Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Top 10 Website Builder Gratis (Freemium) Terbaik 2022

2 min read

website builder gratis terbaik

Website builder gratis adalah sebuah solusi untuk Anda yang tidak mau repot dengan coding dan lain-lainnya dan budgetnya terbatas.

Menggunakan website builder adalah cara praktis untuk membuat website yang fungsional sekaligus menarik.

Freemium sendiri adalah sebuah blending dari kata free dan premium. Jadi, sementara Anda bisa menggunakan software, aplikasi, atau platform apapun secara gratis, ada opsi premium untuk upgrade fitur dan lain-lainnya.

Nah, di artikel ini kami akan mengulas website builder freemium terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membuat website.

Daftar 10 Website Builder Freemium Terbaik

Bagi para pemula di dunia pembuatan website, web builder adalah solusi bagi yang menghindari ribetnya bahasa pemrograman.

Dengan website builder, Anda akan menghemat waktu, tenaga dan pikiran karena hanya dengan click-and-drag, website bisa memiliki tampilan yang ciamik.

Berikut ini adalah daftar top 10 website builder yang layak diuji kebolehannya.

1. Webnode

webnode website builder

Mencari platform pembuat website tanpa harus menggunakan coding, Anda bisa mengandalkan Webnode.

Webnode mendukung pembuatan formulir kontak, dapat berintegrasi dengan Google Maps dan yang penting SEO-friendly.

Selain itu, tema-tema yang dimiliki oleh webnode juga responsif. Jadi, akan sangat nyaman bila pengunjung bernavigasi di website Anda.

2. Mozello

mozello

Ingin menyasar pasar mancanegara? Mozello mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena web builder ini mendukung website multilingual.

Walau kurang fleksibel, ads Mozello tidak akan mengganggu pengunjung, fiturnya komplit untuk website blog maupun toko online.

Anda juga akan dibekali tool SEO yang akan melancarkan bisnis jika menggunakan Mozello untuk membuat website.

3. Webstarts

webstarts web builder

Merating dirinya sebagai website builder gratis paling top, Webstarts bisa Anda andalkan untuk mem-power up website.

Dengan layanannya yang gratis, Anda bisa membuat website yang memiliki blog sekaligus toko online. Menarik, bukan?

Jika digunakan, Anda akan merasakan sensasi bahwa Webstarts ini mirip dengan Wix karena fiturnya dan juga bagaimana kemudahan dalam menggunakannya.

4. Weebly

weebly

Pastinya Weebly pantas untuk berada di dalam daftar top 10 website builder gratis yang layak untuk digunakan.

Template yang ditawarkan oleh Weebly sangat keren, bervariasi dan juga mulus alias responsif untuk bernavigasi kesana kemari.

Satu-satunya kekurangan dari Weebly ini adalah iklan Weebly yang sedikit terlalu terang-terangan berada di bagian footer website.

5. Mobirise

mobirise

Bagi Anda yang kurang nyaman dengan membuat website melalui browser, Mobirise menjadi pilihan tepat.

Mobirise adalah website builder yang berupa software. Dengan menginstalnya di PC, Anda sudah bisa menggunakannya dalam hitungan menit.

Untuk menggunakannya pun mudah karena Mobirise memungkinkan Anda untuk membut website dengan click-and-drag secara offline.

Template yang ditawarkan juga tidak kalah beragam, dan untuk menggunakannya, Anda harus melakukan setup koneksi FTP.

6. Jimdo

jimdo

Jagonya web builder yang responsif untuk perangkat mobile. Ada beberapa template yang bisa Anda pilih untuk si calon website.

Walau bervariasi dan terkesan fancy, loading Jimdo bisa diadu. Kecepatan loadingnya lebih cepat dibanding web builder lainnya.

Sayangnya, Jimdo limit fitur. Tapi, tetap bisa diandalkan untuk para pelaku bisnis yang ingin menampilkan website mereka di halaman pertama Google.

7. GoDaddy Website Builder

godaddy

GoDaddy adalah rajanya bisnis domain dan hosting. Mereka tidak hanya menyediakan layanan yang sudah disebutkan, log.

GoDaddy juga memiliki website builder yang bisa digunakan secara gratis.

Membuat website dengan builder ini sangat mudah terutama untuk para pemula karena editornya mudah dipahami dan digunakan oleh pemula.

Selain tampilan website Anda nanti responsif via mobile, ada banyak add-on yang ditawarkan oleh GoDaddy, seperti tool marketing, blog, jadwal dan lain-lain.

8. Webflow

webflow

Website modern dengan fungsionalitas maksimal bisa Anda buat dengan menggunakan Webflow.

Opsi kustomisasi Webslow begitu banyak, maka dari itu mungkin platform satu ini agak lebih rumit bila dibandingkan dengan pesaingnya.

Namun hal ini patut dipahami karena Webflow menyuasar web desainer, developer, serta pengguna yang sudah sangat umum dengan website.

9. IM Creator

im creator

IM creator adalah website builder gratis yang memiliki banyak sekali template dan digolongkan ke beberapa kategori sehingga memudahkan Anda dalam memilih tema website.

Website builder ini sangat fleksibel karena Anda tidak dibatasi dengan elemen-elemen seperti headline, blok teks dan lain-lain.

Anda bebas berekspresi, tapi bila tata letak yang digunakan tidak matang, ada kemungkinan bentuk website akan berantakan.

10. New Google Sites

google sites

Benar, Google memiliki website builder yang bernama Google Sites. Kini Google Sites merubah image-nya menjadi lebih modern dan rapi.

Jika ingin membuat website yang basic-basic saja, jatuhkan lah pilihan Anda ke New Google Sites karena mudah digunakan.

Karena produk ini dari Google, tentu saja Anda bisa mengintegrasikan website Anda dengan aplikasi Google yang lain tanpa ada kendala.

Penutup

Ada banyak sekali website builder yang bisa Anda gunakan secara gratis. Di artikel ini Anda telah mendapatkan 10 terbaik versi GoldenFast Network.

Anda bisa memilih salah satu di antara 10 website builder Andalan kami ini:

  • Webnode
  • Mozello
  • Webstarts
  • Weebly
  • Mobirise
  • Jimdo
  • GoDaddy Website Builder
  • Webflow
  • IM Creator
  • New Google Sites

Benar, semuanya dapat Anda gunakan secara gratis dan ada yang bisa Anda gunakan secara offline juga, loh. Menarik, bukan?

Selain itu, Anda juga tidak perlu susah-susah belajar coding untuk membuat website.

Nah, selanjutnya, jika ingin memiliki domain dan hosting sendiri, Anda selalu memiliki pilihan seperti Cloud VPS untuk bisnis kecil-menengah dan juga dedicated server yang sangat cocok untuk bisnis besar dan enterprise.

Semoga artikel kali ini bermanfaat, selamat mengembangkan website!

Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published.