Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Webuzo Sebelum Install!

4 min read

kelebihan dan kekurangan webuzo

Ketika beralih ke VPS, Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengelolanya karena sekarang sudah banyak sekali control panel yang bisa Anda gunakan, baik yang gratis maupun berbayar.

Namun, masalahnya tidak semua control panel itu mudah digunakan. Entah itu karena fiturnya yang kurang lengkap atau memang terlalu sulit untuk digunakan oleh pemula.

Karena itu, Anda harus betul-betul paham dulu nih apa saja kelebihan dan kekurangan dari control panel tersebut sebelum meng-install. Termasuk Webuzo, control panel yang cukup banyak digunakan untuk mengelola VPS.

Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Webuzo? Apakah Webuzo cocok digunakan oleh pemula? Yuk, cari tahu jawaban lengkapnya dalam penjelasan berikut ini!

Apa Itu Webuzo?

kelebihan dan kekurangan webuzo

Bagi banyak orang, mengelola VPS itu rumit dan sulit bahkan untuk seseorang yang sudah berpengalaman sekalipun.

Masalahnya, VPS ini berbeda dengan hosting biasa yang sudah tersedia control panel seperti cPanel dan DirectAdmin. 

Anda harus mengelolanya dengan menjalankan berbagai command line secara manual di terminal. Untuk itu, banyak orang lebih memilih untuk meng-install control panel pada untuk mengelola VPS, dan Webuzo menjadi salah satunya.

Webuzo sendiri merupakan multi-user control panel yang dikembangkan oleh pengembang Softaculous. Biasanya, Webuzo digunakan oleh para hosting provider, reseller dan pemilik website.

Nah, sama seperti control panel pada umumnya nih, Webuzo juga memiliki sejumlah fitur canggih yang bisa Anda gunakan untuk mengelola VPS maupun dedicated server.

Mulai dari untuk mengelola domain, email, website, database dan sebagainya. Selain itu, di dalam Webuzo sendiri sudah terdapat seluruh software web server.

Mulai dari PHP, Apache, MySQL, Apache Tomcat, PERL, MongoDB, Python dan sebagainya. Sehingga, ini menjadi control panel yang cocok untuk men-deploy aplikasi maupun website.

Jadi, wajar saja kalau banyak yang menjadikan Webuzo sebagai alternatif nih dari control panel lainnya seperti cPanel untuk mengelola VPS.

Kelebihan Control Panel Webuzo

Meskipun Webuzo mungkin masih terdengar asing di sebagian orang, tapi tetap saja sudah cukup banyak yang menggunakan control panel yang satu ini. 

Beberapa orang memang lebih memilih Webuzo sebagai alternatif dari control panel terkenal lainnya untuk mengelola VPS.

Lantas, kenapa sih Webuzo banyak dipilih orang sebagai alternatif dari control panel lainnya? Yuk, kita lihat kelebihan dari Webuzo berikut ini!

1. Mudah Digunakan

Salah satu kelebihan dari Webuzo yang membuat banyak orang lebih memilih control panel yang satu ini adalah karena mudah untuk digunakan.

Pasalnya, meski ada banyak control panel untuk mengelola server yang bisa Anda gunakan, kebanyakan memiliki fitur serta sistem yang sulit untuk digunakan.

Setidaknya, pengguna perlu mempelajari sistemnya lebih dulu supaya bisa mengelola VPS dengan mudah.

Sedangkan, karena Webuzo dikembangkan oleh Softaculous, control panel yang satu ini memiliki fitur yang mudah digunakan terutama untuk meng-install aplikasi.

Anda hanya perlu 1 klik untuk meng-install aplikasi yang Anda inginkan. Dengan kemudahannya ini, Webuzo sangat cocok nih untuk para pemula.

2. Biaya Murah

Ketika Anda ingin beralih ke VPS, Anda tentu memiliki budget tertentu, bukan? Termasuk budget yang harus dikeluarkan untuk membeli lisensi control panel (jika berbayar).

Karena itu biaya menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih control panel. Jangan sampai Anda malah memilih control panel yang melebihi budget yang ada.

Jika budget Anda terbatas, Webuzo akan jadi pilihan control panel yang tepat nih karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

Kalau Anda lihat harga Webuzo dibanding control panel lainnya, bisa dibilang Webuzo jadi salah satu yang termurah.

Untuk menggunakan Webuzo, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 15 hari dan melanjutkannya dengan paket berbayar dengan harga mulai dari $2.5/month.

3. Terintegrasi dengan Banyak Aplikasi

Seperti yang sudah disebutkan di poin pertama, sangat mudah untuk menggunakan Webuzo terutama untuk meng-install aplikasi.

Nah, yang menariknya, Webuzo telah terintegrasi dengan banyak sekali aplikasi dan fitur. Di Webuzo, Anda bisa men-download dan men-install lebih dari 300 aplikasi dan fitur yang berbeda-beda.

Hanya 1 klik, aplikasi sudah bisa Anda gunakan. Dengan kemudahan ini, Anda tidak perlu lagi melakukan konfigurasi yang rumit lebih dulu. Sangat menarik, kan?

4. Tampilan User Interface Mudah Dipahami

Terkadang, control panel untuk mengelola VPS memiliki tampilan user interface yang lebih rumit. Namun, berbeda dengan Webuzo nih.

Karena Webuzo dikembangkan oleh pengembang dari Softaculous, control panel yang satu memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda nih.

Webuzo memiliki tampilan user interface yang lebih sederhana dan clean. Hanya ada fitur-fitur penting saja di dalamnya.

Sehingga, ini tentu akan sangat memudahkan Anda nih untuk mengelola server tanpa pusing mencari fitur yang harus digunakan.

Kekurangan Control Panel Webuzo 

Mau sehebat apapun fitur yang dimiliki oleh suatu control panel, tetap saja ada kekurangan yang dimiliki begitu pula dengan Webuzo.

Sebagai pengguna, Anda tentunya harus mengetahui lebih dulu nih apa saja kelebihan dan kekurangan dari Webuzo. Supaya Anda bisa mengetahui apakah ini sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Nah, berikut ini beberapa kekurangan Webuzo yang harus Anda ketahui.

1. Sering Mengalami Bug

Salah satu kekurangan dari Webuzo yang cukup banyak dikeluhkan oleh para pengguna adalah control panel yang satu ini sering mengalami bug.

Bukan karena sistemnya yang amat buruk, tapi performa Webuzo akan menurun ketika Anda harus menggunakannya dalam skala yang lebih besar.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini karena tim Support dari Webuzo siap membantu Anda untuk segera mengatasi masalah yang ada.

2. Platform Masih Terbatas

Selain performa yang menurun, platform yang bisa Anda gunakan untuk Webuzo ini juga masih cukup terbatas.

Untuk saat ini, Anda hanya bisa menggunakan Webuzo di platform Windows dan Linux. Sedangkan, untuk platform lainnya masih belum bisa nih. 

Nah, hal ini cukup menyulitkan para pengguna karena mereka harus tetap online untuk memantau VPS mereka.

Jadi, sebelum meng-install Webuzo di platform, pastikan Anda sudah mempertimbangkan hal ini lebih dulu, ya.

3. Komunitas yang Masih Kecil

Jika Anda perhatikan, control panel populer seperti cPanel, DirectAdmin dan sebagainya, memiliki komunitas yang cukup besar.

Dengan komunitas yang cukup besar ini, Anda bisa banyak bertanya kepada sesama pengguna terkait control panel tersebut. Entah itu mengenai cara penggunaan sampai cara mengatasi ketika terjadi isu.

Sedangkan, Webuzo belum memiliki komunitas yang sebesar itu. Hal ini karena jumlah pengguna Webuzo sendiri masih sedikit.

Sehingga, jumlah referensi untuk control panel yang satu ini pun juga masih sangat sedikit mengingat yang menggunakan pun juga sedikit.

4. Fitur Kurang Lengkap

Meski sudah dipenuhi dengan fitur-fitur canggih, tetap saja ini tidak selengkap dengan control panel lainnya seperti cPanel.

Fitur yang ada di dalam Webuzo ini terbilang masih kurang lengkap. Bahkan, ada beberapa yang tampaknya tidak bisa berfungsi dengan baik.

Namun, bukan berarti Webuzo sangat buruk ya, karena control panel yang satu ini tetap memiliki fitur-fitur penting dalam server management, kok.

Kalaupun ada fungsi yang dirasa kurang lengkap, Anda masih bisa melengkapinya dengan meng-install fitur yang Anda inginkan di Webuzo.

Apakah Webuzo Memungkinkan Pengelolaan Beberapa Website dalam Satu Panel?

Benar, Webuzo merupakan multi-user control panel untuk mengelola VPS, dedicated server maupun hosting biasa.

Sehingga, Anda bisa mengelola lebih dari 1 website melalui halaman control panel Webuzo yang sama.

Apakah Webuzo Membutuhkan Sumber Daya Sistem yang Lebih Tinggi Dibandingkan Control Panel Lainnya?

Tidak benar, Webuzo dirancang untuk menjadi control panel yang ringan dan mudah untuk digunakan.

Sehingga, sumber daya sistem yang dibutuhkan pun terbilang lebih rendah dari control panel populer lainnya seperti cPanel dan Plesk.

Jadi, Apakah Anda Ingin Install Webuzo untuk VPS?

Mengelola VPS secara manual menggunakan command line memang lebih menyulitkan, bahkan untuk yang berpengalaman sekalipun.

Untuk meng-install aplikasi saja, Anda harus menjalankan sejumlah command line yang tentunya sangat rumit untuk dilakukan.

Itulah mengapa banyak yang lebih memilih menggunakan control panel seperti Webuzo untuk mengelola VPS maupun dedicated server yang mereka miliki.

Namun, tentunya Anda harus memahami betul-betul apa saja kelebihan dan kekurangan dari Webuzo sebelum meng-install-nya.

Penting nih untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Webuzo supaya Anda bisa betul-betul mendapatkan control panel yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Nah, di Goldenfast.net sendiri, Anda bisa menggunakan Webuzo sebagai control panel untuk mengelola Cloud VPS Corporate.

Dapatkan Cloud VPS dan Webuzo Di Sini!

Kalau begitu, sampai di sini dulu pembahasan kami kali ini. Semoga Anda bisa terbantu dengan artikel ini, ya.

Jika ada pertanyaan atau ingin berdiskusi tentang topik ini, jangan ragu buat drop pendapat Anda lewat kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *