Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

5+ Cara Meningkatkan Cyber Security

2 min read

Cara Meningkatkan Cyber Security

Mengetahui cara meningkatkan cyber security perusahaan dan bisnis online Anda adalah salah satu skill wajib untuk pelaku bisnis.

Tujuannya agar perusahaan dan bisnis akan tetap aman dan terbebas dari ancaman cyber meskipun berada dan tersedia di Internet setiap saat.

Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara-cara meningkatkan cyber security dengan baik dan efisien. Namun jangan khawatir Golden friends!

Di artikel kali ini kami akan membahas beberapa cara meningkatkan cyber security untuk perusahaan, bisnis, website, sistem dan server Anda.

Yuk langsung saja kita mulai!

Tips Meningkatkan Cyber Security 

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan cyber security atau keamanan siber sistem, jaringan, maupun perangkat Anda. berikut adalah beberapa diantaranya:  

1. Update software

Salah satu cara meningkatkan cyber security yang paling mudah dan cepat adalah melalui pembaruan software atau perangkat lunak Anda.

Pasalnya, ancaman cyber pada umumnya mentargetkan perangkat dan jaringan yang masih menggunakan software yang sudah usang dan tidak up to date.

Selain itu, pada dasarnya perangkat lunak yang tidak diperbarui memang lebih mudah untuk dieksploitasi dan diambil alih oleh orang lain lho Golden friends!

Nah untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan bahwa software dan semua perangkat yang Anda gunakan untuk menyimpan informasi dan data di internet diperbarui secara rutin.

2. Ubah kata sandi secara berkala

Tentunya Golden Friends masih ingat pembahasan kami tentang metode ancaman cyber security yang bernama brute force attack bukan?

Singkatnya, brute force attack adalah serangan cyber yang memanfaatkan variasi beribu kata sandi untuk mencoba masuk dan mengakses sebuah sistem.

Nah untuk membatasi peluang serangan ini terjadi dan meningkatkan cyber security Anda, pastikan Anda telah menggunakan kata sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak.

Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan kata sandi yang berisi dari gabungan kata, huruf, simbol atau karakter. Hindari penggunaan tanggal ulang tahun atau bahkan nama Anda.

Selain itu, pastikan untuk mengubah kata sandi perangkat dan jaringan Anda secara rutin ya Golden friends! Anda juga bisa menggunakan aplikasi password manager untuk lebih aman.

3. Menggunakan VPN

Penggunaan Virtual Private Network (VPN) juga bisa menjadi salah satu cara efektif meningkatkan cyber security atau keamanan siber perangkat dan sistem Anda.

VPN bekerja sebagai tameng untuk melindungi Anda dari jaringan publik yang rawan akan berbagai ancaman siber. Cara kerja dari VPS pun juga sebenarnya sangat sederhana.

Semua data yang ditransfer melalui aplikasi virtual private network akan dienkripsi menggunakan simbol-simbol rahasia untuk mendapatkan keamanan lebih.

Dengan demikian, tentunya penggunaan VPN bisa membantu Anda menjaga keamanan sistem, perangkat, dan jaringan dari serangan hacker dan ancaman siber lainnya.

4. Backup data

Metode dan cara meningkatkan cyber security lainnya adalah melalui backup data sistem, perangkat, dan jaringan secara rutin.

Melakukan backup data akan memungkinkan Anda untuk mengembalikan data dengan lebih mudah ke jaringan dan perangkat setelah terkena serangan siber.

Dengan backup data rutin, semua informasi dan konfigurasi yang tersimpan di dalam jaringan atau perangkat akan mempunyai cadangan yang bisa Anda akses setiap waktu.

Disamping itu berkat fitur automated backup yang banyak platform CMS tawarkan, sekarang melakukan backup data juga sangat mudah lho Golden friends!

Bahkan sebagian besar penyedia layanan server atau layanan web hosting sekarang menyediakan layanan backup data rutin maupun mingguan yang bisa Anda gunakan.

5. Gunakan anti-spam email

Nah untuk menghindari serangan phishing dan spam, pastikan akun email dan website Anda sudah menggunakan aplikasi anti-spam yang tersedia banyak di luar sana.

Kegunaan dari aplikasi anti-spam adalah untuk mendeteksi komentar-komentar spam yang berisi dengan malware berbahaya di website atau email Anda.

Anda bisa mendapatkan aplikasi spam secara gratis maupun berbayar. Contoh aplikasi spam terbaik adalah Akismet untuk website WordPress dan SpamTitan untuk akun email. 

6. Gunakan Multi Factor Authentication 

Otentikasi multifaktor adalah proses otentikasi yang memerlukan lebih dari satu layer sarana verifikasi. Umumnya ini digunakan untuk bisa mengakses dan masuk ke dalam sistem dan jaringan tersebut.

Multifactor authentication bisa sesederhana memasukkan kata sandi yang mudah diingat. Namun, otentikasi ini juga bisa berupa penggunaan kode sandi dari pesan teks atau aplikasi password manager.

Penutup

Mengetahui cara meningkatkan cyber security Anda adalah keharusan untuk para penyedia layanan internet maupun pengguna internet aktif.

Untungnya, blog GoldenFast Network sudah pernah membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang cyber security. Mulai dari pengertian, jenis, metode, dan cara meningkatkannya.

Nah jika Anda tertarik untuk belajar lebih dalam, berikut adalah daftar artikel tentang Cyber Security yang  pernah kami bahas sebelumnya. 

Semoga artikel-artikel ini bermanfaat! Jika Golden Friends masih punya pertanyaan lebih lanjut tentang cyber security, jangan lupa untuk tinggalkan pesan di kolom komentar ya!

Oh iya, jangan lupa juga untuk meningkatkan keamanan web dan server Anda dengan berbagai pilihan layanan server murah terbaik dari GoldenFast Network. 

Mulai dari dedicated server, colocation server, maupun VPS server, semua layanan GoldenFast Network dibekali dengan hardware kelas enterprise, 24/7 customer service dan monitoring lho!

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *