Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Uber Suggest: Keyword Tool Serba Bisa untuk SEO!

3 min read

Uber Suggest Keyword Tool Serba Bisa untuk SEO!

Uber Suggest adalah salah satu tool optimasi search engine paling populer di kalangan digital marketer dan SEO spesialis saat ini.

Tool ini membantu Anda melakukan optimasi SEO website client melalui salah satu database keyword dan ide konten terbesar di internet.

Tidak hanya itu, Uber Suggest juga bisa digunakan untuk menghasilkan banyak ide konten, menganalisis backlink, dan masih banyak lagi.

Tujuan utama Uber Suggest adalah untuk membantu para digital marketer dan perusahaan yang ingin mendapatkan lebih banyak organik trafik.

Nah, tentunya Anda ingin tahu lebih dalam tentang keyword tool serba bisa ini bukan? 

Yuk langsung saja kita baca penjelasannya!

Apa Itu UberSuggest?

Singkatnya, UberSuggest adalah alat riset keyword yang dikembangkan oleh Neil Patel, salah satu tokoh SEO terpopuler, pada tahun 2017.

Seperti SEO tool lainnya, UberSuggest digunakan untuk menganalisis kata kunci, backlink, dan data-data penting lain dari sebuah domain. 

Hal ini dilakukan untuk memberi user gambaran akurat tentang seberapa berharga dan kompetitif suatu keyword dan konten untuk bisnis mereka.

Cara menggunakannya pun juga cukup mudah lho, Golden friends!

Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci di dalam bilah pencarian UberSuggest. Nantinya, tool tersebut akan menghasilkan semua data penting yang relevan.

Tool keyword UberSuggest ini juga banyak digunakan berbagai perusahaan ternama, lho! Contohnya seperti Microsoft, Twitter, Nike, dan Spotify.

Satu alasan mengapa UberSuggest menjadi sangat populer adalah desain dan interface-nya sangat ramah pengguna.

Meskipun Anda tidak memiliki pengalaman dengan keyword tool sebelumnya, Anda tidak akan kesusahan untuk menggunakan UberSuggest.

Selain itu, UberSuggest juga menawarkan fitur gratis yang memungkinkan user untuk menganalisis tiga keyword dan URL setiap harinya.

Selain informasi tentang domain dan keyword, Anda juga bisa memanfaatkan UberSuggest untuk mendapatkan beberapa data seperti berikut:

  • Rank tracking  — untuk melacak peringkat sebuah website pada keyword tertentu.
  • Backlink overview — memberikan gambaran akan bermacam-macam backlink yang sebuah website dapatkan.
  • Site Audit — memungkinkan user untuk melihat aspek-aspek website yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan SEO.
  • Traffic overview — memberikan gambaran akan data traffic sebuah website, bisa mencakup organik, paid, maupun trafik dari sumber lainnya.
  • Top pages — untuk melacak halaman website yang ranking dan mempunyai performa yang baik di search engine.

Dan tentunya masih banyak lagi! Sayangnya, Anda harus berlangganan paket berbayarnya untuk mendapatkan semua fitur tersebut, Golden friends!

Kabar baiknya, UberSuggest menawarkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan keyword tool lainnya lho! Tersedia 3 paket yang bisa Anda pilih:

Mulai dari paket Individu dengan harga $12/bulan, business package dengan harga  $20/bulan, dan paket enterprise/agency yang dibanderol $40/bulan.

Fitur Utama UberSuggest

Nah setelah mengerti pengertian dan berbagai informasi yang ditawarkan UberSuggest, tentunya Anda penasaran apa saja fitur yang tersedia bukan?

Tenang saja! Di bagian artikel ini, kami akan membahas fitur-fitur utama yang dimiliki oleh keyword tool serba bisa ini! Berikut adalah beberapa di antaranya:

Keyword Analyzer

Sesuai dengan tujuannya, salah satu tujuan utama dari keyword tool ini adalah untuk memberikan informasi tentang sebuah kata kunci.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa melakukan pencarian keyword di UberSuggest tanpa harus login terlebih dahulu lho, Golden friends!

Setelah Anda memasukkan kata kunci target, Anda akan melihat beberapa informasi utama tentang keyword tersebut yang berupa:

  • Search Volume (SV) — menunjukan jumlah pencarian dan potensi traffic yang bisa didapatkan keyword tersebut selama sebulan terakhir.
  • SEO Difficulty (SD) tingkat kompetisi trafik organik keyword tersebut, semakin rendah nomor yang tertera semakin sedikit kompetitor Anda.
  • Paid Difficulty (PD) tingkat skor yang mewakili perkiraan persaingan keyword tersebut untuk hasil pencarian berbayar. Semakin tinggi skornya, semakin kompetitif kata kunci itu di iklan ppc.
  • Cost per Click (CPC) — menunjukan kisaran harga per klik untuk melakukan iklan PPC, rate rata-rata CPC Google adalah sekitar $1.34 per click.

Selain keyword utama, UberSuggest juga bisa digunakan untuk mendapatkan kata kunci terkait (keyword ideas & suggestions) dari kata kunci target.

Tidak hanya itu, fitur keyword analyzer ini juga memberikan Anda jumlah backlink yang Anda butuhkan untuk bisa mendapatkan ranking di halaman pertama, lho!

Ada juga fitur content ideas yang memberikan pengguna daftar konten relevan yang dapat menghasilkan banyak trafik, backlink, dan klik dari keyword tersebut.

Baca juga: Cara Optimasi Website Untuk Meningkatkan SEO

Traffic & SEO Analyzer 

Selain memberikan informasi tentang keyword, UberSuggest juga bisa melakukan analisis trafik keseluruhan dari domain yang Anda inginkan, lho!

Melalui fitur traffic analyzer ini, Anda bisa mendapatkan gambaran dan laporan tentang trafik dan halaman terbaik yang dimiliki sebuah domain.

Mulai dari organic keywords, organic traffic per bulan, domain score, backlink, seo keyword ranking, traffic tend chart, dan masih banyak lagi. 

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang indikator-indikator yang akan Anda lihat di halaman traffic analyzer:

  • Organic keyword —  jumlah total kata kunci di dalam website yang berhasil mendapatkan peringkat di halaman pertama Google.
  • Organic monthly traffic — perkiraan berapa banyak pengunjung dan traffic yang didapat website tersebut dari Google setiap bulannya.
  • Domain Score — estimasi dari berapa banyak link authority yang dipunyai sebuah domain. Semakin banyak link yang domain itu dapatkan, semakin tinggi skor Anda.
  • Backlink —  total jumlah backlink yang website tersebut dapatkan.
  • Traffic trend chart — Anda bisa melihat gambaran tentang bagaimana organik traffic website Anda sedang trending
  • SEO keyword ranking — rincian dimana keyword sebuah website ranking dalam hasil pencarian Google.
  • Top pages — memberikan Anda gambaran tentang konten-konten yang competitor Anda sedang ranking di halaman pertama Google.

Selain itu, UberSuggest juga menawarkan fitur-fitur lainnya yang bisa membantu Anda meningkatkan trafik dan SEO website lho, Golden friends!

Tool Site Audit, contohnya. Tool bawaan dari UberSuggest ini akan memberikan Anda rincian lengkap semua masalah yang ada pada website.

Fitur Site Audit ini juga akan memberikan Anda rekomendasi masalah yang harus diprioritaskan. Jadi, Anda bisa lebih fokus meningkatkan trafik dan SEO.

Adapun beberapa bagian utama yang Site Audit tingkatkan adalah: kecepatan website, desain website yang mobile responsif, dan core web vital.

Penutup

Nah itu tadi penjelasan lengkap tentang UberSuggest, Golden friends! 

Singkatnya, UberSuggest adalah keyword tool yang cukup efektif dan lebih murah dibandingkan dengan alat pencarian kata kunci lainnya di pasaran.

Dengan tool ini, Anda bisa melakukan pencarian kata kunci yang cukup lengkap untuk membuat konten, mengecek trafik, dan melakukan optimasi seo dan website.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut tentang keyword tool Uber Suggest, tinggalkan pesan di kolom komentar ya!

Oh iya, selain menawarkan layanan server terbaik Indonesia, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang web development  & security, dan hal-hal IT lainnya lho!

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *