Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula

3 min read

Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Salah satunya adalah melalui  advertising network seperti Google AdSense.

Jika Anda sudah lama menggunakan internet, pastinya Anda sering melihat berbagai macam iklan terpasang pada website, newsfeed social platform, bahkan sampai video YouTube.

Nah umumnya, iklan-iklan tersebut datang dari advertising network seperti Google AdSense. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang Google AdSense, Anda beruntung! 

Di artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya. Mulai dari pengertian, fungsi, manfaat, sampai cara daftar Google AdSense.

Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Google AdSense?

Pada dasarnya, Google AdSense adalah program advertising (periklanan) Google yang memungkinkan para content creator untuk monetisasi konten-kontennya.

User hanya perlu membuat akun Google AdSense dan menempatkan iklan Google pada konten yang dipilih. Iklan ini hadir berbagai macam mulai dari gambar, video, sampai iklan interaktif.

Content creator yang mengikuti program Google AdSense bisa mendapatkan penghasilan untuk setiap iklan yang terpasang pada konten-kontennya.

Google membedakan komisi dan pendapatan yang bisa Anda dapatkan menjadi dua jenis: iklan PPC (pay per click) dan iklan PPM (pay per a thousand impressions).

Sesuai dengan namanya, iklan ppc (pay per click) akan memberikan creator pendapatan berdasarkan pada jumlah orang yang berinteraksi dengan iklan tersebut.

Sedangkan, iklan ppm (pay per a thousand impression) memberikan creator revenue berdasarkan pada jumlah impression dan view yang konten Anda dapatkan tiap bulannya.

Salah satu fitur terbaik dari Google AdSense adalah iklan tertargetnya (targeted ads). Ini berarti Google hanya akan menampilkan iklan-iklan yang relevan dengan niche konten Anda.

Artinya jika konten Anda tentang makanan, Google akan menampilkan iklan-iklan yang berhubungan tentang itu seperti iklan restaurant, resep makanan, dan lain-lain.

Selain itu, Google AdSense juga memiliki banyak fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memilih dan menyesuaikan jenis iklan yang ditampilkan pada konten Anda.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir konten-konten Anda dipenuhi dengan iklan yang tidak relevan, tidak informatif, maupun iklan yang terlihat seperti spam.

Saat ini Google AdSense sudah banyak digunakan oleh berbagai content creator di seluruh penjuru dunia. Mulai dari website owner, blogger, sampai youtuber.  

Baca juga: SEM & SEO: Pengertian & Perbedaannya

Cara Kerja Google AdSense

Cara kerja program ini pun juga sebenarnya cukup sederhana lho Golden friends! Pada dasarnya, Google AdSense bekerja sebagai perantara advertiser dan publisher (uiser).

Tentunya ini membuat proses advertising menjadi lebih mudah. Advertiser bisa dengan mudah memasang iklan pada konten-konten relevan yang memiliki banyak engagement dan trafik.

Google AdSense sendiri menggunakan sistem bidding atau penawaran yang pada dasarnya seperti sistem lelang untuk iklan. User akan mendapatkan 68% dari revenue iklan keseluruhan.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Manfaat Menggunakan Google AdSense

Selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, Google AdSense juga memiliki banyak manfaat lainnya baik untuk advertiser dan pengguna lho Golden friends!

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google AdSense:

  • Program advertising yang flexible — baik advertiser maupun user bisa dengan mudah melakukan penyesuaian iklan yang ingin ditampilkan seperti menetapkan budget, memilih keyword spesifik, dan memilih target audiens.
  • Mengenal target audiens lebih dalam — dengan Google Ads, user bisa dengan mudah menganalisis behaviour target audiens iklan mulai dari jenis konten yang mereka suka, keyword yang dicari, apa yang dilakukan setelah melihat iklan, dan sebagainya. 
  • Menarik minat target audiens yang lebih spesifik — dengan keyword yang lebih spesifik, tentunya advertiser dan user bisa lebih mudah menarik minat kelompok audiens yang lebih spesifik; untuk meningkatkan leads dan sales.

Cara Daftar Google AdSense

Setelah mengetahui pengertian, cara kerja, dan juga manfaat dari program advertising ini, sekarang saatnya belajar cara daftar Google AdSense.

Sebelum mendaftar program iklan Google, tentunya Anda perlu mendaftar dan membuat akun Google AdSense terlebih dahulu. 

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu membuka website AdSense melalui link ini: https://www.google.com/adsense/start/ dan tekan tombol Mulai.

Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi form dengan informasi yang dibutuhkan. Nah berikut ini adalah langkah-langkah cara daftar Google AdSense selanjutnya:

  1. Masukkan URL domain website dan alamat Gmail yang ingin Anda daftarkan.
  2. Selanjutnya, scroll ke paling bawah page dan tekan Save & Continue
  3. Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Gmail Anda.
  4. Masuk ke Gmail dan verifikasi akun dan informasi yang Anda masukkan.
  5. Pilih negara Anda dan tekan tombol Create account di bagian bawah halaman.

That’s it! Sekarang akun Google AdSense Anda sudah terdaftar aktif dan siap untuk digunakan!

Baca juga: 8+ SEO Tools untuk Optimasi Website & Riset Keyword 

Cara Mengaktifkan Akun AdSense

Setelah akun Google AdSense berhasil didaftarkan, langkah selanjutnya adalah untuk mengaktifkan akun tersebut. 

Caranya cukup mudah! Anda hanya perlu mengisi informasi yang diminta. Tapi jangan lupa untuk memasukkan semua informasinya dengan benar ya Golden friends!

Nantinya informasi ini akan menjadi salah satu syarat pencairan pendapatan dan revenue yang Anda dapatkan dari Google AdSense. Jika sudah selesai, tekan tombol Submit.

Setelah semua informasi diterima, Google AdSense akan memberikan Anda beberapa baris kode yang perlu ditambahkan ke dalam website dan YouTube Anda.

Setelah menambahkan kode tersebut pada website maupun YouTube, centang pilihan “I’ve pasted the code into my site” untuk meminta Google melakukan verifikasi website.

Tekan tombol Done dan biarkan Google melakukan verifikasi. Tunggu beberapa hari sampai Google memberitahu status aktivasi Anda melalui email!

Jika Anda pengajuan akun Anda berhasil, langkah terakhir hanyalah membuat unit iklan. Melalui Google AdSense, Anda bisa membuat unit iklan, memilih tipe iklan dan lain-lain.

Baca juga: Panduan Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Penutup

Nah itu tadi bagaimana cara daftar Google AdSense Golden friends! Cukup mudah bukan? Google AdSense adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan uang dari internet.

Melalui program advertising ini, pengguna hanya perlu memasang iklan Google pada situs dan konten dengan banyak trafik untuk menghasilkan komisi atau revenue (pendapatan).

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih ada pertanyaan tentang apa itu dan cara daftar Google AdSense, silakan tinggalkan komentar Anda di kolom bawah Golden friends!

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang digital marketing, web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *