Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

5+ Aplikasi Database Terbaik untuk Project Anda

3 min read

Aplikasi Database Terbaik untuk Project Anda

Database adalah salah satu komponen web development penting yang berfungsi untuk menyimpan semua file dan informasi yang ada pada proyek Anda. 

Namun, memilih aplikasi database terbaik memang tidak mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari fitur-fiturnya sampai harga. 

Nah jika Anda sedang mencari aplikasi database terbaik yang cocok untuk sebuah project, artikel ini akan membahas beberapa aplikasi yang patut Anda coba.

Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Database?

Nah sebelum masuk ke daftar aplikasi database terbaik yang ada saat ini, akan lebih baik jika kita Anda tahu pengertian dan juga fungsi dari database terlebih dahulu.

Kabar baiknya, kami sudah pernah membahas apa itu database di salah satu artikel kami lho Golden friends! Untuk menyegarkan ingatan Anda, berikut adalah penjelasan singkatnya.

Singkatnya, database adalah kumpulan data dan informasi yang tersimpan secara sistematis di dalam sebuah komputer atau network (jaringan).

Semua data dan informasi yang tersimpan disimpan dengan struktur yang bisa memudahkan penggunanya untuk mengakses dan mengolah data yang dibutuhkan.

Umumnya, sebagian besar database dikelola melalui sistem manajemen basis data yang sering juga disebut dengan DBMS (database management system).

Database sendiri memiliki banyak jenis mulai dari relational database, object-oriented database, noSQL database, sampai cloud database.

Nah database umumnya diakses dan dikelola melalui bahasa pemrograman khusus basis data seperti SQL dan XML atau melalui sebuah aplikasi database.

Baca juga: Apa Itu Database? Pengertian, Jenis, & Fungsinya

5+ Rekomendasi Aplikasi Database

Aplikasi database memungkinkan user untuk mengakses dan mengelola sebuah database dengan lebih cepat dan mudah.

Saat ini sudah ada banyak pilihan aplikasi database populer yang bisa dipilih. Namun untuk memilih yang paling tepat untuk project Anda, berikut ini adalah beberapa pilihan terbaik!

1. MySQL

MySQL

Pilihan aplikasi database kami yang pertama jatuh pada opsi klasik yang digunakan oleh banyak IT experts dan database admin untuk mengelola database relasional, MySQL.

MySQL adalah salah satu aplikasi database relasional open-source yang dikembangkan oleh Oracle Corporation, perusahaan software database terkenal saat ini.

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan dengan gratis dan mudah. Selain itu, pengguna juga tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang terlalu tinggi.

Dengan RAM 1GB saja, Anda sudah bisa menggunakan software ini untuk database Anda. Namun tentunya estimasi ini tergantung pada kebutuhan dan seberapa besar database Anda.

Jika Anda membutuhkan storage yang lebih besar, Anda juga bisa menambahkan kapasitas penyimpanan MySQL sampai 1TB lho Golden friends!

Lebih baiknya, aplikasi database ini juga mendukung berbagai macam bahasa pemrograman lho! Mulai dari C, C++, Java, Perl, PHP, Python, dan masih banyak lagi.

Fitur lainnya yang mungkin perlu Anda perhatikan adalah query cache yang akan menyimpan semua query pada cache untuk proses loading yang lebih cepat.

Baca juga: Apa Itu NoSQL? Pengertian, Jenis, & Keunggulan

2. Microsoft Access

Microsoft Access

Pilihan aplikasi database kami yang kedua jauh pada Microsoft Access, salah satu software aplikasi tertua yang dirilis pada tahun 1992.

Meskipun terlampau sangat tua, software database dari Microsoft ini sangat digemari oleh banyak developer, mulai dari kelas pemula sampai kelas advanced.

Alasanya karena fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Access cukup sederhana dan juga mudah digunakan mulai dari report wizard, template, anchoring, sampai pdf reports.

Selain itu, database ini juga memiliki fitur visual table yang akan mempermudah Anda dalam membuat, mengedit, menghapus, dan memeriksa tabel data.

Aplikasi database Microsoft Access mempunyai hanya kapasitas sebanyak 2GB. Namun, database ini sudah sangat cukup digunakan untuk project pribadi maupun bisnis kecil.

3. MariaDB

Aplikasi database: MariaDB Foundation

Selain kedua pilihan tersebut, aplikasi database yang lainnya adalah MariaDB. Sama seperti MySQL, aplikasi ini bersifat open-source yang bisa digunakan secara gratis secara penuh.

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi yang satu ini cukup diacungi jempol. Salah satunya adalah ColumnStore yang memudahkan pengguna untuk menambah kapasitas storage.

Selain fitur tersebut, ada juga kolom dengan kompresi 10 kali untuk membantu pengguna memproses dan menganalisis data berukuran besar dengan lebih cepat.

MariaDB bisa digunakan pada beberapa sistem operasi dan juga mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti PHP dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya

4. Redis

Jika Anda berencana untuk mengembangkan website, chatting platform, maupun games, Redis adalah salah satu pilihan yang perlu Anda pertimbangkan.

Aplikasi yang sering juga disebut dengan Remote Dictionary Server ini adalah database non relasional yang mempunyai performance tinggi dan juga mendukung fitur cache.

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi database ini pun juga sangat banyak lho Golden friends! Mulai dari fitur in-memory data, pub/sub, sampai redis sorted set.

Skalabilitas dari aplikasi database jenis ini pun juga cukup baik. Anda bisa dengan mudah menambahkan node untuk mendistribusikan workload sehingga performance lebih stabil.

Selain itu, redis juga memiliki banyak fitur keamanan yang membuatnya lebih aman seperti Network Security, Protected Mode, Authenticator dan masih banyak lagi.

Redis juga terintegrasi dengan banyak bahasa pemrograman seperti Python, Java, PHP, Perl, Go, Ruby, dan C+.

5. Oracle

Aplikasi database: Oracle

Aplikasi database relasional lainnya yang cukup populer dan terkenal stabil adalah Oracle. Tidak hanya stabil, aplikasi ini juga mempunyai performa tinggi meski dengan workload tinggi.

Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur multi-user yang memungkinkannya untuk diakses dan digunakan bersamaan dengan user-user lainnya.

Namun jangan khawatir! Oracle memiliki fitur Real Application Clustering yang secara otomatis menambah kapasitas penyimpanan dan kecepatan data sesuai kebutuhan.


Fitur-fitur unggulan lainnya yang dimiliki aplikasi ini adalah high transaction processing performance, user manager dan lain sebagainya.

Sayangnya, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi database ini secara gratis Golden friends! Saat ini aplikasi premium ini dibanderol sekitar $350 (standard) sampai $950 (enterprise)

Penutup

Database memang merupakan salah satu komponen penting dalam web maupun app development. Tanpa adanya database, proses pengembangan akan menjadi lebih rumit.

Nah di artikel ini kami telah membahas beberapa aplikasi database yang bisa Anda coba untuk project Anda bersama dengan review singkat dan juga harganya.

Jika Anda masih punya pertanyaan lebih banyak tentang aplikasi database, silakan tinggalkan komentar di kolom bawah ya Golden friends!

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang informasi teknologi dan masih banyak lainnya.

Jadi tunggu apalagi? Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *