Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Cara Meningkatkan Keamanan Digital dengan Mudah

2 min read

cara meningkatkan keamanan digital

Cara meningkatkan keamanan digital cukup mudah dilakukan kok, Golden Friends. Apalagi sudah banyak tool dan ilmu pengetahuan yang mendukung keamanan data diri Anda.

Nah, di artikel ini Anda akan mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan digital agar senantiasa aman saat menggunakan internet.

Namun sebelum membahas bagaimana cara menjaga data Anda supaya tidak dicuri atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, mari bahas pentingnya meningkatkan keamanan digital.

Pentingnya Meningkatkan Keamanan Digital

Keamanan digital adalah hal utama yang perlu Anda pikirkan sebelum benar-benar mulai untuk menyerahkan data Anda ke internet.

Sebenarnya, internet tidak selalu buruk, tapi bertindak dan menggunakannya dengan bijak akan memberikan manfaat seperti:

1. Menjaga Kerahasiaan Privasi

Data yang bersifat sensitif biasanya privat, alias hanya Anda saja yang seharusnya tahu atau orang-orang serta pihak tertentu seperti institusi pemerintahan atau organisasi pendidikan.

Nah, dengan menjaga keamanan digital, nantinya Anda mampu menjaga kerahasiaan data diri Anda termasuk email, password, nama ibu, dan nomor identitas.

2. Menghindari Ancaman Kejahatan Siber

Kejahatan siber ada banyak macamnya dan pencurian data serta penyalahgunaan data adalah salah satu di antara banyaknya jenis kejahatan siber.

Dengan menyadari pentingnya menjaga keamanan digital, Anda bisa terhindar dari ancaman tersebut dan bisa online dengan nyaman.

Cara Meningkatkan Keamanan Digital dengan Mudah

cara meningkatkan cyber security

Setelah mengetahui pentingnya memiliki keamanan tingkat lanjut sebagai bentuk melindungi data diri, mari ketahui bagaimana cara-caranya!

1. Gunakan Password Berbeda

Jangan gunakan satu password untuk semua akun Anda. Ini berisiko pembobolan akun yang semakin meluas.

Misalnya, satu akun Anda berhasil diketahui email dan kata sandinya, ada kemungkinan akun lain bisa dibobol juga walau aksesnya hanya sebatas mengetahui password dan beberapa email.

Bagaimana? Terdengar menakutkan, bukan? Untuk itu, ada beberapa tips aman mengenai password:

  • Buat password yang rumit terdiri dari angka, huruf dan simbol.
  • Simpan password aplikasi password manager yang sudah terjamin keamanannya.
  • Jika membuat PIN, hindari PIN yang terdiri dari angka tanggal lahir.

2. Hati-hati dalam Menggunakan WiFi

Jika Anda menggunakan WiFi publik dan bisa diakses oleh umum, alangkah lebih baik untuk berhati-hati.

Wifi di tempat umum rentan akan kejahatan siber man in the middle.

Yang mana sesuai namanya, di antara jaringan perangkat dan WiFi, ada pihak yang tidak bertanggung jawab siap mencuri data Anda.

Oleh karena itu, hindari menggunakan WiFi umum ketika Anda harus memasukkan password, bertransaksi keuangan saat belanja online, mengakses pekerjaan kantor, menggunakan m-banking, dan lain-lain.

3. Menggunakan Browser Aman

Berselancar di internet tentu saja perlu menggunakan browser dan juga search engine agar bisa kesana kemari mengunjungi halaman website.

Nah, memilih browser yang aman juga menjadi poin yang penting dalam menggunakan internet.

Pilih browser dan search engine yang sudah terbukti aman dan bisa menjaga privasi penggunanya seperti Brave dan DuckDuckGo.

4. Waspada saat Ingin Klik Link

Mengklik tautan yang ada di internet bisa jadi hal yang cukup tricky untuk dilakukan karena adanya potensi link yang akan diakses tersebut adalah link phising.

Link phising adalah link yang berupa ‘jebakan’ dan akan mengarahkan Anda ke situs yang berbahaya.

Jangan sampai Anda kegocek link tersebut dan memasukkan data diri Anda saat diminta oleh halaman website mencurigakan.

Untuk menghindarinya, pastikan link tersebut datang dari sumber terpercaya, website memiliki SSL (ditandai dengan ‘https://’), dan tidak mengandung typo pada nama domain.

5. Gunakan Provider Email Terpercaya

Jangan sampai salah pilih provider email! Alamat email merupakan elemen yang cukup penting saat Anda menggunakan internet.

Email tersebut biasanya akan Anda gunakan untuk mendaftar ke berbagai akun. Jadi, pastikan provider email yang dipilih aman.

Aman di sini berarti provider tersebut bisa menjaga privasi milik penggunanya sekaligus menawarkan fitur enkripsi pesan sehingga pesan tersebut hanya Anda yang bisa baca.

Jangan khawatir, GoldenFast sudah pernah membahas tentang provider email yang aman dan gratis untuk digunakan.

6. Pasang 2FA

2FA atau two-factor authentication adalah metode yang biasanya dimiliki oleh berbagai platform untuk memverifikasi ulang sebelum pengguna akun benar-benar bisa mengakses akun tersebut.

2FA ini akan menambah lapisan keamanan akun Anda supaya susah ditembus oleh pihak yang tidak bertanggung jawab alias penjahat siber.

Metode ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memasukkan kode yang sudah disediakan oleh platform, mengirim kode autentikasi ke email atau nomor handphone dan verifikasi biometrik.

Idenya mirip seperti CAPTCHA hanya saja, perlu kesadaran diri untuk mengaktifkan 2FA.

7. Rajin Revoke Access

Siapa di antara GoldenFriends yang suka menggunakan aplikasi pihak ketiga lalu login dengan menggunakan Twitter, Facebook, Email atau Instagram?

Nah, hal ini perlu Anda lakukan, revoke aplikasi pihak ketiga yang sudah lama tidak dipakai.

Dengan begini, akun Anda akan lebih aman dan juga bersih karena kadang ada aplikasi pihak ketiga yang secara otomatis akan memposting sesuatu di halaman media sosial.

Penutup

Menjaga keamanan digital yang menyangkut data diri Anda memang agak sedikit berbeda dengan meningkatkan keamanan cybersecurity yang lebih kepada sistemnya.

Kini Anda sudah mengetahui cara keduanya karena selalu membaca artikel dari Goldenfast Network, penyedia layanan VPS Indonesia terbaik yang bisa Anda andalkan juga keamanannya.

Jadi, saatnya Anda berinternet dengan aman dan nyaman!

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel lain selanjutnya!

Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published.