User Experience (UX): Pengertian & Cara Menerapkannya

3 min read

User Experience (UX) Pengertian & Tips Penerapannya

User experience adalah salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis online. Terutama bisnis yang menawarkan dan menjual produk digital melalui website atau aplikasi.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini, layanan berbasis aplikasi dan internet semakin menjamur. Tentunya persaingan dengan kompetitor lainnya pun tidak lagi mudah.

Nah user experience adalah salah satu aspek yang bisa membantu bisnis Anda lebih menonjol dan menarik minat pelanggan dan juga konsumen.

Jadi sebenarnya, apa itu user experience dan bagaimana cara menerapkannya pada produk-produk digital Anda? Yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian User Experience  

user experience adalah

Merancang user experience yang baik harus diawali dengan pemahaman mengenai user experience itu sendiri. Mulai dari pengertian, fungsi, dan manfaat yang bisa didapatkan darinya.

Secara umum. user experience adalah pengalaman pengguna saat berinteraksi, mengakses atau menggunakan aplikasi atau website Anda.

User experience juga bisa dikatakan sebagai pengalaman yang dialami pengguna bisnis Anda. Bagaimana pengguna mengakses berbagai fitur, mencoba layanan di ponsel, proses pembelian, dan lain-lain.

Tentunya seperti pengalaman lainnya, user experience bisa menjadi poin maupun poin buruk bisnis Anda. Oleh karena itu, UX adalah salah satu aspek terpenting saat membangun bisnis online.

Jika pengguna mengalami pengalaman yang baik maka mereka akan betah menggunakan aplikasi tersebut. Begitu pun sebaliknya, UX yang buruk bisa menyebabkan bisnis Anda kehilangan pelanggan.

User experience yang baik umumnya sederhana dan mudah dipahami.  Pelanggan bisa dengan mudah mencapai tujuan mereka pada aplikasi atau website Anda.

Pengalaman UX yang baik ini bisa dicapai dari desain yang intuitif, produk yang berdeskripsi lengkap, akses menu yang tidak berbelit-belit, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, user experience yang buruk umumnya akan membuat pelanggan frustasi dan kesulitan untuk mencapai tujuan mereka. Ini bisa membuat Anda kehilangan bisnis dan bahkan pelanggan tetap.

Fungsi User Experience 

User experience juga mempunyai banyak lain yang tidak kalah penting untuk aplikasi, website, dan produk digital Anda yang lainnya lho Golden friends!

User experience juga memiliki fungsi yang penting dalam persaingan pembuatan aplikasi dan website banyak industri karena berhubungan dengan kenyamanan pengguna aplikasi.

Berikut adalah beberapa fungsi user experience yang wajib Anda ketahui. 

Memudahkan Pengguna Akses Aplikasi 

Aplikasi hadir untuk memudahkan pengguna sehingga diperlukan aspek user experience. Tanpa adanya aspek user experience di dalam aplikasi, pastinya pengguna akan sulit mengakses aplikasi.

Jika tidak ada UX mereka tidak mengetahui mengenai cara kerja aplikasi dan dampak aplikasi untuk kehidupan mereka. 

Itulah  mengapa fungsi UX sangat penting dalam sebuah aplikasi. Secanggih apapun sebuah aplikasi, jika UX yang ada di aplikasi sulit dimengerti pengguna, makan aplikasi tersebut pasti akan gagal.

Oleh karena itu, sebelum merilis sebuah aplikasi harus dipikirkan dengan matang mengenai user experience agar pengguna bisa mudah dalam mengakses aplikasi Anda. 

Baca juga: Bounce Rate: Pengertian & Cara Optimasi Terbaik

Berfungsi untuk Menarik Minat Pengguna 

Fungsi dari User Experience lainnya adalah mampu menarik minat pengguna untuk menggunakan aplikasi Anda. UX harus dibuat semenarik mungkin supaya timbul tindakan dari pengguna. 

Tindakan yang dimaksud adalah mengunduh aplikasi, menggunakan aplikasi dan menjadi pengguna setia aplikasi Anda. Hasilnya pengguna pun akhirnya mau berlangganan layanan aplikasi Anda. 

Mempertahankan Jumlah Pengguna 

Selain berfungsi untuk menarik minat, Anda wajib tahu bahwa fungsi lainnya dari user experience adalah mempertahankan jumlah pengguna.

User experience bisa mempertahankan jumlah pengguna jika Anda terus memperbarui UX aplikasi. Terus perbaiki dengan menyesuaikan pada tren dan perilaku pengguna. 

Dengan terus memperbarui UX, diharapkan pengguna tidak bosan dan tetap menjadi pengguna yang setia. Pengguna akan tetap memiliki aplikasi Anda di ponsel mereka, karena aplikasi buatan Anda selalu mengikuti kebutuhan sehari-hari para pengguna, serta mereka nyaman menggunakan aplikasi Anda. 

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing? Panduan Lengkap untuk Pemula

Tips Penerapan User Experience Terbaik

tips user experience

Fungsi user experience sangat penting sehingga Anda harus menciptakannya dengan baik. Menciptakan user experience yang baik tidaklah sulit.

Terdapat beberapa tips membuat user experience yang baik yang bisa Anda terapkan untuk pengembangan aplikasi. Berikut ini 4 tips membuat user experience yang baik. 

Buat Desain User Experience yang Simple

Tips diawali dengan membuat desain yang simpel. Buat desain sesimpel mungkin agar pengguna nyaman dan mudah mengakses aplikasi Anda.

Jangan membuat banyak gambar atau banyak informasi di depan halaman layar aplikasi. Dengan meletakan banyak informasi justru membuat pengguna menjadi bingung. 

Desain yang simpel dapat berpengaruh pada jumlah pengguna karena, mampu menarik minat pengguna baru untuk mencoba aplikasi Anda. 

Anda Harus Memahami Kebutuhan Pengguna 

Memahami kebutuhan dan perilaku pengguna sangat penting dilakukan, karena ini menjadi dasar penerapan user experience.

Supaya Anda mampu memahami kebutuhan pengguna, Anda harus rajin melakukan riset dan pengembangan UX sebelum meluncurkan desain UX yang baru di aplikasi Anda.

Nantinya dari riset dan pengembangan, Anda akan mengetahui apa yang dibutuhkan pengguna dari aplikasi Anda.

Dari data tersebut kemudian Anda bisa membuat user experience dengan tampilan yang sesuai kebutuhan. Hasilnya UX mampu membuat pengguna tetap setia menggunakan aplikasi Anda.

Letakan Fitur Utama di Halaman Depan Aplikasi 

Membuat user experience yang baik adalah dengan meletakan fitur-fitur utama di halaman depan aplikasi. Tujuannya agar saat pengguna membutuhkan fitur utama, mereka tidak sulit mencarinya.

Selain itu harus diperhatikan juga mengenai ikon fitur, ukuran dan juga warna demi kenyamanan mata pengguna aplikasi. 

Anda harus memilih ikon yang sesuai dengan fungsi fitur. Kemudian Anda juga harus menyesuaikan ukuran fitur dengan lebar layar sehingga ukurannya proporsional.

Tidak hanya itu, pastikan Anda untuk membubuhkan warna fitur yang nyaman di mata, serta disesuaikan dengan warna utama di dalam aplikasi.  

Baca juga: Panduan Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Penutup

Tentunya sekarang Golden friends sudah mengerti bukan pengertian dari user experience? Intinya, user experience adalah pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi dan website Anda.

Banyak hal yang terlibat dalam UX. Mulai dari desain website dan aplikasi, harga produk, kemudahan pembayaran, interface yang mudah dipahami, dan masih banyak lagi.

Nah pada artikel kali ini kami telah membahas tentang user experience secara lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan, langsung saja tinggalkan komentar Golden friends!

Sekedar mengingatkan, selain menawarkan layanan server  murah untuk bisnis Anda, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif untuk belajar lebih dalam tentang IT.

Yuk langsung saja kunjungi blog GoldenFast Network dan pelajari banyak hal-hal baru mulai dari server, website development, security dan juga digital marketing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *