Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Aplikasi Edit Foto Terbaik Gratis & Premium untuk Mobile

2 min read

aplikasi edit foto

Aplikasi edit foto terbaik tentunya pilihan yang subjektif. Tapi untuk aplikasi yang gratis (dan juga premium) tersedia ada banyak sekali di luar sana.

Anda akan memerlukan banyak waktu untuk memilih salah satu di antara ratusan bahkan ribuan aplikasi. Tentunya hal itu akan sangat melelahkan.

Agar waktu Anda tidak tebuang sia-sia, kami telah mengkurasi beberapa aplikasi dan juga menuliskannya ke dalam daftar sehingga Anda bisa memilih dengan segera.

Tanpa perlu menunda-nunda lagi, mari bahas aplikasi edit foto apa saja yang terbaik? Simak artikel di bawah ini

Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Perangkat Mobile

Perangkat mobile yang bisa dibawa kemana-mana kadang memiliki keterbatasan memori untuk menjalankan aplikasi yang sophisticated, seperti aplikasi edit foto.

Nah, tapi Anda tidak perlu khawatir karena kami telah merangkum daftar aplikasi edit foto (dan bahkan video) di bawah ini!

1. Adobe Lightroom CC

lightroom

Edit foto aesthetics on the go bisa Anda andalkan dengan Adobe Lightroom. Anda bisa mengedit foto dalam format RAW dan DNG.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan fitur yang cukup lengkap untuk mengedit komposisi warna foto menjadi lebih enak dilihat.

Agar bisa menggunakannya dengan gratis, Anda bisa mendaftarkan diri ke Adobe ID.

Anda bisa juga menggunakan cloud storage dari Adobe untuk menyimpan berbagai foto dan mengintegrasikannya dengan Adobe Lightroom CC.

Selain itu dengan bayar 10 USD per bulan, Anda juga bisa mendapatkan berbagai fitur yang menunjang proses edit foto.

2. VSCO

VSCO

Ada beberapa keunggulan dari VSCO, di antaranya adalah aplikasi kamera yang mumpuni, database besar untuk menyimpan berbagai filter dari internet, bisa terintegrasi dengan media sosial.

Fitur yang ditawarkan untuk mengedit foto dengan VSCO juga lumayan lengkap terutama rentang pilihan filternya.

VSCO, selain menjadi aplikasi edit foto, juga berfungsi sebagai platform untuk mengunggah foto yang sudah diedit itu tadi.

Aplikasi ini populer juga di kalangan artis karena filternya yang beragam dan kemudahan dalam menggunakannya.

Sementara aplikasi ini bisa mengedit foto, VSCO X bisa digunakan untuk mengedit video.

3. Photoshop Express

photoshop express

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk Android dan juga iOS. Fitur-fitur yang Anda temukan di sini mirip dengan Lightroom.

Fitur yang ditawarkan untuk mengedit foto ini cukup mendasar, di antaranya editor untuk exposure, contrast, dan coloring.

Rentang pilihan filter serta efek dari Adobe Photoshop Express ini juga beragam alias cukup variatif di kelasnya.

Aplikasi ini juga tersedia versi pronya untuk fitur yang lebih lengkap untuk mengedit foto Anda.

4. Picsart

picsart

Picsart didesain khusus sebagai aplikasi edit foto via mobile. Itulah mengapa aplikasi ini sangat user-friendy.

Dengan aplikasi ini, selain impor gambar melalui galeri, Anda memungkinkan untuk mengimpor foto dari media sosial.

Di aplikasi ini, Anda juga bisa mengunggah gambar, stiker dan lainnya sehingga user lain dapat menggunakannya.

Untuk menggunakannya secara gratis, aplikasi ini menawarkan banyak sekali fitur yang lebih dari sekadar memberikan fitur dan mengatur kontras serta exposure.

5. Pixelstyle

Jika Anda membutuhkan aplikasi yang hanya untuk sekadar re-touch hasil jepretan foto agar lebih tajam warnanya, kami merekomendasikan Pixelstyle.

Sebenarnya, fokus utama dari aplikasi ini adalah untuk mewarnai atau menggambar. Namun, berbagai tool yang disediakan juga mampu untuk mengolah foto.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah Anda tidak bisa melihat secara real-time perubahan seperti apa saja yang sudah dibuat.

Anda harus menunggu beberapa saat. Jadi, cukup berbeda dengan VSCO atau Picasrt yang memiliki aplikasi kamera sendiri untuk melihat hasil secara real-time.

6. Polarr

polarr aplikasi edit foto

Polarr memiliki belasan ribu efek dan juga filter. Anda bisa memilih dan bereksperimen dengan filter dan efek yang disediakan Polarr.

Kelebihan yang ditawarkan Polarr adalah Anda bisa mengedit foto berformat JPEG yang besar megapixelnya hingga 30. Keren bukan?

Fitur yang disuguhkan ke penggunanya juga cukup unik yaitu, filter wajah untuk mengubah bentuk wajah, mengubah warna kulit dan lain-lain.

Namun, semakin digunakan dan ketahui fitur apa saja yang dimiliki oleh Polarr, Anda akan sadar kalau aplikasi ini sangat fungsional dan efektif sebagai pengedit foto mobile.

7. Snapseed

snapseed

Salah satu aplikasi edit foto terbaik di daftar ini karena hasil foto yang disentuh ulang dengan Snapseed bisa mencapai level profesional.

Bisa dibilang ini adalah alternatif dari aplikasi Photoshop karena Anda bisa memiliki kontrol penuh saat mengedit foto termasuk mengatur temperatur, blur, vignette dan lainnya seperti Picsart.

Snapseed digadang sebagai alternatif Photoshop bukannya tanpa alasan. Ini karena tool yang dimiliki cukup lengkap.

Filter dan efeknya yang ditawarkan di aplikasi ini juga tidak kalah menarik mata bila dibandingkan dengan VSCO.

8. YouCam Perfect

youcam aplikasi edit foto

Mengedit secara profesional melalui perangkat Android dan iOS bisa juga Anda lakukan dengan aplikasi YouCam Perfect.

Yang keren dari aplikasi ini adalah efek dan animasinya yang out of the box.

Anda bisa menghapus latar belakang foto lalu menggantinya dengan animasi langit ala-ala Kimi No Nawa. Menarik, kan?

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki pilihan efek, jenis bingkai dan lainnya yang cukup beragam untuk sebuah aplikasi gratis.

Nah, karena keunikannya ini kami memasukkan YouCam ke dalam daftar kami.

Penutup

Foto harus dipresentasikan dengan baik, terutama jika Anda adalah fotografer yang sedang membangun website fotografi untuk portofolio.

Daftar aplikasi untuk mengedit foto yang telah diulas ini semoga bisa membantu Anda dalam memilih mana yang tepat dan sesuai.

Nah, selain membahas apa pun dari sisi teknologi, GoldenFast Network juga memiliki bahasan mengenai marketing, loh. Ikuti terus blog kami, ya Golden Friends!

Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published.