Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu Motherboard? Pengertian, Fungsi, dan Komponennya

3 min read

Apa Itu Motherboard Pengertian, Fungsi, & Komponennya

Jika Anda sering berurusan dengan perangkat keras seperti komputer dan server, pastinya Anda tahu apa itu motherboard.

Unit perangkat keras ini juga sering disebut sebagai mainboard atau mobo, adalah komponen utama dari sebuah komputer. 

Tugas utama motherboard adalah untuk menjadi papan sirkuit utama yang menghubungkan berbagai komponen elektronik pada perangkat keras.

Nah jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang apa itu motherboard, Anda ada di tempat yang tepat Golden friends!

Di artikel kali ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya. Mulai pengertian, fungsi, dan komponennya.

Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Motherboard?

Pada dasarnya, motherboard adalah papan sirkuit yang ada di dalam sebuah casing komputer dimana semua komponen komputer terhubung. 

Motherboard menyediakan konektivitas antara komponen perangkat keras komputer, seperti prosesor (CPU), memori (RAM), hard drive, dan kartu video. 

Lebih tepatnya, motherboard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai “tulang punggung” atau “ibu” yang menyatukan semua bagian.

Motherboard sendiri juga datang dalam berbagai jenis dan ukuran yang berbeda lho! Tujuannya  agar sesuai dengan berbagai jenis dan ukuran perangkat keras.

Setiap jenis motherboard dirancang untuk bekerja dengan jenis prosesor dan memori tertentu, sehingga tidak semua jenis bisa cocok dengan perangkat Anda.

Namun, umumnya hard drive yang bersifat universal akan bekerja dengan sebagian besar motherboard, terlepas dari jenis atau brand nya.

Sebenarnya, motherboard tidak mempengaruhi kinerja sebuah perangkat keras. Performa perangkat akan meningkat bergantung pada chipset yang terpasang.

Secara fisik, motherboard terdiri dari lembaran bahan non-konduktif yang kuat dan kaku. Kemudian, lapisan aluminium foil akan dicetak pada lembaran ini. 

Lapisan tembaga yang juga sering disebut dengan traces itu umumnya kecil dan membentuk sirkuit antara berbagai komponen.

Selain sirkuit, motherboard juga berisi sejumlah soket dan slot untuk menghubungkan komponen-komponen lainnya yang ada di dalamnya.

Umumnya, motherboard dilengkapi dengan beberapa konektivitas interface input/output yang terletak pada panel input/output di belakang perangkat tersebut.

Interface paling umum pada motherboard adalah port USB. Umumnya, motherboard memiliki beberapa port USB karena banyaknya jenis konektivitas USB yang ada.

Fungsi Motherboard

Tujuan utama dari motherboard adalah untuk memindahkan daya dan menyediakan tempat di mana semua komponen dapat berkomunikasi satu sama lain. 

Nah berikut ini adalah beberapa fungsi lain dari motherboard:

  • Mentransfer data ke semua komponen komputer.
  • Menyediakan tata letak terbaik untuk semua komponen yang ada di komputer.
  • Menghubungkan komponen seperti CPU, RAM, dan video card melalui Hub Komponen.
  • Menyebarkan daya untuk bagian komputer sesuai dengan kebutuhan setiap bagian.
  • Menghubungkan berbagai komponen interface komputer langsung atau tidak langsung. 
  • Mengirimkan traffic data untuk semua bagian komputer sesuai kebutuhan per bagian.
  • Menjadi pusat komunikasi ke seluruh komponen secara langsung maupun tidak.

Baca juga: Fungsi & Spesifikasi Komputer Server Paling Tepat

Komponen Motherboard

komponen-komponen

Jika Anda membongkar perangkat keras Anda dan mengeluarkan motherboard, Anda akan melihat beberapa bagian dan komponen berbeda.

Tergantung pada merek dan model perangkat keras Anda, berikut adalah beberapa komponen yang umumnya ada pada motherboard!

  • Chipset — komponen utama dari sebuah motherboard yang berfungsi sebagai  jembatan arus data yang menghubungkan processor dengan komponen lainnya.
  • Slot PCI — komponen periferal digunakan untuk memasang perangkat PCI seperti WiFi card, LAN card, dan sound card.
  • Power connector — terdiri dari 24 pin atau 24 luban yang berguna untuk menyambungkan arus listrik power supply dan motherboard.
  • Slot RAM — komponen yang satu digunakan untuk meletakan slot memory RAM. slot ini umumnya berbentuk memanjang dan mempunyai pengait di ujungnya.
  • North bridge controller —   juga dikenal sebagai host bridge atau Memory Controller Hub bertanggung jawab untuk tugas-tugas yang membutuhkan kinerja tertinggi.
  • Slot IDE & SATA — 
  • South bridge controller — mengatur komunikasi antara CPU dan komponen motherboard lainnya bersama northbridge. Kinerja lebih lambat. 
  • Slot AGP — saluran point-to-point berkecepatan tinggi untuk menghubungkan kartu video (kartu grafis) ke sistem komputer. Fungsi utamanya adalah untuk membantu dalam percepatan grafik komputer 3D.
  • BIOS (basic input-output system) —  firmware yang digunakan untuk melakukan inisialisasi hardware selama booting dan menyediakan layanan runtime untuk sistem operasi dan program.

Baca juga: Komputer Server: Pengertian dan Jenisnya

Jenis-Jenis Motherboard

Nah, sekarang saatnya kita mempelajari berbagai ukuran yang motherboard tersedia Golden friends! Umumnya, ada tiga jenis ukuran motherboard:

Standard ATX

Motherboard standard ATX datang dengan dimensi 305x244mm, dimensi ini dapat bervariasi tergantung akan manufacture-nya. 

Standard ATX menawarkan lebih banyak slot ekspansi: 4 slot RAM, 2 slot PCIe, USB port, dan port lainnya untuk konektivitas yang lebih fleksibel.

Ukuran motherboard ini sangat cocok digunakan jika Anda menginginkan lebih banyak slot ekspansi dan port penghubung untuk menangani beban kerja lebih berat

Motherboard standard ATX hanya cocok untuk casing yang mendukung motherboard full ATX atau Extended ATX.

Micro ATX

Motherboard Micro ATX memiliki dimensi 244×244 dan datang dengan port dan slot yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan papan ATX Standar. 

Motherboard jenis ini lebih cocok untuk mereka yang tidak ingin banyak konektivitas dan upgrade nanti seperti menambahkan lebih banyak ram dan tambahan.

 Papan ini dapat memuat casing apa pun yang memiliki cukup ruang dan casing yang lebih besar dari motherboard ATX Standar dan ATX EXTENDED.

eXtended ATX

Motherboard ini memiliki dimensi 344×330 mm. eXtended ATX dirancang untuk dual CPU, konfigurasi tunggal, sampai 8 slot ram.

eXtended ini memiliki lebih banyak slot PCIe dan PCI untuk menambahkan kartu PCI untuk tujuan yang berbeda seperti workstation dan server. 

Beberapa motherboard EATX juga dirancang untuk komputasi desktop, dan ada ruang yang cukup untuk mendinginkan dan memasang periferal.

Jadi, Apa Itu Motherboard?

Motherboard adalah salah satu bagian terpenting dari sistem komputer. Papan circuit ini menyatukan banyak komponen penting dari komputer.

Tanpa motherboard, komponen penting seperti CPU,  memori RAM, dan konektor untuk input dan output tidak akan bisa berkomunikasi satu sama lain.

Nah di artikel kali ini kami telah membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang apa itu motherboard. Semoga bermanfaat!

Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut tentangnya, jangan lupa untuk tinggalkan pesan pada kolom komentar bawah ya!

Nah, jika Anda membutuhkan pilihan server terbaik untuk mengelola jaringan dan sistem bisnis Anda, Golden Fast Network punya solusinya!

Mulai dari 135 ribuan per bulan, Anda bisa mendapatkan Cloud VPS Corporate dengan 25GB RAID 10 Storage, 1GB RAM, unmetered bandwidth, dan 1 CPU Core.

Tidak hanya itu, semua layanan GFN hadir dengan fasilitas 24/4 monitoring, 24/7 customer service, serta banyak fitur dan fasilitas terbaik lainnya.

Yuk langsung saja bergabung dengan Golden Fast Network! Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang apa itu router, tinggalkan pesan di kolom komentar ya!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *