8+ SEO Tools untuk Optimasi Website & Riset Keyword

3 min read

SEO Tools untuk Optimasi Website & Riset Keyword

Perkembangan digital membuat pelaku bisnis melakukan berbagai cara supaya website mereka mendapatkan peringkat atas di Google. Salah satunya dengan menggunakan SEO Tools.

Tujuannya agar web yang berisi produk jualan atau website media online berada di urutan pertama dalam hasil pencarian di halaman Google Search. 

Dunia digital persaingannya sangat ketat. Hampir semua pelaku usaha atau media online berusaha membuat artikel dengan kata kunci terbaik. 

Bagi Anda yang ingin mengembangkan website untuk jualan, blog pribadi atau bekerja di media online, Anda harus mengenal lebih dalam soal SEO dan perangkatnya. 

Apa Itu SEO Tools?

Bisa dibilang ini merupakan alat untuk mendapatkan keyword yang bagus dan kuat untuk artikel. 

Dengan bantuan alat tersebut, kata kunci di artikel Anda akan sangat kuat dan muncul di halaman pertama dalam kolom pencarian Google. 

Memiliki artikel dengan keyword yang kuat sangat penting di untuk website. 

Pasalnya keyword yang kuat akan membuat algoritma Google menempatkan artikel Anda di halaman utama. 

Lalu dengan keyword yang kuat, website Anda akan muncul di setiap banyak kata kunci yang pengguna internet ketik di Google. 

Hasil akhirnya trafik situs akan besar karena banyak dikunjungi orang.  

Baca juga: SEM & SEO: Pengertian & Perbedaannya

SEO Tools Untuk Optimasi Website

Search Engine Optimization (SEO), Tools juga berfungsi untuk optimasi website. 

Dengan perangkat SEO, Anda bisa memaksimalkan website supaya bisa tampil teratas di pencarian internet. 

Saat ini banyak sekali perangkat SEO untuk optimasi website. Setidaknya ada 4 software perangkat SEO yang bisa Anda pakai. 

Google Search Console

seo tools: google search console

Pilihan SEO tools yang lainnya adalah Google Search Console. Dengan tool yang datang dari Google ini, Anda bisa memantau kinerja dan performa sebuah website dengan mudah.

Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk menganalisis dan mengatasi masalah-masalah website yang berhubungan dengan hasil  pencarian Google.

Banyak layanan yang bisa digunakan dengan platform ini, beberapa diantaranya adalah:

  • Memantau trafik dan pengunjung website.
  • Menunjukan daftar website yang memberikan backlink ke website Anda.
  • Melakukan inspeksi URL website dan meminta Google untuk mengindexnya.
  • Mendaftarkan sitemaps sebuah website ke Google.
  • Menghapus URL yang sudah terindex pada Google.

Baca juga: Panduan Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Check My Links

Software yang satu ini dapat membantu Anda dalam mengoptimasi website khususnya saat memproses broken link. 

Melalui Check My Links, Anda proses broken link menjadi lebih mudah hanya dengan sekali klik saja. Setelah itu dengan ekstensi Chrome akan mengecek broken link yang berasal dari website lain.

Content Marketer

Content Marketer adalah alat yang membantu Anda untuk melakukan optimasi website. Semua informasi seputar optimasi akan diberikan secara rinci ke alamat email Anda. 

Tampilan informasi dalam Content Marketer sangat lengkap serta akurat, dan template emailnya bisa digunakan jika Anda ingin outreach. 

Citation Lab’s Broken Link Finder

Fungsi alat ini adalah untuk optimasi website khususnya untuk pengecekan broken link. Yang membedakan Citation Lab’s dengan alat SEO lainnya adalah alat ini lebih proaktif. 

Lalu alat ini juga tergolong mudah dalam hal penggunaan yaitu lewat kata kunci atau query. 

Maksudnya Citation Lab’s mampu melakukan penjelajahan pada internet berdasarkan kata kunci dan menemukan link yang rusak. 

Setelah menemukan broken link, Anda tinggal menyeleksi hasilnya dari hasil penjelajahan untuk kemudikan dilakukan optimasi website. 

Google Analytics

seo tools: google analytics

SEO tools yang selanjutnya adalah Analytics tool yang juga datang dari Google. Berbeda dengan search console, Google Analytics digunakan untuk analisis website yang lebih detail.

Dengan tool ini, Anda bisa mendapatkan insights yang lebih dalam tentang website Anda. Mulai dari sumber trafik, karakteristik, sampai perilaku pengunjung saat berkunjung ke website Anda.

Selain itu, Google Analytics juga bisa digunakan untuk menganalisis performa konten Anda. Mulai dari konten mana yang berhasil menarik perhatian visitor dan mana yang perlu perbaikan.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari Google Analytics:

  • Mengenal penjungun website Anda secara lebih dalam.
  • Menganalisis halaman dan konten website secara lebih detail.
  • Memantau data pengunjung website real time.
  • Memahami perilaku pengunjung website.
  • Melacak conversion tracking dan hasil marketing website.

Tools SEO Inky Bee

Inky Bee adalah outreach tool yang biasanya dipakai oleh para blogger untuk mengembangkan website. 

Cara menggunakan Inky Bee cukup mudah yakni dengan memasukkan kata kunci dan alat Inky Bee akan memberikan arahan tentang industri yang Anda maksud. 

Fungsi lainnya yang ada dalam Inky Bee yaitu mampu melakukan eliminasi berdasarkan otoritas domain serta otoritas halaman. 

Dengan melakukan eliminasi tersebut, Anda bisa menjadi lebih fokus dengan pengembangan konten. 

 SEO Tools untuk Keyword Research

Alat SEO juga dapat membantu Anda dalam meriset kata kunci atau keyword research. 

Melalui tool keyword research Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi seputar kata kunci yang kuat dan banyak dicari orang. 

Saat ini setidaknya ada 4 alat SEO untuk keyword research. Berikut ini kelima alatnya: 

Google Keyword Planner

keyword seo tools: google keyword planner

Alat yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Google Keyword Planner. Keyword Planner merupakan layanan Google yang bisa Anda akses secara gratis.

Di Keyword Planner Anda bisa mencari dan menganalisis kata kunci yang banyak dicari internet user. Berkat dasboard yang intuitif, cara menggunakannya pun cukup mudah.

Ubersuggest

Selanjutnya adalah Ubersuggest. Tools ini menawarkan fitur lengkap untuk meriset kata kunci. 

Anda bisa mendapatkan fitur untuk melihat performa domain secara menyeluruh, laporan efektivitas SEO, data backlink, ide konten hingga berbagai ide untuk membuat konten.

Bagi Anda yang baru mengembangkan website, Ubersuggest bisa menjadi pilihan karena menawarkan banyak fitur. 

Selain fiturnya yang beragam, Ubersuggest juga memiliki User Interface yang ramah, sehingga Anda bisa segera paham mengenai cara menggunakan tools Ubersuggest. 

Keywordtool.io

keywordtool.io

Tools ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan long tail keyword yang kuat.  Melalui Keywordtool.io, Anda bisa mendapatkan rekomendasi long tail keyword.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan keyword untuk YouTube, eBay, Instagram dan Twitter melalui alat pencarian keyword ini.

KWFinder

KWFinder merupakan tool untuk mereset kata kunci dengan tampilan praktis. Tampilan yang praktis sangat cocok untuk Anda yang baru berkecimpung di dunia digital. 

Cara kerja KWFinder mirip dengan alat SEO lain. Bedanya hanya pada bagian backlink analysis, SERP analysis, serta SEO Metric & Insight. 

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Penutup

SEO tools adalah alat yang digunakan untuk memudahkan usaha optimasi SEO sebuah website dan juga riset keywords para webmaster.

Pada artikel kali ini, kami telah membahas pengertian dari SEO tools secara lengkap dan juga memberikan beberapa rekomendasi tool SEO terbaik.

Semoga artikel ini bermanfaat Golden friends! Jika Anda masih mempunyai pertanyaan tentang tool SEO, jangan lupa untuk tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ya!

Oh iya sekedar mengingatkan, selain menyediakan layanan VPS cloud server terbaik, GoldenFast Network juga mempunyai blog informative yang berisi tentang all things IT.

Mulai dari server, website development, security, tutorial, dan juga digital marketing. Yuk langsung saja check blog GFN dan belajar dalam tentang IT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *