Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Aplikasi Cek Plagiarisme Online Gratis Terbaik!

3 min read

Aplikasi Cek Plagiarisme Online

Melakukan cek plagiarisme secara manual memang tidak efektif dan memakan banyak waktu. Untungnya, saat ini sudah banyak online tools yang membantu Anda melakukan itu.

Jika Anda adalah content creator yang ingin memastikan bahwa karya Anda bebas plagiarisme, artikel tentang aplikasi cek plagiarisme ini akan sangat membantu!

Yuk langsung saja kita pelajari apa itu alat cek plagiarisme, cara kerja, dan aplikasi terbaik yang tersedia saat ini?

Apa Itu Aplikasi Cek Plagiarisme?

Aplikasi cek plagiarisme adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengetahui apakah karya dan laporan Anda bebas plagiarisme atau tidak.

Teknologi ini membandingkan jutaan dan miliaran informasi Internet untuk menemukan kesamaan pada tulisan, pola, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan program ini, Anda dapat mengonfirmasi bahwa karya dan laporan Anda  unik, bukan konten duplikat, dan menghindari plagiarisme. 

Aplikasi cek plagiarisme umumnya digunakan oleh pelajar, mahasiswa, institusi pendidikan, content writer, dan pemilik situs website atau blog.

Cara Kerja Aplikasi Cek Plagiarisme

Nah cara kerja software cek plagiarisme ini pun juga cukup sederhana lho, Golden friends! Aplikasi ini mendeteksi teks yang mirip, baik itu frasa, paragraf, atau konsep.

Pertama-tama, aplikasi tersebut akan memindai konten asli dan membandingkannya dengan jutaan dan miliaran data yang ada di internet.

Kemudian, aplikasi tersebut  akan membagi informasi menjadi beberapa bagian dan menggunakan mesin pencari untuk memindai setiap paragraf pada konten tersebut.

Selanjutnya, program memeriksa teks untuk mendeteksi konten serupa. Jika menemukan kecocokan, software akan menandai kata atau frasa sebagai materi yang dijiplak.

5+ Aplikasi Cek Plagiarisme Online Terbaik

Berikut ini adalah daftar dari beberapa aplikasi plagiarisme online terbaik!

1. Copyscape

copyscape cek plagiarisme

Aplikasi cek plagiarisme Copyscape adalah salah satu tool terpopuler saat ini. 

Tool plagiarisme ini dapat digunakan hanya dengan memasukkan URL konten atau website. Anda bisa memindai sampai 1.000 kata teks setiap pencarian. 

Copyscape juga dapat memeriksa berapa banyak konten Anda yang telah disalin situs web lain juga menunjukkan dimana konten Anda diplagiat.

Selain itu, alat ini juga menawarkan user interface yang cukup ramah pengguna lho! Anda tidak perlu pengetahuan teknik untuk bisa menggunakannya.

2. SmallSEOTools

Tool gratis yang satu ini sangat cocok digunakan untuk memeriksa plagiarisme, ejaan, rewriting artikel untuk content repurpose, menghitung kata, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk analisis domain, pelacakan situs web, backlink dan analisis kata kunci, dan masih banyak lagi.

SmallSEOTools adalah alat komprehensif yang memungkinkan Anda melakukan berbagai macam hal untuk mengoptimalkan website Anda.

Aplikasi cek plagiarisme ini memungkinkan Anda untuk memeriksa 1000 kata per pencarian, cocok untuk website owner yang membeli konten outsourcing.

Caranya pun cukup mudah! Anda dapat copy paste konten, memasukkan URL, atau mengunggah dokumen dari drive komputer lokal, Google Drive, atau Dropbox.

3. DupliChecker

duplichecker

Duplichecker adalah aplikasi cek plagiarisme lainnya yang memungkinkan Anda memeriksa konten duplikat secara gratis. 

Perangkat lunak ini ditargetkan untuk pemilik situs web. Anda dapat memeriksa konten dengan menempelkan tautan URL atau mengunggah dokumen yang disimpan di drive lokal.

Selain itu, Duplichecker juga menyediakan berbagai alat penulisan gratis lainnya seperti pemeriksa ejaan, penghitung kata, dan masih banyak lagi.

4. Grammarly

grammarly cek plagiarisme

Grammarly adalah alat pendeteksi plagiarisme gratis dan berbayar yang dapat digunakan oleh content creator, pelajar, dan keperluan akademis lainnya. 

Alat yang satu ini memungkinkan Anda untuk memindai 2.000 kata artikel pada satu pencarian. Anda dapat menggunakan PC atau Dropbox untuk mengunggah file. 

Selain itu, Grammarly memiliki versi premium untuk mendeteksi konten yang memerlukan kutipan dan memberikan kredit pada konten original.

Versi basic Grammarly tersedia secara gratis. Namun versi ini hanya memeriksa dan mendeteksi kesalahan tata bahasa pada konten Anda.

Untuk melakukan cek plagiarisme, Anda harus berlangganan versi premiumnya dengan harga $12 atau sekitar 170 ribuan per bulan.

5. Plagiarismdetector.net

Aplikasi cek plagiarisme online yang lainnya adalah Plagiarismdetector.net. Alat ini sangat cocok digunakan untuk mendeteksi konten Anda secara gratis dan online. 

Versi dasar dan gratis aplikasi Plagiarismdetector.net ini memungkinkan pemeriksaan hingga 1000 kata per konten. Anda akan menemukan iklan pada beberapa sisi website.

Plagiarismdetector.net menganalisis konten berdasarkan pilihan kata, frekuensi leksikal, dan frasa dengan memindai jutaan situs yang ada di internet. 

Aplikasi cek plagiarisme ini mendukung dokumen dalam format Txt, Doc, dan Docx.

6. DustBall

Jika Anda membutuhkan website atau aplikasi cek plagiarisme dengan interface sederhana, Dustball bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan Dustball, Anda hanya perlu melakukan copy dan paste konten yang ingin diperiksa ke dalam box yang tersedia di website.

Selanjutnya, hanya perlu menekan tombol “Check the paper” dan aplikasi tersebut akan otomatis melakukan pengecekan dokumen.

Anda bisa melakukan pengecekan hingga 1000 kata setiap harinya. Jika Anda ingin lebih, Anda bisa membayar $8 untuk membeli paket lifetime aplikasi tersebut.

Sesuai dengan namanya, paket lifetime ini bisa digunakan seumur hidup lho Golden friends! Anda tidak perlu menambah biaya tambahan lainnya.

Baca juga: 8+ SEO Tools untuk Optimasi Website & Riset Keyword

Penutup

Nah, itu tadi aplikasi cek plagiarisme online yang bisa Anda coba Golden friends! Wah ternyata sangat mudah ya untuk memastikan konten Anda original?

Jadi jangan lupa untuk mencoba alat-alat tersebut ya! Pasalnya, konten plagiat bisa membahayakan website dan karya Anda lho.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang software dan aplikasi cek plagiarisme online, tinggalkan pesan pada kolom komentar ya! 

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik Indonesia, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *