Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu FUP? Pengertian & Jenis Fair Usage Policy

2 min read

Apa Itu FUP: Pengertian & Jenis Fair Usage Policy

Jika Golden friends pernah membeli suatu paket hosting maupun  server di internet, pastinya Anda pernah mendengar dan bertanya-tanya apa itu FUP sebelumnya bukan?

Fair usage policy atau yang juga sering disebut sebagai FUP adalah batas pemakaian wajar yang ada pada layanan online seperti hosting, paket data, dan juga server.

Meskipun saat ini banyak ISP (penyedia layanan internet) yang menawarkan paket unlimited tanpa batas, mereka tetap akan menerapkan batas pemakaian wajar (FUP) di dalamnya.

Fair use policy ini diterapkan untuk membatasi penggunaan berlebihan setiap user agar tidak mengganggu lalu lintas data pengguna lain yang  ada di jaringan tersebut.

Nah jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu FUP, Anda ada di artikel yang tepat! Disini kami akan membahas pengertian lengkap beserta jenis-jenis yang ada.

Selamat membaca!

Apa Itu FUP?

Singkatnya, fair usage policy atau FUP adalah kebijakan batas penggunaan wajar yang telah disetujui dan diterapkan oleh banyak penyedia broadband internet di dunia.

FUP digunakan untuk memastikan bahwa setiap pengguna internet menggunakan data secukupnya dan untuk menghindari gangguan lalu lintas data pada jaringan.

Untuk mencegah satu pengguna menyalahgunakan dan memakan bandwidth pengguna lainnya, penyedia broadband internet akan membatasi kecepatan data dari pelanggar tersebut.

FUP juga bisa disebut sebagai perjanjian penyedia broadband dan pengguna untuk membatasi layanan internet yang digunakan jika sudah melewati batasan yang ditentukan.

Jadi misalnya saat ini Anda menggunakan layanan unlimited dengan FUP bulanan 20GB per bulan, Anda akan mendapatkan akses kecepatan penuh sampai melampaui batasan tersebut.

apa itu fup

Saat batas pemakaian internet sudah melampaui batas, kecepatan data internet yang diberikan oleh provider akan melambat sesuai dengan pemakaian batas wajar yang ditentukan.

Nah meskipun mungkin terdengar serupa, FUP sangat berbeda dari batas penggunaan data lho Golden friends! Umumnya, kebijakan FUP hanya akan diterapkan pada paket unlimited saja.

Sedangkan, batas penggunaan adalah sejumlah data yang hanya dapat digunakan dalam durasi yang sudah ditentukan. Akan ada biaya tambahan jika Anda melampaui batas tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui FUP and batas penggunaan data saat Anda mendaftar dan membeli sebuah paket internet data broadband.

Umumnya, layanan penyedia broadband internet akan menawarkan paket unlimited dengan FUP atau paket data dengan batas penggunaan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Penyedia jaringan menerapkan FUP yang adil untuk memastikan bahwa setiap orang dapat memiliki pengalaman terbaik menggunakan layanan internet. 

Jika Anda melampaui batas penggunaan wajar, penyedia akan membatasi kecepatan jaringan internet hingga akhir siklus penagihan berikutnya.

Baca juga: Cloud Server: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Jenis-Jenis FUP

Nah provider internet indonesia juga memiliki jenis-jenis fair usage policy yang berbeda. Berikut adalah beberapa layanan dan kebijakan FUPnya.

 Internet Indihome

Jika Anda adalah pengguna layanan WiFi, pastinya Anda tahu apa itu Indihome. Provider ini memang salah satu layanan internet yang paling populer di Indonesia saat ini.

Nah, layanan Indihome juga menerapkan beberapa variasi kebijakan FPU lho Golden friends! Tipenya tergantung pada kecepatan internet normal dan harga dari paket tersebut.

Umumnya saat Anda sudah melewati batas fair usage pertama paket Indihome, kecepatan internet akan berkurang menjadi 75% sampai 50% sampai dari kecepatan normal.

Jika Anda melewati batasan FUP kedua, kecepatan data internet akan berkurang menjadi 40% dari kecepatan maksimal awal Golden friends!

Baca juga: Protokol Jaringan: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Indosat Unlimited 

Selain Indihome, salah satu penyedia layanan internet (ISP) lain yang cukup populer dan menawarkan paket unlimited di Indonesia adalah Indosat.

Perusahaan penyedia telekomunikasi ini terkenal menawarkan banyak paket internet terjangkau. Salah satunya adalah Indosat unlimited.

Sama seperti Indihome, Indosat juga memiliki banyak variasi FUP untuk paket unlimited yang tergantung akan harga dan kecepatan maksimal. 

Bedanya, Anda bisa memilih paket FPU bulanan maupun harian sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah melewati batas, kecepatan internet akan turun menjadi 512Kbps.

Kelebihan FUP

Pada dasarnya, tidak banyak manfaat yang bisa pelanggan dapatkan dari kebijakan FUP. Di sisi lain, untuk perusahaan telekomunikasi, kebijakan ini memang sangat menguntungkan.

Nah berikut ini adalah beberapa manfaat dan kelebihan dari fair usage policy:

  • Semua perusahaan Broadband dan Internet Seluler dapat mengontrol penggunaan internet semua usernya.
  • Jaringan internet akan stabil karena pengguna telah memiliki batasan kecepatan yang telah ditentukan.
  • Pengguna tetap bisa mengakses internet meskipun kuota data internet telah habis meskipun kecepatannya akan berkurang.
  • ISP (internet service provider) akan mendapatkan lebih sedikit beban.

Penutup

Istilah Fair Usage Policy alias FUP adalah kebijakan atau aturan penggunaan data internet yang diterapkan oleh layanan penyedia komputer (ISP) kepada pelanggannya. 

Sesuai aturan, penyedia jasa menerapkan kebijakan FUP kepada pelanggan untuk keseimbangan jumlah data internet sesuai dengan paket yang dibeli. 

Nah di artikel ini kami telah membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang apa itu FUP. Mulai dari pengertian lengkap dan jenis-jenisnya pada ISP lokal.

Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut tentang apa itu fup, jangan lupa tinggalkan pesan pada kolom komentar bawah ya!

Ohiya, kabar baiknya, semua layanan server terbaik di GoldenFast Network menawarkan unmetered bandwidth tanpa FUP lho Golden friends!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.