Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Daftar Penyedia Layanan Email GRATIS & Aman

2 min read

rekomendasi email gratis dan aman

Email gratis tapi aman? Ada tidak, ya?Tentu saja ada banyak sekali penyedia layanan email di luar sana.

Penyedia layanan email atau kerap disebut dengan provider email adalah pihak yang memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan email.

Tentunya Anda sudah paham mengenai apa itu email dan bagaimana cara kerjanya terlebih email ini sangat penting untuk siapapun yang menggunakan ponsel pintar dan internet.

Nah, selama ini mungkin hanya ada beberapa penyedia layanan email yang diketahui secara luas seperti Gmail dan Yahoo.

Namun, nyatanya ada banyak penyedia layanan email aman yang bisa Anda gunakan. Selain itu, ada yang bisa digunakan secara gratis!

Penyedia Layanan Email yang Dijamin Aman & GRATIS

cara membuat email bisnis

Walau gratis, keamanan layanan email yang kami rekomendasikan di artikel ini juga terjamin karena penyedia layanan email gratis ini menggunakan enkripsi end-to-end.

Enkripsi end-to-end ini dinilai sebagai enkripsi paling aman karena pihak lain (termasuk provider) tidak bisa membaca email Anda.

Nah, untuk itu, mari bahas top 10 email gratis dan aman menurut GoldenFast Network.

1. ProtonMail

Ada beberapa alasan mengapa ProtonMail dinilai sebagai provider email yang terkenal akan keamanannya.

Selain karena menggunakan enkripsi asimetris end-to-end, ProtonMail menyimpan data Anda dengan zero-access encryption yang membuatnya sangat aman karena provider email ini tidak bisa men-dekripsi email bahkan tidak mengetahui password Anda.

ProtonMail juga memungkinkan Anda menggunakannya secara gratis.

Ini pun dengan syarat jika Anda tidak mengirim lebih dari 150 email per hari dan tidak terlalu membutuhkan banyak memori.

Di samping itu, ProtonMail memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menghapus email secara otomatis dengan mengatur tanggal kadaluarsa email.

2. Zoho Mail

Untuk para pelaku bisnis, kami merekomendasikan Zoho Mail. Selain itu, versi gratis dari Zoho Mail bisa digunakan siapapun.

Zoho Mail mengenkripsi email menggunakan S/MIME, salah satu jenis kriptografi asimetris.

Selain itu, Anda bisa upgrade paket untuk menikmati fitur lainnya seperti word processor, software untuk spreadsheet, fitur chat dan lain-lain.

Untuk tampilannya, Zoho Mail sangat ramah pengguna sehingga mudah digunakan karena tombol menunya terorganisir.

3. Tutanota

Urusan email enkripsi atau keamanan lainnya, Tutanota bisa diandalkan karena provider ini menyediakan enkripsi end-to-end serta 2FA.

Lapisan keamanan Tutanota pun bukan main karena alih-alih menggunakan PGP, provider ini menggunakan enkripsi AES serta RSA.

Jadi ada lapisan ekstra untuk keamanan email Anda dengan mengombinasikan kunci simetris dan asimetris.

Selain itu, ada fitur seperti blokir gambar dan memberikan peringatan akan serangan pishing dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Mailfence

Bagi pengguna Outlook atau Gmail yang mencari email gratis yang lebih aman bisa menjatuhkan pilihan ke Mailfence.

Mailfence ini menggunakan enkripsi end-to-end dan two-factor authentication yang bisa menjadi dasar lapisan keamanan email Anda.

Selain itu, Mailfence juga memiliki fitur tanda tangan digital, enkripsi OpenPGP, serta password manager.

Ada juga beberapa fitur lain seperti kalender, messenger, dan penyimpanan dokumen sebesar 500 MB.

5. Mail.com

Lahir di tahun 1995, Mail.com telah dipercaya selama puluhan tahun untuk mengirim surel secara gratis.

Provider email gratis satu ini menyediakan fitur unggulan yang memungkinkan Anda untuk mengumpulkan email penting dari akun lain.

6. Bluehost Mail

Opsi lain untuk email bisnis selain Zoho adalah Bluehost Mail. Provider email satu ini sangat cocok untuk bisnis karena memungkinkan Anda untuk membuat dokumen dan mengintegrasi video meeting.

Anda bisa mengelola email dari browser atau perangkat pilihan Anda.

Satu lagi keunggulannya, jika mengalami masalah dengan email, Anda bisa menghubungi tim support yang selalu siap sedia 24/7.

7. StartMail

Jika Anda memiliki isu kepercayaan dengan privasi yang terekspos ke pemerintahan Amerika, StartMail bisa menjadi solusinya.

StartMail dilindungi aturan privasi dari Belanda yang memastikan email Anda selalu aman selain email Anda terenkripsi.

Selain itu, StartMail menawarkan kapasitas penyimpanan yang lega bila dibandingkan dengan provider email gratis lainnya, yaitu 10 GB.

8. Hushmail

Hushmail adalah opsi lain yang menawarkan keamanan yang mumpuni dan cukup ketat.

Provider email gratis yang satu ini berkomitmen untuk melindungi Anda dari pencurian identitas, spam, dan kejahatan siber lainnya.

Hushmail akan mengenkripsi seluruh email dan data apapun. Selain itu lapisan keamanan 2FA-nya tersedia dalam format touch ID dan juga face ID.

9. Trustifi

Penyedia email gratis bernama Trustifi ini memungkinkan Anda untuk mengirim email yang terenkripsi melalui Gmail beserta Outlook.

Sangking amannya, Anda akan terhindar dari ancaman malware dan bahkan virus ransomware yang bisa membahayakan data dan perangkat.

Ini karena Trustifi memiliki fasilitas yang mampu mendeteksi email phishing, penipuan, dan juga spoofing.

Perlu membuat blacklist dan whitelist email demi keamanan tingkat lanjut? Anda bisa menggunakan fitur tersebut di Trustifi.

10. SecureMyEmail

Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, ini artinya “Amankan Email Saya”.

Jadi seperti yang digambarkan dari namanya, provider ini memungkinkan Anda untuk mengamankan email melalui teknologi enkripsi.

Provider email gratis dan aman yang satu ini memungkinkan Anda untuk membuat daftar kontak yang bisa diverifikasi dengan mudah melalui social network.

Kesimpulan

Kami telah menyediakan berbagai pilihan di luar Gmail, Yahoo!, dan Outlook yang bisa digunakan secara gratis dan bahkan dijamin keamanannya.

Kami sadar bahwa email yang aman akan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda kedepannya.

Jadi, cobalah untuk melihat sekiranya yang paling sesuai untuk Anda karena tiap provider menawarkan fitur yang beragam.

Untuk informasi lainnya seputar IT dan marketing, Anda bisa selalu mengikuti artikel dari blog kami.

Semoga bermanfaat!

Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published.