Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Softaculous: Pengertian, Keunggulan, & Cara Install

3 min read

Softaculous Pengertian, Keunggulan, & Cara Install

Jika Anda sudah lama bergelut dengan dunia website dan web hosting, pastinya Anda pernah mendengar tentang auto-installer bernama Softaculous.

Singkatnya, Softaculous adalah aplikasi installer otomatis yang ada pada control panel web server Anda. Aplikasi ini ada di banyak panel populer seperti cPanel, Pleks, dan directAdmin.

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mempermudah pemasangan script serta instalasi aplikasi dan berbagai CMS ke web server Anda.

Namun sebenarnya Softaculous juga mempunyai banyak manfaat dan fungsi lain lho golden friends!  

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang Softaculous. Mulai dari pengertian, manfaat, keunggulan, dan cara install aplikasi.

Yuk langsung saja kita mulai!

Apa itu Softaculous?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Softaculous adalah aplikasi instalasi otomatis yang ada pada panel hosting atau web server Anda.

Softaculous memungkinkan pengguna untuk menginstall software, membuat database, dan memodifikasi file konfigurasi server dengan lebih mudah.

Dengan Softaculous, user tidak perlu punya background teknis untuk bisa menginstall software dan script apapun. Anda juga tidak perlu repot dengan instalasi manual.

User hanya perlu menekan suatu tombol saja dan Softaculous akan melakukan instalasi tersebut untuk Anda. Tentunya ini sangat memudahkan user yang membutuhkan proses cepat dan mudah.

Softaculous Pengertian, Keunggulan, & Cara Install

Kabar baiknya lagi, saat ini aplikasi ini mempunyai ratusan auto-installer script dan ribuan class PHP terbaik untuk mengakomodasi segala kebutuhan Anda.

Mulai dari platform CMS populer seperti WordPress, Prestashop, WooCommerce, dan masih banyak lainya. Anda bisa dengan mudah menginstall dan membuat segala jenis situs web.

Untuk saat ini, Softaculous merupakan auto-installer paling unggul dari yang lainnya dengan jutaan pengguna di seluruh dunia.

Baca Juga: Mengenal cPanel dan Fitur-Fitur Unggulannya

Keunggulan Softaculous

Dari penjelasan pengertian tadi saja, pasti Anda sudah bisa membayangkan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi auto-installer ini.

Namun jika Anda masih tidak yakin, berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang manfaat dan keunggulan yang bisa didapatkan dari Softaculous.

  • Pilihan aplikasi yang banyak — Softaculous memiliki beragam aplikasi, software, dan script yang bisa Anda instal dengan cepat dan mudah.
  • Menyediakan banyak pilihan bahasa — Softaculous menyediakan banyak pilihan bahasa untuk Anda yang tidak ingin menggunakan bahasa Inggris seperti bahasa perancis, jerman, italia, maupun belanda.
  • Auto Backup dan Upgrade — fitur auto backup dan upgrade pada Softaculous juga akan memudahkan Anda untuk menjaga keamanan data dari software yang Anda gunakan.
  • Real time update — auto installer ini juga selalu memberikan update dan versi terbaru dari aplikasi yang Anda gunakan mulai dari patch, update security, sampai file core intinya.
  • Meningkatkan Efisiensi — software ini mempermudah proses pembuatan website dan meningkatkan efisiensi karena Anda tidak perlu repot-repot melakukan instalasi manual.

Baca Juga: Mengenal Plesk dan Perbedaanya dengan cPanel

Cara Install Aplikasi di Softaculous 

Cara menggunakan Softaculous untuk menginstal aplikasi juga cukup sederhana lho Golden friends! Berikut adalah tutorial singkatnya:

  1. Masuk ke kontrol panel dari web server atau web hosting yang Anda gunakan.
  2. Cari Softaculous apps installer pada kolom pencarian dan buka aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman awal.
  4. Cari aplikasi dan script yang Anda butuhkan dan tekan ikon aplikasi tersebut.
  5. Setelah aplikasi itu terbuka, temukan dan tekan tombol “Install Now”.

Ikuti perintah yang diberikan dan selamat! Sekarang Anda sudah berhasil menginstall aplikasi melalui aplikasi ini.

Daftar Aplikasi & Script Softaculous

Nah pastinya Anda juga semakin penasaran kan kira kira aplikasi dan script apa saja yang ada pada Softaculous? 

Saat Anda membuka auto-installer ini, Anda akan melihat daftar top 12 scripts yang terdiri dari content management system populer seperti WordPress, Joomla, dan phpBB.

Jika Anda tidak menemukan script dan aplikasi yang Anda inginkan pada halaman tersebut, Softaculous menyediakan beberapa pembagian jenis aplikasi pada sidebar sebelah kiri.

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi dan script yang ada pada auto-installer ini:

Kategori Aplikasi / Script
Blogs WordPress, Pubvana, Serendipity, Dotclear, b2evolution, HTMLy, Nucleus SitePad, LifeType, PivotX.
Microblogs StausNet, Storytlr
Portals / CMS Joomla, Concrete5, MODX, e107, Xoops, Drupal, Bolt, Zikula.
Forums phpBB, SMF, MyBB, AEF, Vanilla, PunBB, bbPress, Beehive.
Image Galleries Gallery, Piwigo, Coppermine, Zenphoto, TinyWebGallery, 4images.
Wikis DokuWiki, MediaWiki, PmWiki, WikkaWiki.
Social Networking Dolphin, pH7CMS, Oxwall, Jcow, Elgg, PeoplePods.
Ad Management OSClass, Revive Adserver, Yclas.
Calendars  WeCalendar, Booked, LuxCal, SuperCali.
Gaming BlackNova Traders, Nuked Klan.
Mails Roundcube, phpList, WebMail Lite, OpenNewsletter, Postfix Admin.
Polls and Analytics  LimeSurvey, Matomo, LittlePoll, Advanced Poll, Framadate.
Project Management eyesOs, Collabtive, Feng Office, ProjectPier, TaskFreak.
E-Commerce AbanteCart, OpenCart, Magento, Invoice Ninja, CubeCart, Quick.Cart.
Educational  Moodle, Charmilo, eFront, Atutor, Gibbon, ILIAS.
Others SEO Panel, Form Tools, PASTE, Firefly, Codiad.

Dan masih banyak lagi! Jika Anda ingin tahu lebih lanjut aplikasi apa saja yang tersedia pada auto-installer ini, buka website officialnya disini

Penutup

Pendek kata, Softaculous adalah aplikasi auto installer yang memudahkan webmaster untuk melakukan instalasi program dan software.

Auto-installer ini biasanya ditemukan di kontrol panel web server populer seperti cPanel, DirectAdmin, dan Plesk.

Selain mempunyai banyak manfaat dan keunggulan, Softaculous juga dilengkapi dengan ratusan aplikasi dan script yang bisa Anda gunakan dengan cepat dan mudah.

Bagaimana apakah sekarang Anda tertarik untuk menggunakan auto-installer ini? 

Kabar baiknya, GoldenFast Network menyediakan lisensi cPanel yang menyediakan aplikasi installer Softaculous bersamaan dengan layanan server terbaik lainnya.

Selain itu, mulai dari colocation server, dedicated server, sampai Cloud VPS Server, semua layanan server di GoldenFast Network dilengkapi dengan hardware kelas enterprise, 24/7 monitoring & customer support, dan juga 99% server uptime.

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.