandalkan paket shared hosting dari suatu perusahaan web hosting biasanya berbagi server yang sama.

Alamat IP untuk situs web yang dihosting dengan cara ini akan memiliki IP yang sama juga.

Dedicated IP atau IP khusus adalah alamat IP yang memang dikhususkan untuk satu domain saja, tidak dibagi atau sama dengan yang lain.

Dinamis & Statis

IP dinamis, seperti namanya, berarti alamat tersebut dapat berubah dan biasanya IP ini dipinjamkan sementara oleh layanan provider internet Anda.

Sedangkan alamat IP statis adalah alamat IP yang tidak akan berubah. Biasanya IP ini digunakan oleh website pemerintahan atau perusahaan.

Cara Kerja IP Address

Manusia bisa mengidentifikasikan suatu benda dan kepemilikannya dengan mudah melalui sebuah nama.

Sedangkan untuk perangkat komputer, nama di sini adalah alamat IP. Dengan alamat IP, perangkat dapat mengetahui dan mengidentifikasi PC atau gawai Anda.

Setiap perangkat yang terhubung internet tertanam untuk berisi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

TCP/IP adalah sistem komunikasi yang mengatur semua aturan dan proses dimana perangkat terhubung ke internet dan berkomunikasi data satu sama lain.

Itulah bahasa mereka, dan nomor identitas unik ini memungkinkan komputer untuk memahami dan berkomunikasi satu sama lain.

Penutup

Demi keamanan, Anda harus melindungi alamat IP. Jangan sampai alamat IP bisa dilihat orang, takutnya Anda akan dilacak keberadaannya.

Bagaimana pun juga privasi Anda di internet cukup penting. Agar aman saat berselancar di dunia maya, Anda bisa selalu menggunakan VPN.

Sekian artikel mengenai alamat IP ini. Ikuti terus blog GoldenFast Network untuk informasi mengenai dunia IT dan bisnis.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

2 Replies to “Apa Itu IP Address: Definisi, Fungsi, Jenis & Cara…”

    1. sama-sama, kak. jangan ragu untuk bertanya bila ada pertanyaan seputar IP Address, ya kak. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.