Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

3 min read

cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula

Memiliki sebuah website adalah suatu keharusan untuk segala bisnis — baik untuk menjual produk atau hanya untuk memberikan informasi tentang brand atau layanan Anda. 

Nah untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula.

Jika Anda sudah lama berencana untuk membangun situs web dan tidak tahu harus mulai dari mana, yuk langsung saja lihat cara membuat website termudah berikut ini!

Cara Membuat Website Dengan Mudah

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang cara membuat website, berikut adalah dua cara membangun website paling mudah dan populer:

Melalui Website Builder

Sesuai dengan namanya, website builder adalah platform yang digunakan untuk membuat situs web. 

Platform ini dirancang untuk membuat website dengan mudah dan cepat — bahkan untuk pemula sekalipun. 

Umumnya, Anda tidak perlu skill coding maupun programming untuk menggunakan platform website builder ini.

Dengan bantuan alat dan fitur yang dirancang khusus, website builder memungkinkan Anda melalui proses bebas stress saat membangun situs web Anda.

Fitur drag-and-drop, misalnya. Fitur ini adalah salah satu fitur paling populer yang dimiliki oleh sebagian besar website builder karena sangat praktis dan mudah untuk digunakan.

Melalui WordPress

Sampai saat ini WordPress adalah salah satu platform CMS (content management system) paling populer yang ada. Melalui WordPress, Anda dapat membuat segala jenis website.

Hal ini bisa terjadi berkat ribuan plugin dan tema WordPress yang bisa digunakan untuk menambahkan fitur dan fungsi apapun yang dibutuhkan untuk membuat website Anda.

Meskipun menguasai WordPress dapat memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan website builder, Anda dapat menemukan semua yang perlu Anda ketahui tentang WordPress secara online.

Bahkan WordPress juga mempunyai komunitas resmi yang bisa Anda temukan di websitenya loh!

Baca juga: 5 Rekomendasi WordPress Affiliate Plugin Terbaik 

Website Builder VS WordPress: Mana yang terbaik?

Meskipun website builder menawarkan cara membuat website yang lebih mudah, ada beberapa hal yang website builder tidak miliki. 

Dalam hal fleksibilitas, contohnya. Pada website builder. Anda memiliki pilihan fitur yang jauh lebih terbatas karena tidak adanya plugin. Fitur penting seperti SEO analyzer mungkin tidak tersedia.

Di sisi lain, WordPress terkenal lebih ramah SEO. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lebih lebih banyak fitur optimasi dengan bantuan plugin seperti Yoast SEO . 

CMS WordPress juga memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menyesuaikan dan mengelola website Anda sesuka hati. Kemungkinannya benar-benar hampir tak terbatas!

Membuat Website Melalui WordPress

Nah, berikut adalah langkah dan cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula melalui WordPress:

Pilih Penyedia Hosting

Sebenarnya, membuat website pada WordPress sangat mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah layanan penyedia hosting dan sebuah domain.

Anda mungkin bertanya apa itu web hosting dan mengapa Anda membutuhkannya. Sederhananya, agar website Anda bisa online di internet, Anda memerlukan layanan web hosting.

Web hosting menyimpan data situs web Anda di server dan memungkinkan siapa pun yang mengetikkan alamat web Anda di browser untuk mengaksesnya. 

Karena itu, penting untuk menemukan penyedia hosting yang tepat untuk website Anda. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih web hosting adalah server uptime, security (keamanan), scalability (skalabilitas), dan juga speed (kecepatan).

Tentunya Anda tidak ingin menggunakan layanan web hosting dengan kecepatan loading yang lambat dan server yang sering down atau offline kan?

Penyedia hosting web biasanya menawarkan beberapa paket untuk kebutuhan yang berbeda, jadi pilihlah dengan hati-hati.

Pilih Domain Anda

Memiliki nama domain yang sesuai adalah langkah penting saat membuat situs web. Setelah website Anda publish, nama domain akan menjadi alamat resmi situs web tersebut. 

Nama domain juga mewakili brand dan juga bisnis Anda. Ada beberapa aturan emas dalam memilih nama domain yang tepat

  • Buatlah menarik dan ringkas – yang Anda inginkan adalah nama domain yang pendek dan mudah diingat. Jika brand Anda memiliki slogan tertentu, mungkin ideal untuk menggunakannya. Sebagai alternatif, pikirkan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda, atau cukup gunakan nama perusahaan, jika Anda membuat website bisnis. 
  • Jangan gunakan angka dan tanda hubung – tanda hubung dan angka sulit diingat dan dapat menyebabkan kebingungan saat membagikan nama domain Anda secara lisan. Lebih baik untuk tidak menggunakan kedua hal tersebut ketika memikirkan domain.
  • Gunakan ekstensi nama domain yang tepat – meskipun .com adalah versi klasik yang tidak ada duanya, ada banyak opsi lain untuk dipilih. Kenali lebih banyak ekstensi domain dan pilih yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Instal WordPress dan Bangun Website Anda

Setelah Anda selesai memilih nama domain, langkah selanjutnya adalah untuk menginstal WordPress di akun hosting Anda. 

Penyedia hosting biasanya menawarkan one-click auto-installer di dasbor mereka. Jika hosting Anda menggunakan cPanel ataupun direct admin, Anda bisa mencoba Softaculous auto-installer.

Anda hanya perlu menekan tombol Install, atur nama pengguna dan kata sandi, dan situs WordPress Anda siap untuk dibangun sesuai dengan keinginan..

Menyesuaikan situs web Anda melalui WordPress adalah proses  yang mudah. Dengan ratusan tema dan plugin gratis yang dapat dipilih, Anda bisa mendapatkan semua yang Anda butuhkan. 

Semua fitur hebat ini tersedia di dasbor WordPress Anda di bawah tab Appearance and Plugins .

Luangkan waktu Anda dan jika Anda masih merasa kewalahan, ingatlah ada ratusan tutorial cara membuat website di internet.

Publish Website Anda

Setelah Anda selesai mengutak-atik website Anda, langkah selanjutnya adalah mempublikasikan website tersebut dan mulai menambahkan konten. 

Mempublikasikan website Anda hanya diperlukan waktu sekitar 5 detik saja. Namun selalu ingat untuk memeriksa ulang semua konten, tautan, dan informasi yang ada.

WordPress menawarkan fitur Preview saat Anda sedang membangun website Anda. Gunakan fitur ini untuk melihat bagaimana website dan konten Anda akan terlihat ketika di publish. 

Setelah Anda puas dengan hasil akhir website Anda, yang perlu dilakukan hanyalah mengklik Activate and Publish dan situs web Anda akan aktif dan berjalan!

Penutup

Nah itu dia tutorial lengkap cara membuat website. Sangat mudah bukan? Sekarang tunggu apa lagi? Langsung saja buat website Anda dan selamat mencoba!

Jika Anda masih ada pertanyaan tentang cara membuat website, silahkan tinggalkan komentar di bagian bawah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Jangan lupa untuk kunjungi blog GoldenFast Network untuk belajar lebih banyak tentang semua hal yang berkaitan dengan teknologi; mulai dari server, website, sampai web development.

 

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *