Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Cara Mendapatkan Uang di Internet dengan Modal Seadanya

3 min read

cara mendapatkan uang di internet

Cara mendapatkan uang di internet tentunya sangat mungkin untuk Anda lakukan. Mau modalnya besar atau sedikit, jika dapat dikelola dengan benar, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di internet untuk mendapatkan uang dari dunia yang sudah apa-apa serba online ini.

Berikut ini adalah beberapa bahasan mengenai cara mendapatkan uang di internet dengan modal anti menguras kantong.

Cara Mendapatkan Uang di Internet dengan Mudah

jualan di internet
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Di bagian ini, kami akan membahas beberapa cara mendapatkan uang di internet dengan modal yang minim tapi untungnya lumayan.

1. Reseller Produk

Menjadi seorang reseller adalah hal yang sangat mungkin dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal sedikit pun.

Anda hanya memerlukan akun untuk berjualan dan mendistribusikan barang. Anda bisa mendapatkan pendapatan dari harga markup atau promosi.

Biasanya, produsen juga memiliki harga khusus reseller yang mana selisihnya bisa diambil sebagai keuntungan reseller.

2. Jual Website

Jangan salah, menjual website juga ladang basah bagi banyak orang. Mengembangkan website yang sudah bisa adsense bisa memberikan Anda keuntungan hingga belasan juta.

Modal yang Anda butuhkan bisa mulai dari ratusan ribu saja, dan sisanya adalah investasi berupa waktu untuk mengembangkan website sehingga layak jual.

3. Membuat Channel Youtube

Menjadi Youtuber adalah cara mendapatkan uang di internet yang cukup praktis. Idenya adalah menyalurkan hobi Anda menjadi uang.

Misal, hobi Anda memancing, buatlah channel Youtube tentang memancing yang berisi tips memancing, membahas produk-produk alat pancing dan sebagainya.

Untuk menghasilkan uang dari menjadi Youtuber ini adalah Anda bisa monetisasi video-video yang sudah dibuat dan bekerja sama dengan brand lain untuk membahas produknya atau membuat video sponsor.

4. Jualan Melalui TikTok

TikTok sekarang memiliki fitur eCommerce yang bernama TikTok Shop. Ini adalah salah satu komitmen TikTok dalam mendukung perekonomian pengguna platform TikTok.

Penggunanya bisa menjual barang sekaligus melakukan promosi melalui video TikTok, sponsored post dan lain-lain.

5. Menjadi Mitra Merchant Layanan Online Food

Tentunya Anda sangat familiar dengan GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood di mana platform ini memungkinkan penggunanya untuk berjualan dan membeli makanan secara online.

Menjadi merchant layanan online food delivery sekarang sangat digemari dan memudahkan para pengusaha dalam menjaring pelanggan.

Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa merambah media sosial demi mengenalkan produk Anda ke masyarakat luas.

6. Bekerja Freelance

Kerja sebagai pekerja lepas modalnya tidak perlu banyak-banyak. Anda hanya perlu bergabung dengan platform yang memungkinkan untuk bertemu dengan klien

Platform untuk bekerja freelance tersedia sangat banyak di internet seperti freelance.com, Fiverr, Upwork, LinkedIn, dan lain-lain.

Selain itu, persiapkan portofolio untuk meyakinkan calon pengguna jasa Anda nantinya.

7. Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi juga sedang digandrungi saat ini. Banyak sekali eCommerce atau bisnis yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk bergabung sebagai affiliate marketer.

Sebagai seorang afiliasi, Anda akan diberikan link khusus yang harus dipajang di dalam konten agar ada seseorang yang tertarik membeli produk melalui link tersebut.

Nantinya, afiliasi ini akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian barang melalui linknya.

8. Podcaster

Menjadi seorang podcaster bisa mendatangkan cuan. Dari bersiaran, Anda juga bisa menyelipkan product placement.

Selain itu, Anda juga bisa memonetisasi episode khusus melalui website podcast, misalnya.

Yang Anda butuhkan hanya platform untuk mengunggah podcast, dan website untuk mengupload edisi spesial atau menggunakannya sebagai media promosi.

9. Menjadi Tutor Online

Tutor online adalah guru yang memberi arahan atau pembelajaran mengenai sesuatu. Tutor ini tidak harus selalu tentang pelajaran sekolah.

Jika memiliki bakat membuat kue, Anda bisa menjadi seorang tutor memasak online dengan membuka kelas online atau membuat eBook.

10. Menjual eBook

Menjual eBook bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda sangat mungkin untuk membuat karya tulis sendiri dan menjualnya dalam bentuk eBook melalui website atau publisher eBook.

Jalur ini lebih ekonomis bila dibandingkan harus mencetak buku secara fisik. Selain itu, eBook dinilai lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas.

11. Menjual Karya Digital

Anda merupakan desainer grafis atau ilustrator? Menjual karya digital secara online adalah salah satu cara mendapatkan uang di internet untuk Anda.

Menjual karya tersebut bisa melalui platform-platform pihak ketiga atau menggunakan website dan sosial media Anda sendiri.

12. Jasa Baca Tarot

Benar, internet juga membuka kesempatan bagi yang memiliki kemampuan lebih untuk membaca peruntungan orang dari kartu tarot.

Anda yang memiliki kemampuan ini bisa membuka jasa secara online dengan sistem per jam, per pertanyaan atau yang lain.

13. Konten Kreator TikTok

Membuat konten di TikTok juga bisa menjadi alternatif cara mendapatkan uang di internet dengan membuat video singkat yang menarik.

Sebagai kreator TikTok, Anda akan membuat video yang bisa menjadi media untuk promosi produk, kerjasama dengan kreator lain dan sebagainya.

Namun, adar berjalan dengan lancar, Anda harus memiliki banyak followers. Kami pun telah membahas cara menambah followers TikTok untuk akun bisnis.

14. Blogging

Mendulang uang dengan blogging masih menjadi salah satu cara ampuh untuk mendapatkan uang di internet.

Pada dasarnya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selain mendapatkan uang dari adsense blog.

Anda bisa mendapatkan uang dari afiliasi, sponsored post, guest post, backlink dan lain-lain.

15. Jual Beli Domain

Jual beli domain juga merupakan ladang menjanjikan untuk mendapatkan uang di internet.

Untuk melakukan jual beli domain, Anda perlu mengecek ketersediaan domain, memeriksa harganya di pasaran, membeli dan menjualnya kembali.

Kesimpulan

Cara mendapatkan uang di internet ada banyak cara. Kami telah memberikan setidaknya 15 ide tentang bagaimana caranya untuk mendapatkan uang di internet dengan modal minim.

Untuk tips lainnnya, Anda bisa mengikuti blog dari GoldenFast Network. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published.