jordy He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mending VPS Bayar Bulanan atau VPS Sesuai Penggunaan?

1 min read

Mengelola VPS mengharuskan Golden Friends untuk mengeluarkan kocek lebih dalam dibanding menggunakan shared hosting. 

Di balik harganya yang umumnya lebih tinggi dari shared hosting, Anda beruntung karena terdapat VPS yang menggunakan sistem pay-as-you-go, atau bayar sesuai penggunaan. 

Dengan begitu, Anda tidak akan dikenakan tarif apabila VPS sedang tidak digunakan. Namun, tetap saja masih ada sebagian pengguna yang masih menggunakan VPS dengan pembayaran bulanan. 

Lantas, mana yang lebih baik, jenis VPS bayar bulanan atau VPS bayar sesuai penggunaan?

VPS Bayar Bulanan

Sesuai namanya, VPS bayar bulanan memungkinkan Golden Friends akan membayar biaya sewa VPS setiap bulannya.

Anda harus membayar dalam jumlah tertentu, terlepas dari penggunaan resource VPS tersebut.

Jadi, entah Anda menggunakan resource tersebut atau tidak, biayanya akan tetap sama. Pembayaran semacam ini sudah sangat umum dalam dunia server dan hosting.

Adapun kelebihan VPS bayar bulanan adalah sebagai berikut:

  • Total biaya sudah dapat diperkirakan: Aspek ini sangat penting bagi Anda yang memiliki perencanaan biaya sejak awal. Karena harga sewa VPS sudah dapat diketahui, Anda bisa menghindari hal-hal seperti pembengkakan biaya, dan sebagainya.
  • Tidak khawatir overuse: Karena biaya sudah ditentukan penyedia VPS, Golden Friends bisa lebih tenang karena tidak akan menghadapi kasus seperti lonjakan biaya yang disebabkan oleh penggunaan yang melebihi batas. Tipikal VPS bayar bulanan biasanya sudah ditentukan berdasarkan resource-nya, jadi Anda akan mendapatkan bagian Anda masing-masing.

VPS Bayar Sesuai Penggunaan

Sementara itu, VPS bayar bulanan atau pay-as-you-go (PAYG) adalah skema pembayaran VPS yang ditentukan berdasarkan penggunaan resource.

Jadi, Anda tidak harus membayar biaya apabila VPS sedang tidak aktif. Biasanya skema pay-as-you-go ini menggunakan deposit dalam jumlah tertentu, misalnya batas minimalnya adalah Rp50.000.

Dengan rincian harga per menit adalah Rp69 per jam, maka Anda bisa menggunakannya selama sebulan penuh jika konsisten, atau bisa lebih lama jika VPS tidak selalu diaktifkan.

Metode yang sama bisa Anda temui pada penggunaan listrik yang pembayarannya dengan pulsa elektrik.

Pembayaran dengan sistem pay-as-you-go menawarkan beberapa kelebihan, seperti:

  • Fleksibilitas: Golden Friends hanya membayar untuk resource yang digunakan, sehingga bisa menghemat uang jika penggunaannya rendah.
  • Lebih efisien: Umumnya, VPS pay-as-you-go menawarkan resource yang dapat di-upgrade dan downgrade. Jadi, Anda bisa melakukan peningkatan dan penurunan resource jika dibutuhkan, dan dengan skema pembayaran yang sama. Terasa lebih efisien, bukan?

Lebih Baik VPS Bayar Bulanan atau VPS Bayar Sesuai Penggunaan?

Karena keduanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, Anda tidak bisa jika hanya membandingkan dari satu sisi.

Pasalnya, hadirnya skema pay-as-you-go bukan untuk menyaingi pembayaran konvensional bulanan, melainkan sebagai alternatif bagi pengguna.

Bahkan, Golden Friends malah mendapatkan kemudahan dalam melakukan pembayaran untuk menyewa VPS sesuai kebutuhan dengan biaya yang tetap hemat.

Adapun beberapa kondisi yang dapat dijadikan untuk menentukan metode pembayaran VPS yang sesuai kebutuhan Anda:

  • VPS bayar bulanan sangat cocok bagi Golden Friends yang membutuhkan penggunaan resource konsisten, misalnya untuk website atau aplikasi yang dapat diakses secara online kapan pun.
  • Sedangkan, VPS bayar sesuai penggunaan akan lebih sesuai bagi Anda yang membutuhkan resource untuk proyek yang bervariasi atau tidak menentu, tetapi tidak ingin membayar penuh secara bulanan.

Keduanya sama-sama menjadi metode pembayaran yang sangat efektif apabila Golden Friends memilihnya berdasarkan kebutuhan. Jadi, pahami kebutuhan Anda terlebih dahulu!

jordy He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *