Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu VPN: Mengenal Pengertian dan Manfaatnya 

4 min read

Apa Itu VPN dan Apa Saja Manfaatnya

Dari waktu ke waktu, berbagai serangan keamanan siber terus berkembang secara kualitas dan kuantitasnya. Bahayanya, siapapun bisa menjadi sasaran ancaman tersebut, termasuk Anda. 

Untuk dapat mengantisipasinya, Anda perlu membekali diri Anda dengan layer keamanan berlapis. Dan salah satu opsi terbaik adalah dengan menggunakan VPN

Yuk pelajari lebih lanjut apa itu VPN serta manfaatnya bagi Anda. Artikel ini juga akan mengulas beberapa poin krusial yang perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan VPN. Selamat membaca! 

Apa Itu VPN?

Virtual private network (VPN) adalah sebuah tool yang membantu Anda terhubung dengan internet melalui koneksi yang terenkripsi dan lebih aman.

Sehingga, seluruh aktivitas online Anda tidak akan bisa dilihat oleh siapapun—baik itu oleh para hackers, institusi pemerintah, dan bahkan oleh internet service provider (ISP) yang Anda gunakan sekalipun.

Jadi nantinya setiap mengakses suatu situs atau layanan online, perangkat Anda akan dihubungkan dengan server milik penyedia layanan VPN.

Nah, server ini kemudian menyembunyikan IP address Anda dan menyediakan IP address pengganti. Oleh karena itu, identitas maupun lokasi perangkat Anda bisa terlindungi dan tidak bisa dilacak oleh pihak manapun. 

Protocol VPN

Menariknya, layanan VPN juga menyediakan berbagai opsi VPN protocols yang bisa Anda pilih secara manual sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • OpenVPN

kebanyakan layanan VPN menggunakan OpenVPN sebagai default protocol. Selain mempunyai koneksi yang stabil, protokol ini juga menawarkan level enkripsi terbaik serta kompatibel dengan berbagai perangkat dan sistem operasi. OpenVPN juga mempunyai performa yang optimal untuk koneksi jarak jauh.   

  • IKEv2 (Internet Key Exchange version 2)

bekerja dengan sangat baik untuk koneksi jarak dekat. Hebatnya, protokol ini dibekali dengan kemampuan untuk mengalihkan jaringan Anda secara otomatis jika tiba-tiba koneksi Anda hilang. IKEv2 juga merupakan protokol yang cepat, stabil, dan bisa diandalkan untuk streaming berbagai media online.   

  • L2TP (Layer 2 Tunneling Protocol)

biasanya dikombinasikan dengan protokol IPSec untuk menghasilkan koneksi yang aman dan stabil. Protokol ini juga bisa diandalkan untuk streaming media online favorit Anda. 

  • PPTP (Point-to-Point Tunneling Protocol)

meski memiliki koneksi yang cukup cepat dan stabil, PPTP tidak dibekali dengan enkripsi yang cukup handal. Bisa dikatakan, protokol ini bukanlah opsi yang tepat untuk Anda yang lebih mengutamakan aspek keamanan.

  • SSTP (Secure Socket Tunneling Protocol)

memiliki performa yang menjanjikan di perangkat Windows. Akan tetapi, protokol ini tidak begitu disarankan untuk streaming media online. 

Baca Juga: Mengenal Proxy Server, Tipe, dan Manfaatnya     

Apa Saja Manfaat VPN?

Setelah mempelajari apa itu VPN, sekarang mari bahas beberapa manfaat yang dimilikinya:

1. Privasi Lebih Terlindungi

Anda memperoleh kebebasan untuk mengakses internet dalam mode anonim, sehingga siapapun tidak akan bisa melacak aktivitas online Anda.

Dengan enkripsi yang kuat, seluruh data Anda juga tidak akan bisa dieksploitasi oleh pihak manapun serta terlindungi dari ancaman identity theft; termasuk ketika mengakses internet menggunakan jaringan wifi publik.       

2. Performa yang Lebih Terjamin

Tanpa VPN, pihak lain (termasuk ISP) dapat mengontrol dan memperlambat koneksi Anda karena dianggap telah melewati batas penggunaan data yang telah ditentukan.

Sedangkan dengan VPN, orang lain tidak akan bisa mengetahui konten apa saja yang Anda buka di internet, sehingga mencegah mereka untuk menginterupsi jaringan Anda.  

3. Kemudahan Mengakses Konten yang Diblokir

Anda tidak perlu khawatir lagi akan batasan geo-restriction maupun sensor yang menghentikan Anda untuk mengakses berbagai konten di internet.

Pasalnya, VPN membantu Anda mengubah lokasi perangkat dengan memanfaatkan teknologi spoofing, dan membuat Anda seolah-olah terhubung dari negara lain.  

4. Meningkatkan Keamanan Koneksi

Tanpa diragukan, VPN bisa memperkuat keamanan jaringan Anda. Selain dibekali dengan enkripsi data yang handal, VPN juga hadir dengan fitur malware filters.

Hasilnya, Anda bisa mengakses online banking atau melakukan transaksi lainnya dengan aman; tanpa perlu khawatir jika informasi akun dan data sensitif Anda akan dicuri oleh cybercriminals.  

5. Kemudahan Akses Jarak Jauh

Jika perusahaan Anda memberlakukan WFH, VPN memudahkan Anda untuk membuka dan mentransfer data perusahaan dari lokasi manapun.

VPN juga menjamin kalau informasi Anda tetap terlindungi dan tidak akan dieksploitasi oleh pihak manapun.  

Baca Juga: Apa Itu Firewall dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Apa Itu VPN dan Apa Saja Manfaatnya

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Memilih Layanan VPN

Tertarik menggunakan VPN? Mari simak dulu beberapa poin krusial yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih layanan VPN.

1. Apa Saja Pilihan Protokol yang Disediakan?

Pastikan layanan VPN yang Anda pilih menyediakan teknologi protokol terbaik untuk menjamin proteksi koneksi Anda. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih layanan yang menawarkan protokol OpenVPN—yang dibekali dengan fitur keamanan yang lebih kuat dari protokol lainnya.   

2. Gratis atau Berbayar?

Tentunya, selalu sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Kabar baiknya, banyak layanan VPN yang juga hadir dengan versi gratis. Diantaranya adalah seperti Avira Phantom VPN,Kaspersky VPN Secure Connection, Speedify, dan Hotspot Shield VPN

Namun yang perlu diingat, versi gratis mungkin saja mempunyai performa yang lebih lambat serta memiliki fitur yang sangat terbatas. Beberapa VPN gratis juga akan menampilkan iklan yang bisa mengganggu kenyamanan Anda, atau bahkan secara diam-diam menjual data Anda ke pihak lain.    

3. Di mana Lokasi Server yang Dimilikinya?

Perlu diingat, lokasi server merupakan faktor kunci yang mempengaruhi kecepatan jaringan Anda. Semakin dekat lokasi fisik server tersebut, semakin cepat koneksi Anda untuk mengakses internet. 

Selain lokasi, cari tahu juga jumlah server yang disediakan. Semakin banyak server yang dimiliki suatu layanan VPN, semakin rendah kemungkinan layanan tersebut mengalami overload atau down. Sebagai rekomendasi, pilih layanan VPN yang mempunyai minimal 1000 server.   

4. Apakah Kompatibel dengan Perangkat Anda?

Tak kalah penting, cari tahu juga apakah layanan VPN yang dipilih mendukung sistem operasi yang Anda gunakan atau tidak. Kemudian jika Anda berencana untuk menggunakan VPN di berbagai perangkat (termasuk ponsel), pastikan kalau layanan tersebut mendukung koneksi ke banyak perangkat dalam waktu bersamaan.    

5. Apakah Layanan Tersebut Menghargai Privasi Anda?

Kebanyakan VPN memang mengklaim bahwa mereka memberlakukan no log policy atau tidak akan mencatat aktivitas Anda. Tapi tidak ada salahnya jika Anda membaca secara seksama privacy policy mereka untuk lebih meyakinkan bahwa mereka benar-benar menghargai privasi Anda.

Baca Juga: Cybercrime: Pengertian, Tipe, dan Langkah Mencegahnya

Jadi, Apa Itu VPN?  

VPN adalah salah satu tool fungsional yang menawarkan layer keamanan tambahan ke perangkat Anda. Dengan kemampuannya untuk menutupi IP address,

Anda bisa menjelajah internet secara anonim, tanpa perlu khawatir kalau privasi Anda akan dieksploitasi oleh pihak lain.    

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari layanan VPN mulai dari proteksi akses data jarak jauh, kemudahan membuka konten yang diblokir, hingga menjaga agar performa jaringan Anda tetap stabil.

Tapi sebelum menentukan opsi VPN terbaik untuk perangkat Anda, pastikan layanan tersebut memenuhi hal-hal berikut:

  1. Menyediakan protokol yang handal
  2. Mempunyai harga yang sesuai dengan budget Anda
  3. Memiliki lokasi fisik server yang tidak jauh dari Anda
  4. Bisa digunakan di berbagai perangkat 
  5. Mempunyai privacy policy yang tidak akan merugikan Anda

Selanjutnya, yuk pelajari berbagai tips dan trik ampuh meningkatkan keamanan sistem dan jaringan Anda di blog GoldenFast Network.

Dan bagi Anda yang sedang mengembangkan web bisnis, jangan lupa juga untuk membekali situs Anda dengan server yang reliabel dan mempunyai performa yang optimal. 

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memanfaatkan layanan dedicated server, colocation server, dan Cloud VPS Server dari GoldenFast Network.

Semua layanan tersebut dibekali dengan hardware kelas enterprise, 24/7 customer service, 24/7 network monitoring, UPS backup, dan masih banyak fitur terbaik lainnya.

Semoga berhasil! 

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *